Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah

Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah - Berikut ini merupakan salah satu wedang yang segar hangat khas kota yogyakarta yaitu wedang uwuh . untuk anda yang tinggal di sekitar yogjakarta dan sekitarnya tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan wedang uwuh bukan ? rasa segar hangat yang tersaji dari aneka rempah-rempah asli indonesia alami membuat wedang uwuh ini menjadi salah satu wedang tradisional yang cukup terkenal . anda akan dengan mudah mendapatkan wedang uwuh , dari tempat nongkrong sekelas angkringan , caffe dan lain sebagainya .

Untuk sekelas angkringan biasanya wedang uwuh ini dibandrol dengan harga sekitar tigaribu hingga sepuluh ribu rupiah saja . rasa segar dan tentunya menghangatkan dari wedang uwuh akan sangat cocok dan enak sekali jika dinikmati selagi malam hari ataupun saat cuaca dingin ( hujan ) . nah seperti yang kami katakan di atas bahwa wedang uwuh terbuat dari aneka rempah-rempah alami yang terpilih sehingga selain menghangatkan , wedang uwuh ini juga mempunyai kaya akan khasiat untuk kesehatan . untuk anda yang seharian melakukan aktifitas , tidak ada salahnya loh jika anda menikmati wedang uwuh sebagai teman istirahat anda .

Lagi-lagi selain menghangatkan tubuh , sejak zaman nenenk moyang terdahulu bahan ramuan yang terkandung di dalam wedang uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencengah masuk angin dan batuk ringan . selain itu wedang uwuh yang menggunakan bahan rempah jahe salah satu rempah-rempah alami indonesia ini juga mampu melegakan tenggorokan , memperlancar peredaran darah , menghilangkan nyeri , capek , pegal , kembung dan lain sebagainya . nah loh , ternyata banyak sekali khasiat yang dapat kita rasakan dengan menikmati wedang uwuh yah ?

Jadi untuk anda yang sedang merasakan tidak enak badan jangan apa-apa obat yah , coba deh sekali-kali kembali ke ramuan tradisional dengan menikmati wedang uwuh . rasa hangat , segar dengan aroma rempah alami yang menyegarkan serta rasa rempah herbal unik dan nikmat akan membuat anda lebih rileks . hmm , srupuuuuuuuuutt segar dan hangatnya wedang uwuh tentunya akan membuat anda ketagihan untuk menikmatinya . nah , jika anda biasa menikmati wedang uwuh di tempat angkringan atau di cafe-cafe yang biasa anda kunjungi kali ini tidak ada salahnya jika anda membuatnya sendiri dirumah loh .

Menggunakan Bahan-bahan yang mudah dicari dimana-dimana seperti pasar tradisional ataupun di tempat belanja yang biasa anda kunjungi tentunya akan memudahkan anda dalam membuatnya sendiri dirumah . apalagi kami akan memberikan panduan dalam membuatnya dengan mudah , jadi jangan pikir ulang lagi untuk membuat wedang uwuh ini dirumah deh . karena bisa jadi jika anda sudah mahir dalam membuat wedang uwuh nya anda dapat mendapatkan peluang usaha dari wedang uwuh . so , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak artikel resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah

Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah

Bahan-bahan Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah :

  • Air 700 mili liter
  • Serutan kayu secang kering 40 gram
  • Gula batu dan gula pasir 50 gram
  • Jahe 6 centi meter ( dimemarkan )
  • Daun kayu manis kering 2 lembar 
  • Daun cengkeh kering 3 lembar
  • Daun pala kering 3 lembur
  • Cengkeh atau batang cengkeh kering 10 butir

Cara Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah :

  1. Pertama-tama bakar jahe , lalu dimemarkan . tuangkan air dalam panci , masukkan jahe , cengkeh atau batang cengkeh , daun cengkeh , daun kayu manis , daun pala , serutan kayu secang , jahe dan gula batu . masak dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 15 menit hingga mendidih . 
  2. Selanjutnya angkat dan saring ( jika suka bisa dihidangkan tanpa disaring ) . 
  3. Terakhir tuang wedang uwuh ke dalam gelas . 
  4. Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah pun siap untuk dihidangkan selagi hangat .

Selesai , perlu anda ketahui warna air wedang uwuh yang merah cerah cantik terbentuk dari air seduhan secang . sedangkan bau harum segar dari wedang uwuh muncul dari aroma kayu manis . dan rasa hangat sedikit pedas terbentuk dari jahe dan dedaunan rempah-rempah lainnya . hmm , sangat komplit sekali yah ? terang saja jika wedang uwuh khas yogyakarta ini sangat diminati oleh para warga kota yogyakarta dan kalangan masyarakat luas .

Untuk anda yang tinggal di luar kota namun anda ingin sekali menikmati wedang uwuh , anda tidak harus pergi ke kota yogyakarta loh . karena dengan sedikit kerja keras dan sedikit meluangkan waktu , anda juga dapat membuat wedang uwuh langsung dari dapur anda sendiri dirumah . yasudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Yogyakarta Mudah ini dirumah yah . jangan lupa buka juga informasi resep-resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Milkshake Strawberry Special Segar yang akan sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian , seeyou :)

Advertisement