Resep Membuat Serabi Solo Enak Gurih

Resep Membuat Serabi Solo Enak Gurih - Serabi yang sering disebut dengan srabi atau surabi ini adalah merupakan salah satu makanan ringan tau jajanan pasar yang terbuat dari santan kelapa dengan sedikit campuran tepung beras didalamnya . bentuk serabi yang bulat ini memang mirip dengan pancake . namun bedanya serabi dibuat dengan tepung beras bukan tepung terigu seperti pancake dan memiliki kuah yang manis dari gula kelapa saat penyajiannya . kuah manis pada serabi memang memiliki banyak rasa dan variasi didalam tinggal anda pilih menurut selera seperti pada serabi solo atau serabi notosuman ini .

Serabi solo atau serabi notosuman merupakan jajanan nikmat dan enak khas solo yang sudah cukup terkenal di beberapa indonesia . serabi solo memang berbeda dengan serabi-serabi didaerah lainnya , mungkin dari penyajian yang memiliki kuah yang manis dan rasa yang berbeda dari serabi-serabi lainnya . serabi solo memang memiliki bentuk yang mirip dengan serabi bandung , namun rasa krispi di pinggiran serabi solo yang membuat berbeda dengan serabi bandung . so nyumiii , perpaduan skripsi pada serabi solo dengan kuah manisnya memang sangat nikmat . 

Serabi solo sendiri mempunyai bentuk yang melebar pada bagian pinggir yang memiliki rasa skipsi di setiap gigitnya ,sehingga sangat cocok jika dinikmati selagi hangat . bagian pinggirnya yang memiliki rasa renyah dan bagian tengah yang merupakan inti dari makanan serabinya terasa sangat gurih dan lembut dilidah . rasa gurih pada serabi solo ini berasal dari guyuran santan kelapa pada waktu serabi dimasak . semakin banyak kreasi pada masyarakat yang menjajakan serabi solonya nya , serabi solo juga sekarang hadir dengan aneka variasi toping diatas nya .

Seperti yang sering dijumpai dipedagang serabi solo , mereka biasa menggunakan toping seperti coklat , keju , pisang , nangka dan aneka meses lainnya yang semakin membuat serabi solo mempunyai rasa yang enak dan gurih . oh ia perlu anda ketahui pada dasarnya serabi solo mempunyai dua jenis rasa yaitu polos dan berisi . untuk yang polos , serabi solo disajikan tanpa menggunakan babaha-bahan tambahan apapun ditengahnya . sedangkan serabi solo isi memiliki isi taburan dengan aneka variasi berbagai rasa dibagian tengahnya seperti yang disebutkan diatas .

Nah jika anda ingin mencicipi enak dan nikmatnya serabi solo , anda tidak harus pergi ke solo lohh . mending buat sendiri ajah dirumah yuck , karena kali ini saya akan membahas habis tentang serabi solo . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah . untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan lihat artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Serabi Solo Enak Gurih

Resep Membuat Serabi Solo Enak Gurih

Bahan-bahan Serabi Solo Enak Gurih :

  • Tepung beras 100 gram
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Santan kental 350 mili liter
  • Gula pasir 25 gram
  • Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  • Yeast atau fermipan 1/2 sendok makan
  • Baking soda 1/4 sendok teh
  • Secukupnya daun pandan
  • Garam 1/4 sendok makan 
  • Secukupnya daun pisang

Bahan-bahan Taburan atau toping Serabi Solo Enak Gurih :

  1. Pertama-tama panaskan santan dan daun pandan , terus aduk-aduk hingga mendidih , lalu diamkan santan sampai suam kuku atau hangat .
  2. Ambil kurang lebih 50 mili liter santan bagian atasnya untuk areh .
  3. Kemudian campur semua bahan kering , aduk hingga rata .
  4. Tuangkan 300 mili liter santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata .
  5. Kemudian keplok-keplok adonan hingga adonan licin , kemudian diamkan selama satu jam hingga adonan berbusa .
  6. Panaskan cetakan serabi dengan menggunakan api sedang , kemudian aduk-aduk adonan dan tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan serabi .
  7. Selanjutnya ratakan pinggiran adonan dengan menggunakan punggung sendok sayur , dan tunggu hingga permukaan serabi berlubang , lalu beri 1 sendok teh santan areh dan bahan taburan .
  8. Tutup cetakan , kemudian masak serabi hingga matang .
  9. Terakhir siapkan daun pisang , potong kecil-kecil , angkat serabi lalu letakan diatas daun pisang agar tercipta wangi yang khas dari daun pisnag .

Selesai , bagaimana cukup mudah bukan dalam pembuatan serabi solonya ? selain pembuatan yang cukup mudah , bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup terjangkau . jadi anda harus mencoba membuat serabi solo ini dirumah yahhhh , biar tidak ketinggalan akan rasa enak , gurih dan nikmat yang terdapat pada resep ini . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Serabi Solo Enak Gurih ini .buka juga informasi resep camilan atau jajanan lainnya sperti Resep Cara Membuat Keripik Jagung Keju Renyah yang wajib anda coba dirumah . sekian :)

NB : anda dapat menambahkan kuah manis yang tebuat dari gula kelapa pada penyajiannya jika suka ,
namun jika tidak , nikmati saja serabi solonya kering seperti itu saja sudah cukup enak , gurih dan nikmat .

Advertisement