Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak

Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak - Asinan sendiri adalah merupakan salah satu makanan khas nusantara indonesia yang mempunyai rasa enak dan segar . biasanya asinan sangat sering di temukan di kota-kota tertentu seperti yang terkenal adalah asinan khas jakarta dan asinan khas bogor jawa barat . asinan sendiri memiliki dua jenis yaitu asinan buah dan asinan sayuran . kedua nya tetap sama memiliki rasa yang enak lezat sehingga banyak masyarakat yang menyukainya .

Asinan sayuran sendiri biasanya terkenal sebagai asinan jakarta khas betawi , sedangkan asinan buah sangat terkenal sebagai asinan khas bogor . walaupun  terkadang sering kita jumpai penjual asinan yang menyajikan asinan jakarta dan asinan bogor dalam sebuah gerobak . kedua asinan tersebut memang memiliki citarasa yang sama yaitu sama-sama enak dan sangat menyegarkan . sehingga sangat enak sekali jika dinikmati disaat siang hari seperti ini .

Untuk anda yang tinggal dikota bogor tentunya anda akan diberi pemandangan penjual asinan buah atau asinan bogor dimana-dimana . biasanya pedagang asinan buah atau asinan bogor sendiri sangat banyak terdapat di daerah cibinong dan dibogor kotanya yang menyajikan asina buah segar dan sangat menggoda . asinan buah atau asinan bogor sendiri biasanya sangat disukai atau menjadi incaran para ibu hamil yang sedang mengalami nyidam . rasa pedas , asin , dan lezatnya aneka buah-buahan memang sangat nikmat untuk dinikmati .

Namun berbeda lagi dengan asinan sayuran betawi atau asinan jakarta ini . karena asinan jakarta menggunankan komponen bahan utama aneka sayuran mentah yang di potong-potong kecil atau dirajang halus . biasanya asinan jakarta mengunakan sayuran seperti kubis atau kol , tauge , kacang hijau , serutan kasar wortel , asinan sawi , mentimun dan lain sebagainya . namun jika anda suka anda juga dapat menambahkan aneka sayuran lainnya , seperti paprika merah dan lain sebagainya menurut selera . 

Paprika merah yang memiliki rasa manis di lidah memang sangat cocok dan nikmat jika dikombinasikan bersama bumbu dan sayuran lainnya pada asinan sayur betawi . dan sebagai proteinnya , biasanya pedagang asinan sayur atau asinan jakarta selalu melengkapi asinan sayur dengan potongan tahu . entah itu tahu kuning atau pun tahu putih , semuanya sama-sama enak danlezat . apalagi jika anda membuatnya sendiri dirumah tentunya akan lebih enak dan terjaga akan kebersihannya seperti pada resep asinan sayur jakarta khas betawi yang Harian Resep bagikan dibawah ini .

Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak

Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak

Bahan-bahan Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak :

  • Tauge 2 genggam
  • Kol 4 lembar atau sawi putih ( dirajang halus )
  • Mentimun 2 buah ( dipotong kotak kecil )
  • Paprika merah 1/2 buah ( optional ) dirajang-rajang tipis
  • Tahu kuning 2-3 potong ( direbus sebentar lalu dipotong kotak ukuran 2x2 centi meter atau menurut selera )

Bahan Dan Bumbu Halus Saus Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak :

  • Bawang putih 4 siung
  • Ebi 3 sendok makan ( dicuci bersih dan direndam dengan air hangat sampai lunak )
  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Kacang tanah goreng 3 sendok makan
  • Kacang mete goreng 2 sendok makan ( dapat diganti dengan kacang tanah )
  • Air asam jawa 100 mili liter ( rendam 2 sendok makan asam jawa dengan 200 mili liter air panas )
  • Gula jawa atau gula merah sisir 150 gram
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Garam 2 sendok teh ( tambahkan menurut selera jika kurang asin )
  • Air 400 sampai 500 mili liter

Bahan Pelengkap Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak :

  • Secukupnya kerupuk mie atau kerupuk merah
  • Kacang tanah goreng yang digunakan sebagai taburan 

Cara Membuat Saus Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak :

  1. Pertama siapkan semua bahan saus , masukkan ke dalam blender lalu proses sampai benar-benar halus .
  2. Kemudian tuang saus yang sudah halus kedalam panci kecil lalu rebus sampai mendidih .
  3. Boleh cicipi rasanya , sesuaikan gula , garam , dan air asam jawa nya . jangan lupa saus harus terasa asam , asin , manis . jika dirasa ada yang kurang silahkan tambahkan .
  4. Untuk saus , usahakan dalam menggiling atau saat memblender semua bahan kuah sampai benar-benar halus yah , agar tekstur kuah menjadi lembut .

Cara penyajian Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan-bahan asinan yang sudah disediakan tadi , tata disebuah piring saji . dapat dimulai dari rajangan kubis atau kol , mentimun , tauge dan paprika .
  2. Kemudian tata potongan tahu kuning tadi menyebar dipermukaan sayuran .
  3. Selanjutnya siram sayuran dengan kuah asinan dan taburkan kacang tanah goreng diatas nya . 
  4. Asinan sayur siap dihidangkan dan disantap dengan kerpuk mie atau kerupuk merah . 

Selesai , asinan sayur atau asina jakarta khas betawi ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai menu makan siang yang enak dan segar . rasa nikmat dari sayuran yang disiram dengan bumbu yang asin , asam dan manis sangat enak dan lezat saat dilidah . so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak ini . buka juga informasi-informasi resep camilan atau resep masakan lainnya Resep Cara Membuat Pempek Godo-godo Palembang Makyus dan Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat seperti yang wajib untuk anda coba untuk membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement