Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih

Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih - Apakah anda salah satu penyuka masakan yang asin dan gurih ? jika iya , anda wajib mencoba resep cumi asin cabai hijau ini . soalnya enak dan gurih banget , sangat cocok jika di santap dengan nasi putih hangat . keluarga dirumah pasti menyukainya , karena enak dan lezat gurih .

Cumi asin merupakan cumi yang di proses dengan di keringkan dan diberi garam seperti di asinkan , sehingga rasanya menjadi asin seperti ikan asin . berbeda lagi dengan cumi basah yang tanpa di proses pengasinan , sehingga daging nya lebih kenyal dan rasanya juga tidak asin . dalam pengolahan cumi tidak perlu dimasak terlalu lama , karena jika di masak terlalu lama dapat membuat daging cumi menjadi alot . jika kelamaan malah bisa jadi daging cumi yang empuk akan berubah menjadi seperti karet .

Jika dilihat cumi asin memang sedikit identik dengan tanah sunda karena banyak masyarakat sunda yang menyukai makanan ini . dalam masyarakat sunda biasanya cumi asin hanya diolah dengan cara di goreng lalu disantap bersama sambal dadak dan lalaban . seperti jengkol mentah , kol , daun selada , timun , daun kemangi dan lain sebagainya . namun cumi asin jika di olah bersama cabai hijau juga tidak kalah lezatnya loh .

Seperti yang kami katakan di atas , cumi asin yang pada dasar nya sudah memiliki rasa asin sehingga kita harus mencuci bersih terlebih dahulu cumi asin agar rasa yang di hasilkan tidak terlalu asin . boleh jadi , anda dapat menyeduh cumi asin dengan air panas agar rasa asinnya berkurang dan daging pun menjadi lebih berstektur lembut kenyal . oh iya , selain enak dan gurih , dalam pembuatan cumi asin cabai hijau tentunya sangat mudah .

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup terjangkau dan mudah di cari dimana-dimana . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar tradisional ataupun ditempat belanja yang biasa anda kunjungi . bagaimana , penasaran ingin membuatnya ? jika begitu , kita buat cumi asin cabai hijau nya sama-sama yuck . untuk lebih jelas dari bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya silahkan simak artikel resep cumi asin cabai hijau nya dibawah ini .

Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih

Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih

Bahan-bahan Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih 

  • Cumi asin 200 gram ( diseduh dengan air panas , tiriskan )
  • Bawang putih 4 siung ( diiris tipis )
  • Bawang merah 8 siung ( diiris tipis )
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter ( memarkan )
  • Cacai hijau 10 buah ( diiris serong )
  • Tomat hijau kecil 3 buah ( dibelah-belah )
  • Daun bawang 2 batang ( ambil bagian putihnya , lalu diiris serong )
  • Petai 10 butir ( belah menjadi 2 , lalu diiris tipis )
  • Gula pasir 1 sendok makan 
  • Air 100 mili liter
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya ( untuk menggoreng cumi dan menumis )

Cara Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih :

  1. Pertama-tama panaskan minyak goreng yang cukup banyak , masukkan cumi , lalu goreng sampai setengah matang , angkat , sisihkan .
  2. Setelah itu panaskan 3 sendok makan minyak goreng , tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi , kemudian masukkan daun salam , lengkuas , cabai hijau , tomat hijau , daun bawang , belimbing wuluh , petai dan gula pasir , aduk-aduk hingga rata , lalu tumis hingga semua bahan layu .
  3. Selanjutnya masukkan cumi yang sudah anda goreng tadi , aduk hingga rata . kemudian tambahkan air dan garam , aduk kembali , lalu masak hingga matang dan kental , angkat .
  4. Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih , siap untuk dihidangkan selagi hangat .

Selesai , itulah bahan-bahan yang digunakan beserta dengan cara membuatnya , mudah bukan ? dalam membuatnya juga tidak memerlukan waktu yang lama dalam proses persiapan hingga pengolahannya , sehingga akan semakin memudahkan anda dalam membuatnya sendiri langsung dari dapur anda . cumi asin cabai hijau yang menggunakan aneka bumbu rempah asli khas indonesia akan semakin special dengan irisan petai di dalamnya . yang tentunya akan semakin membuat anda ketagihan untuk menikmatinya .

Yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cumi Asin Cabai Hijau Enak Gurih ini dirumah yah . anda dapat menghadirkan cumi asin cabai hijau sebagai menu selingan atau sebagai menu vaforit keluarga anda dirumah . buka juga infromasi-informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Sapo Tahu Oriental Enak Mudah yang wajib anda coba membuatnya juga dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement