Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah

Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah - Jika sebelumnya kita sudah berbagi camilan keripik yang tebuat dari Tempe dan singkong seperti pada Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih dan Resep Membuat Keripik Singkong Pedas Ala Maicih . pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi resep keripik yang terbuat dari kentang yang tentu saja enak dan renyah . sebenarnya resep keripik kentang pedas manis ini merupakan camilan yang serba guna . karena selain enak di makan begitu saja , keripik kentang juga enak sekali sebagai teman nasi .

Keripik kentang , kentang goreng atau yang terkenal dengan potato chips ini merupakan camilan dari nenek moyang yang populer hingga saat ini . rasanya yang gurih membuat banyak orang menyukainya . untuk jaman dulu keripik kentang memang hanya di goreng kering lalu di taburi dengan garam saja . namun karena kemajuan jaman dan ibu-ibu sekarang banyak yang kreatif , sehingga saat ini keripik kentang memiliki beberapa pilihan rasa .

Seperti keripik kentang manis , keripik kentang rasa baberque , keripik kentang rasa jagung bakar , atau keripik kentang pedas hingga super pedas seperti kreasi dari keripik kentang maicih . Untuk keripik kentang maicih jika dirasa-rasa pedasnya berasal dari taburan bubuk cabai kering ya . jadi terkadang jika ada yang tidak telalu suka pedas , tenggorokan kaya yang terbakar . tapi untuk yang doyan pedas mah , beeeh mau pedas level berapa juga hayuu saja ya .

Nah , maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan berbagi Resep Keripik Kentang Pedas Manis yang di tujukan bagi anda yang suka camilan pedas namun dikombinasikan dengan rasa manis . penggunaan bumbu alami dengan cabai yang segar dan aneka bumbu lainnya membuat keripik kentang ini memiliki rasa yang enak dan renyah . salah satu camilan keluarga yang enak dan murah meriah , karena menggunakan bahan utama kentang yang memiliki harga yang cukup terjangkau .

Selain bahan-bahan yang digunakan terjangkau dimana-mana , cara membuat keripik kentang pedas manis ini juga sangat mudah . anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya , namun anda harus mengikuti beberapa Tips Dan Trik dari kami agar menghasilkan keripik kentang yang renyah dan tahan lama . lalu apa saja sih Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat keripik kentang pedas manis ini ? untuk lebih jelas , yuck segera disimak Resep Keripik Kentang Pedas Manis nya seperti berikut ini .

Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah

Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah

Bahan-bahan Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  • Kentang 1 kilo gram ( pilih kentang yang bewarna kuning )
  • Daun jeruk 4 lembar ( buang tulangnya , iris tipis )
  • Gula pasir 125 gram
  • Kaldu bubuk rasa ayam 1 sendok teh
  • Bawang putih 6 siung ( geprek lalu cincang halus )
  • Bawang merah 10 butir ( diiris tipis )
  • Air 50 mili liter

Bumbu Halus Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  • Cabai merah keriting 10 buah
  • Cabai rawit merah 8 buah
  • Garam 1 sendok teh
  • Mata asam jawa 4 buah ( buang bijinya )
  • Minyak goreng 5 sendok makan ( digunakan untuk menumis )

Cara Membuat Keripik Kentang Pedas Manis Renyah :

  1. Langkah awal , iris tipis atau serut kentang dengan alat pasah . lalu rendam kentang ke dalam wadah yang berisi air dan sedikit garam . kemudian cuci dan ganti air rendaman dengan air bersih tanpa garam sebanyak 2x atau sampai air menjadi bening . hal ini bertujuan agar saat digoreng , kentang terpisah dan tidak menggumpal .
  2. Selanjutnya panaskan minyak , lalu masukkan beberapa genggam kentang yang sebelumnya sudah ditiriskan . goreng kentang hingga matang dan kering dengan menggunakan api sedang , angkat dan tiriskan . lakukan hingga kentang habis .
  3. Setelah itu panaskan 5 sendok minyak goreng , masukkan bawang merah iris dan bawang putih yang sudah digeprek , tumis hingga tericum aroma wangi dan matang . lalu masukkan bumbu halus dan daun jeruk yang sudah disiapkan tadi . tambahkan gula , kaldu ayam , dan air . cicipi , jika ada yang kurang silahkan tambahkan sesuai selera . masak bumbu hingga air menyusut , mengental dan berambut . matikan api . 
  4. Terakhir masukkan kentang yang sudah digoreng kering tadi , aduk hingga bumbu merata .
  5. keripik kentang pedas manis siap disajikan . 

Tips Dan trik Membuat Keripik Kentang Yang Awet Renyah :

  • Pertama , pilihlah kentang yang bewarna kuning , masih segar , keras dan tidak layu . karena kentang yang berwarna putih lebih banyak memiliki kandungan air nya , sehingga tidak cocok dijadikan keripik kentang atau potato chips . Jika anda suka membuat kentang goreng ala MCD atau french fries pastikan gunakan kentang kuning agar lebih renyah seperti pada Resep keripik kentang pedas manis ini .
  • Jangan lupa rendam irisan kentang dengan air garam , kemudian dicuci hingga airnya bersih atau bening . hal ini bertujuan Agar kentang tidak saling lengket satu sama lain pada saat digoreng .
  • Pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng keripik benar-benar panas . kemudian goreng sebentar hingga setengah kering , baru kecilkan api . masak hingga matang dan kering , tiriskan .
  • Selanjutnya agar keripik awet renyah dan tidak mudah melempem , jangan mencampur bawang merah dan bawang putih bersamaan dengan bumbu halus . jadi caranya tumis dulu bawang hingga kering matang , baru deh masukkan bumbu halus beserta bumbu lainnya , proses hingga matang .
  • Selain kentang , anda juga dapat menggunakan bumbu pedas manis ini ke dalam keripik singkong , ubi ungu atau umbi lainnya . caranya jika anda menggunakan singkong dan ubi adalah dengan merendam irisan singkong dengan air hangat yang telah ditambahkan dengan sedikit baking powder dan kapur sirih selama 30 menit . kemudian cuci bersih dengan air 2 hingga 3 kali hingga air cucian bersih dan bening . lalu goreng dengan cara yang sama seperti pada saat menggoreng keripik kentang pedas manis ini .

Demikian Bahan-bahan Keripik Kentang Pedas Manis , Cara Membuat Keripik Pedas Manis , dan Tips Membuat Keripik Pedas Manis Agar Awet Renyah nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Keripik Kentang Pedas Manis Renyah ini dirumah . buka juga informasi resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Kacang Telur Gurih Renyah yang wajib dicoba juga dirumah . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . jangan lupa like dan share ya , terimakasih :)

Advertisement