Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak

Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak - Ikan gurami adalah salah satu menu masakan yang sangat special dan menu vaforit yang sekarang sedang menjadi idola di masyarakat luas . dari yang muda hingga yang tua , semua menyukai ikan gurami . bagi anda penggemar masakan ikan , tentunya anda sudah tidak asing lagi akan ikan gurami bukan ? apa lagi jika di masak menjadi pecak ikan gurami , tentunya akan sangat enak dan nikmat .

Pecak ikan gurami dari warung makan betawi yang sudah beken ini memang sangat menggoda selera . daging ikan gurami yang di goreng dengan aroma yang khas membuat kita ingin segera menyantapnya . ditambah lagi dengan sambal pecak yang pedas nikmat , hhm nyumi . pasti akan menambah rasa enak nikmat yang dihadirkan oleh ikan gurami .

Mungkin untuk sebagaian orang anda lebih suka menikmati sambal pecak ikan gurami di restauran vaforit yang biasa anda kunjungi . padahal hanya dengan sedikit kerja keras , dan sedikit waktu anda dapat membuat masakan sambal pecak ikan gurami di rumah loh . tentunya akan sangat menyenangkan dan akan terasa lebih nikmat bukan ? kebersihannya pun akan lebih terjaga dan tentunya akan lebih hemat jika membuatnya sendiri dirumah .

Selain enak , gurih dan nikmat dalam pembuatan sambal pecak ikan gurami juga dapat dibilang tidak terlalu sulit . anda hanya memerlukan satu ekor ikan gurami yang segar dan beberapa bahan-bahan lainnya yang cukup mudah di dapat dan terjangkau . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar tradisional atau di tempat belanja lainnya yang terdekat dari rumah anda . Nah untuk anda yang ingin membuat menu special hari ini , tidak ada salahnya jika anda membuat sambal pecak ikan gurami ini loh .

Keluarga dirumah pasti akan sudah dengan sambal pecak ikan gurami yang anda masak dirumah , karena sangat enak dan lezat . jika anda ingin membuatnya tapi tidak tahu caranya , mungkin anda dapat berbahagia saat ini karena saya akan membahas tuntas tentang sambal pecak ikan gurami . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah . untuk lebih jelasnya mari kita simak bahan-bahan dan cara pembuatannya dibawah ini .

Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak

Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak

Bahan-bahan Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak :

  • Ikan gurami 1 ekor ( dikerat-kerat minyak untuk menggoreng )

Bumbu Halus Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak :

  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar bubuk 1 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh

Bahan-bahan Untuk Membuat Sambal Pecak :

  • Cabai merah besar 8 buah ( dibakar )
  • Cacai merah keriting 2 buah ( dibakar )
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Kencur 2 centi meter
  • Kemiri 5 butir ( disangrai )
  • Terasi 1 sendok teh ( dibakar )
  • Gula merah 2 sendok teh ( disisir )
  • Garam 1/2 sendok makan garam
  • Santan kental 75 mili liter 

Cara Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak :

  1. Pertama-tama lumuri ikan gurami dengan bumbu halus , lalu diamkan 30 menit .
  2. Kemudian goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan kering , tiriskan .
  3. Selanjutnya untuk membuat sambal pecak : haluskan cabai merah besar , cabai merah keriting , bawang merah , bawang putih , kencur , kemiri , terasi , gula merah dan garam . kemudian panaskan santan , masukkan cabai yang dihaluskan . masak terus diatas api kecil hingga sedikit berminyak .
  4. Terakhir sajikan gurame goreng bersama sambal pecak .

Selesai , anda dapat menikmati sambal pecak gurami dengan nasi putih hangat dan lalaban seperti daun kemangi , kol , mentimun dan sebagainya menurut selera agar terasa lebih nikmat . Gimana cukup mudah bukan dalam pembuatan sambal pecak gurami ini ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Ikan Gurami Goreng Sambal Pecak ini . Buka juga informasi resep masakan lainnya yang wajib anda coba dirumah seperti Resep Membuat Sup Asam Pedas Jamur Lezat , Resep Gurame Asam Manis Enak Dan Nikmat . sekian :)

Advertisement