Resep Martabak Ketan Hitam Manis Topping Keju, Nutella, Meises dan Coklat Tulip

Resep Martabak Ketan Hitam Manis - Bandung lagi, pasti kuliner lagi. Yup, orang-orang Bandung memang top dalam hal berkreasi, salah satunya kuliner dan fashion. Dari kuliner ala pedagang kaki lima pinggir jalan seperti Kue Cubit, cuanki, Batagor, Siomay, Ketan Bakar, Cilok dan lainnya yang di kreasikan kembali dengan tampilan yang lebih menarik mata dan tentunya rasanya yang juara.

Nah kalau sekarang di tanya jajanan apa yang lagi tren, happening atau booming di Bandung?Jawabannya pasti Martabak Ketan Hitam Manis dan Martabak Tropica. Dari deretan martabak yang paling enak ya ini, martabak manis Bandung. Untuk mertabak Tropica dia merupakan brand salah satu kedai martabak yang terkenal di Bandung. Sedangkan untuk martabak ketan hitam manis merupakan salah satu kreasi dari martabak manis atau terang bulan.

Saya tidak akan membahas martabak Tropica secara detail. Tapi kali ini saya akan mencoba membagikan salah satu resep martabak ketan hitam manis andalan yang sudah saya uji coba beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special

Cara membuat resep martabak ketan hitam sebenarnya untuk bahan-bahannya sama dengan bahan adonan martabak manis sederhana pada umumnya. Hanya saja untuk kreasi martabak black Bandung untuk tepung terigu diganti dengan tepung ketan hitam. Tapi ada juga pedagang ala abang kaki lima yang menggunakan cokelat bubuk pekat untuk warna hitam dari martabak manis hitam yang sering disebut martabak hitam, martabak black dan martabak black sweet ini.

Resep Martabak Ketan Hitam Manis
Sumber: Instagram Kedai Martabak Tropica & Dapur Nulekker



Menurut saya peggunaan tepung ketan hitam di adonan membuat tampilan martabak manis terang bulan menjadi berbeda dan unik. Walaupun sebelumnya sudah ada kreasi dari martabak manis pandan dengan warna hijau pandan yang cantik, martabak merah dari kreasi martabak manis red velvet, kemudian matabak manis pink yang terbuat dari essens strawberry. Namun martabak manis ketan hitam ini menjadi banyak favorit banyak orang karena tampilannya yang lebih menggoda.

Selain itu untuk rasanya juga jadi lebih enak dan legit karena ada tepung beras hitam di adonan, jadi serasa menikmati martabak dengan isian ketan hitam asli yang empuk dan khas.

Cicipi Juga : Resep Membuat Martabak Telur Enak Lezat

Seperti kreasi martabak manis Jepang dan olahan martabak manis yang ada di Indonesia, isian atau topping dari martabak tepung ketan hitam ini juga dapat di kreasikan sesuai selera. Mulai dari kismis, keju, wijen, kacang tanah sangrai, kacang almond, aneka selai seperti selai stroberry, nanas, kacang, selai cokelat, choco chip, pisang, nangka, ceres / meises cokelat / meises warna-warni atau parutan cokelat batang / DCC yang lumer di mulut ketika di makan.

Penggunaan DCC boleh pakai merek apa saja, seperti dark cooking chocolate Collata atau dcc Tulip Master Baker's. Untuk coklat batangnya saya gunakan DCC Tulip Master Baker's dan untuk meisesnya saya juga gunakan dari merk Tulip yaitu Tulip Chocolate Rice yang rasanya enak dan super nyoklat.

Coba Juga : Resep Membuat Martabak Mie Telur Kornet Maknyus

Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Martabak Ketan Hitam Manis seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Martabak Ketan Hitam Manis Terbaru 2017


Step by Step Membuat Resep Martabak Ketan Hitam Manis Terbaru 2017
Martabak Hitam Via Pinterest.com

Bahan-bahan Martabak Hitam :

  • Tepung ketan hitam 5 sendok makan
  • Tepung terigu cakra 5 sendok makan
  • Susu bubuk 1 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Susu kental manis 1 sendok makan
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Sejumput garam
  • Air hangat 200 mili liter
  • Baking soda 1/2 sendok teh
  • Gula pasir secukupnya, digunakan untuk taburan

Bahan Topping / Isian Martabak :

  • Mentega secukupnya
  • Keju parut / kraft secukupnya
  • Susu kental manis putih atau cokelat sesuai selera
  • Tulip Chocolate Rice secukupnya
  • Selai kacang / kacang sangrai secukupnya
  • DCC Tulip Master Baker's parut secukupnya
  • Nutella
  • Atau beri topping sesuai selera

Cara Membuat Martabak Ketan Hitam Manis :

  1. Langkah pertama campur tepung terigu, tepung ketan hitam, gula, susu bubuk, garam, baking powder dan susu kental manis, aduk rata. Kemudian tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk, lalu tambahkan telur, aduk rata sampai adonan tidak bergerindil. Diamkan sekitar 1 jam didalam wadah yang ditutup plastik wrap.
  2. Setelah satu jam, masukkan baking soda ke dalam adonan, aduk rata.
  3. Selanjutnya panaskan teflon atau cetakan khusus martabak lalu tuang adonan sampai keluar pori-porinya atau bersarang. Taburi gula pasir, tutup teflonnya, Lalu masak dengan menggunakan api kecil sekitar 2 menit atau sampai matang.
  4. Angkat, lalu oles dengan mentega, taburi keju parut, DCC Tulip Master Baker's parut, Tulip Chocolate Rice, Nutella, susu kental manis dan bahan topping lainnya sesuai selera.
  5. Selanjutnya potong jadi 2 bagian, tumpuk lalu siap untuk dipotong-potong.
  6. Sajikan bersama minuman hangat seperti teh dan kopi. Maknyusss!

Saat mendiamkan adonan martabak memang harus sedikit bersabar ya, agar adonan dapat mengembang sempurna. Tapi rasa lelah akan hilang saat mencicipi lezatnya martabak ketan hitam manis homemade buatan sendiri. Rasanya enak, anti gagal bagi pemula, dan tekstur nya menul-menul berpori, asik sekali di makan.

Martabak hitam ini cocok dijadikan camilan, menu sarapan di pagi hari dan juga bekal anak ke sekolah. Di jamin keluarga suka dan ketagihan!

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Martabak Telur Mini Special Enak

Oh iya, kalau Bunda susah mencari bahan kue dan masakan, saya punya toko bahan kue langganan yang komplit dengan harga grosir. Bunda bisa kunjungi di alamat https://www.tokowahab.com/. Di jamin harga super murah di banding TBK lainnya.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Martabak Ketan Hitam Manis Topping Keju, Nutella, Meises dan Coklat Tulip. Semoga bermanfaat :)

Advertisement