Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat - Dingin nya kota bogor membuat lidah ingin menikmati hangat nya makanan lezat yang berkuah hangat nan lezat . apa itu ? semacam bakso kah ? atau soto kah ? apapun itu tentunya pada musim dingin seperti ini , makanan atau masakan hangat yang lezat adalah salah satu impian bagi setiap orang . berbicara tentang makanan yang enak dan berkuah apakah anda juga menyukainya ?

Tiba-tiba Saya jadi teringat cerita teman saya bang agus yang berasal dari kota bima kalau tidak salah yang terletak di nusa tenggara timur . dia lagi kangen sekali dengan coto makassar . yup , kuah yang hangat , segar dan nikmat pada coto makassar memang mampu menghangatkan tubuh pada musim dingin seperti ini . beberapa kali kebelakang dia pernah mengajak saya untuk menikmati coto makassar . 

Saya rasa-rasa dan saat saya nikmati , ternyata coto makassar itu rasa nya tidak jauh dengan soto betawi . menggunakan kuah segar , irisan daging sapi dan beberapa sayuran adalah isi yang ada dalam coto makassar . cuman berbedanya jika coto makassar asli , biasanya daging menggunakan daging kuda asli bukan daging sapi seperti pada coto makassar yang beredar kota-kota besar indonesia . dan dalam penyajian nya juga menggunakan mangkok yang kecil bukan mangkok yang sering dipakai soto-soto pada umumnya .

Coto asli makassar bisanya di bandrol dengan harga tiga puluh lima ribu hingga empat puluh lima ribu rupiah . memang cukup lumayan mahal untuk sekelas saya hhihiiii , yah mungkin karena daging kuda nya yang mahal karena sulit dicari . dengan demikian mungkin itu salah satu alasan coto khas makassar yang beredar di kota-kota lain nya menggunakan daging sapi sebagai penggantinya . daging sapi yang lezat dan empuk tidak kalah enak nya dengan daging kuda , jadi tidak akan mengurangi lezat nya coto makassar .

Coto makassar sangat enak jika dinikmati dengan nasi putih hangat atau ketupat saat siang hari sebagai menu santap makan siang . selain itu , coto makassar sendiri juga sangat enak jika dinikmati dimalam hari , apa lagi saat musim dingin seperti ini . nah untuk anda dirumah yang asli dari kota makassar dan lagi kangen nikmatnya coto makassar seperti abang agus . anda dapat mencoba membuat coto makassar ini dirumah , apa lagi Harian Resep akan membagikan bahan-bahan dan cara pembuatannya sehingga dapat mempermudah anda untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah .

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat

Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat

Bahan-bahan Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Daging sapi 1 kilo gram ( pakai yang bagian sengkel ) sengkel merupakan bagian daging sapi yang empuk , seperti dibagian paha 
  • Air cucian beras 2 liter 
  • Serai 5 batang ( dimemarkan )
  • Daun salam 5 lembar
  • Kacang tanag 250 gram ( goreng , tumbuk lalu haluskan )
  • Minyak goreng 3 sendok makan ( untuk menumis )
  • Jahe 5 centi meter ( di memarkan )
  • Lengkuas 1 ruas ( di memarkan )
  • Selain daging sapi , anda juga dapat menambahkan bagian lainnya , seperti hati , jantung , otot , maupun jeroan yang direbus , tergantung selera masing-masing .

Bumbu Halus Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Bawang putih 10 siung
  • Kemiri 8 butir ( disangrai )
  • Ketumbar sangrai 1 sendok makan
  • Jintan 1 sendok teh ( disangrai )
  • Garam 1 sendok makan
  • Merica butiran 1 sendok teh

Bahan Pelengkap Coto Makassar Special Enak Lezat :

  • Bawang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Irisan seledri

Cara Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat :

  1. Pertama-tama bagi anda yang memakai jantung , hati atauoun jeroan , siapkan panci terpisah dengan daging sapi , jika anda ingin daging makin empuk anda dapat menggunakan panci presto . setelah matang , potong-potong menjadi bentuk dadu .
  2. Kemudian untuk daging sapinya , anda harus merebusnya berasa air cucian beras , serai , lengkuas , jahe dan daun salam . setelah daging terasa matang angkat , tiriskan lalu dipotong dadu .
  3. Selanjutnya panaskan minyak , tumis bumbu halus yang sudah anda siapkan tadi sampai wangi .
  4. Lalu masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam kaldu , jangan lupa tambahkan juga kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan , kemudian tunggu sampai kaldu mendidih .
  5. Setelah semua proses selesai , coto makassar siap disajikan .

Cara Penyajian Coto Makassar Special Enak Lezat :

  1. Pertama-tama siapkan mangkuk saji , masukkan irisan daun bawang, seledri dan sedikit garam ( dapat menurut selera ) . tambahkan vetsin jika suka
  2. Selanjutnya masukkan potongan daging , jantung , hati maupun jeroan ( menurut selera anda ) kedalam mangkok saji .
  3. Kemudian ambil air kaldu lalu tuangkan kedalam mangkok saji menurut selera anda .
  4. Setelah semua dirasa sudah siap , taburi bawang goreng , kecap , dan perasan air jeruk nipis ( sesuai selera ) agar lebih segar , enak dan lezat .
  5. Sajikan selagi hangat , lebih nikmat lagi bila anda menikmatinya dengan ketupat atau nasi hangat menurut selera .

Selesai , anda dapat menambahkan sambal untuk menikmati coto makassarnya . rasa yang enak , lezat dan makyus dengan bumbu yang pas dan daging yang empuk sangat cocok jika disajikan sebagai hidangan selingan atau menu special untuk keluarga tercinta dirumah . selain enak bahan-bahan dan pembuatannya coto makassar sendiri juga sangat mudah dan tidak sulit . jadi silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Coto Makassar Special Enak Lezat ini dirumah . buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep membuat Sate Ayam Bumbu Kacang Khas Madura Sedap yang wajib anda buat juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement