Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap

Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap - Sajian sedap sederhana yang memiliki rasa istimewa hadir lagi . hidangan yang lezat istimewa yang terkenal dengan sebutan nama mie ongklok ini adalah salah satu makanan yang khas dari wonosobo jawa tengah . untuk anda yang tinggal di daerah wonosobo jawa tengah tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan mie ongklok bukan ? mie ongkok dengan kuah yang sedap segar tentunya akan memanjakan lidah anda .

Apalagi masuk musim dingin seperti ini , mie ongklok akan menjadi sajian hangat untuk keluarga dirumah . hhmm nyumiii , rasa segar dari kuah dengan bumbu rempah alami yang segar akan menciptakan kenikmatan tersendiri di setiap suapannya . mie ongklok khas wonosobo dapat anda nikmati dengan nasi putih atau pun ketupat dan lontong menurut selera anda . mie ongkok sangat pas dan nikmat sekali jika dihidangkan dengan sate sapi manis dan tempe mendoan atau tempe kemul .

Perpaduan mie ongklok dengan mendoan atau sate sapi manis pokoknya sangat sedap banget deh . saya juga salah satu penggemar mie ongklok , itu berawal saat saya berlibur ke Dieng wonosobo jawa tengah . saat itu saya mampir ke sebuah warung sederhana yang menyajikan mie ongklok khas wonosobo . udara yang dingin membuat mie ongklok terasa nikmat sekali .

Waktu itu saya hanya menikmati mie ongklok dengan mendoan hangat beserta dengan ketupat yang dipotong kecil-kecil . karna saya suka pedas jadi saya tambahin sambal sedikit , woww pokoknya makyus sekali mie ongklok khas wonosobo jawa tengah ini . mungkin karena kondisi perut yang lapar serta udara yang dingin kali yah , jadi mie ongklok nya terasa sedap makyus dan nikmat sekali . sambil menikmati mie ongklok saya pun berbincang dengan pemilik warung tersebut , orang nya baik dan ramah sekali , saat saya mengorek-ngorek resep mie ongklok dia pun tidak pelit untuk berbagi resep mie ongklok nya .

Sesampainya dirumah dengan rasa penasaran saya pun mencoba membuat mie ongklok khas wonosobo sendiri dirumah . ternyata memang sedap sekali mie ongklok ini , waktu itu saya hanya buat dua porsi saja . alhasil jadi buat rebutan deh sama mamah , papah dan ade ade ku habis enak , segar dan sedap sekali sih . nah untuk anda yang ingin menikmati mie ongklok , anda tidak harus ke khas wonosobo jawa tengah loh , karena anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti artikel resep mie ongklok khas wonosobonya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap

Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap

Bahan-bahan Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap :

  • Mie 1 bungkus
  • Kubis atau kol 1 lembar ( diiris halus )
  • Tauge 50 gram

Bahan Saus Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap :

  • Ayam fillet 100 gram ( diiris tipis )
  • Bakso sapi 3 butir ( diiris halus )
  • Bawang putih 1 siung
  • Saus tiram 2 sendok makan
  • Kecap manis bango 2 sendok makan
  • Tepung maizena 1 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Lada putih bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Bahan Pelengkap Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap :

  • Bawang merah goreng
  • Sate sapi manis
  • Mendoan

Cara Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap :

  1. Pertama-tama rebus mie , kubis dan tauge hingga empuk , tiriskan lalu tata di atas mangkok saji .
  2. Selanjutnya tumis bawang putih hingga harum , kemudian masukkan ayam dan bakso yang sudah anda siapkan tadi . tambahkan kecap manis bango , saus tiram , garam dan lada putih bubuk secukupnya .
  3. Setelah itu beri sedikit air , masak hingga ayam empuk dan matang , lalu kentalkan dengan tepung maizena .
  4. Terakhir siram kuah kental diatas mie dan sayuran yang sudah anda rebus tadi .
  5. Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap siap untuk disajikan selagi hangat dengan ditaburi bawang merah goreng diatas nya , beserta bahan pelengkap .

Nikmati mie ongklok khas wonosobo selagi hangat agar lebih enak , sedap , lezat dan makyus . kami sengaja kreasikan mie ongklok dengan ayam dan bakso untuk menambah sedap nikmat , sebagai pengganti sate sapi manis . Jika anda suka dengan pedas , anda dapat menambahkan irisan cabai rawit merah menurut selera anda agar menghasilkan mie ongklok khas wonosobo yang anda inginkan . jika sayuran di rasa kurang , silahkan tambahkan saja aneka sayuran yang anda suka ke dalam mie ongklok khas wonosobo anda .

Bahan-bahan yang mudah didapat dan terjangkau tentunya akan semakin memudahkan anda untuk membuat mie ongklok khas wonosobo ini dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional ataupun ditempat belanja yang biasa anda kunjungi . yasudah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Mie Ongklok Khas Wonosobo Sedap ini dirumah . jangan lewatkan pula resep masakan lainnya yang sayang jika anda lewatkan seperti Resep Membuat Pecel Sayur Khas Jawa Enak yang patut untuk anda coba juga dirumah .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian , seeyou :)

Advertisement