Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat

Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat - Selamat pagi bun , sudah pada masak apa hari ini ? belum ? wah kebetulan sekali nih , karena kali ini kami akan membagikan salah satu resep masakan yang special yaitu garang asem ati ampela . yang siapa tahu akan menjadi referensi anda untuk mengahadirkan hidangan makan siang atau makan malam keluarga . garang asem ati ampela tentunya memiliki rasa yang sedap , manis dan asam yang akan membuat anda berselera untuk segera menikmatinya .

Jika dilihat resep aslinya , garang asem memang identik dengan daging ayam sebagai bahan dasar pembuatannya . namun karena berkembangnya kreasi dari garang asem , ati ampela pun dapat menjadi pengganti daging ayam . nah untuk anda yang sedang bosan menikmati daging ayam , tak ada salahnya jika anda membuat garang asem ati ampela ini sebagai hidangan selingan dirumah . rasanya tentunya tak kalah dengan garang asam daging ayam , sama-sama enak dan nikmat sebagai teman nasi .

Seperti yang kami katakan diatas , ada dapat sajikan garang asem ati ampela sebagai hidangan selingan ataupun bisa jadi menjadi hidangan vaforit keluarga . sedapnya garang asem ati ampela yang menggunakan aneka bumbu pilihan yang pas membuat garang asem ati ampela banyak sekali disukai oleh masyarakat luas . rasa sedap dan asam yang segar dari penggunaan belimbing wuluh dalam garang asem ati ampela terkadang membuat orang lupa jika sudah habis dua piring saja tuh hihihihi .

Wow , begitu sedapnya kah garang asem ati ampela ? bagaimana , apakah anda akan diam saja dan hanya membaca resep garang asem ati ampela ini tanpa mempraktekannya dirumah ? jika iya ada akan rugi sekali , karena melewatkan resep masakan yang enak , sedap dan segar seperti resep garang asem ati ampela . so , tunggu apa lagi bun , segera siapkan bahan-bahan yang diperlukan dan kita buat garang asem ati ampela sama-sama yuck .

Untuk membuat garang asem ati ampela pastinya bunda akan membutuhkan ati ampela , nah pada resep ini kita akan memakai 8 pasang ati ampela yah . coba cek dulu tuh bun dikulkas siapa tahu sudah ada ati ampela nya , jika belum ada bunda dapat mencarinya di pasar tradisional ataupun ditempat belanja yang biasa anda kunjungi . setalah itu siapkan bumbu-bumbu yang digunakannya , jika sudah tersedia semua siap eksekusi di dapur deh . yasudah tidak usah panjang lebar lagi deh , silahkan simak artikel resepnya di bawah ini .

Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat

Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat

Bahan-bahan Garang Asem Ati Ampela Lezat :

  • Ati ampela 8 pasang
  • Bawang merah 5 butir ( diiris tipis )
  • Cabai merah besar 5 buah ( dibuang bijinya , lalu dipotong serong )
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Kecap asin 1/2 sendok teh
  • Belimbing wuluh 4 buah ( dibelah dua memanjang )
  • Bawang putih 3 siung ( diiris tipis )
  • Kecap manis 2 sendok teh
  • Garam 2 sendok teh
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Minyak goreng 1 sendok makan untuk menumis 
  • Air 1200 mili liter

Cara Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat :

  1. Pertama-tama siapkan panci lalu isi air sebanyak 500 mili liter . rebus ati ampela sampai empuk . 
  2. Setelah itu tambahkan bahan-bahan berikut : 1/2 sendok teh garam , 3 lembar daun salam , 3 centi meter jahe dan 2 lembar daun salam . aduk sampai rata dan masak sampai matang . setelah matang angkat dan sisihkan .
  3. Selanjutnya tumis bawang merah , bawang putih , cabai merah besar , lengkuas dan daun salam sampai aromanya wangi .
  4. Kemudian masukkan ati ampela dan belimbing wuluh yang sudah anda siapkan . aduk-aduk sampai rata .
  5. Tambahkan air , garam , kecap manis , kecap asin dan gula pasir . aduk sampai bumbu rata dan masak sampai matang . angkat .
  6. Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat siap untuk disajikan .

Selesai , akhirnya jadilah garang asem ati ampela yang enak dan lezatnya . bagaimana , bahan-bahan dan cara membuatnya , cukup mudah bukan ? jangan lupa taburi barang goreng yah , agar garang asem ati ampela yang anda buat tambah lezat dan makyus . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Garang Asem Ati Ampela Lezat ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Tumis Sayur Kecipir Special Lezat yang akan sayang sekali jika anda lewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement