Resep Pisang Nugget Kekinian Enak Kriuk (Banana Nugget)

Resep Pisang Nugget Kekinian - Kudapan kekinian yang memiliki rasa manis gurih ini bakal jadi favorit kelurga. Cocok juga untuk bekal anak sekolah, sajian arisan, pengajian dan juga isian snack box. Namanya nugget pisang yang familiar disebut banana nugget atau pisang nugget.

Bagi Anda penggemar olahan pisang, tentunya sudah tak asing lagi dengan pisang nugget bukan? Makanan yang terbuat dari bahan utama pisang ini memang lagi ngehitz banget di tahun 2017 ini. Walaupun sebenarnya makanan ini sudah ada dari beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga : Resep Membuat Nugget Sayur Enak Sehat Dan Praktis

Untuk membuat resep pisang nugget kekinian tentu saja yang di butuhkan adalah pisang. Pilih pisang yang benar-benar matang sempurna, agar rasa pisang nugget yang dibuat terasa gurih, manis nan legit.

Soalnya pernah pengalaman bikin resep pisang nugget kekinian pakai pisang yang belum terlalu matang rasanya kaya ada sepet-sepet khas pisang gitu. Itu critanya saya gak sabar mencoba resep nugget pisang kriuk. Jadi pas dapat pisang belum terlalu matang langsung saja buat saja hihihi. Tapi tetap enak kok, walaupun gak seenak nugget pisang yang memakai pisang yang benar-benar matang sempurna.

Cicipi Juga : Resep Membuat Nugget Kentang Special Keju

Ada banyak cara menikmati pisang nugget crispy ini, yaitu dengan cara di makan begitu saja. Dan juga bisa di beri topping aneka rasa sesuai selera. Seperti keju, coklat batangan, nuttela, susu kental manis, meises coklat dan warna-warni, kacang almond dan bahkan krim keju.

Untuk topping suka-suka yes, di sesuaikan dengan selera masing-masing saja. Langsung saja yuk di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Nugget Pisang Kekinian seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Resep Nugget Pisang Kekinian Kriuk

Step By Step Membuat Resep Nugget Pisang Kekinian Kriuk
Nugget Pisang Bandung by Hannatia Alifa Sjafmuna Cookpad


Bahan-bahan Pisang Nugget :

  • Pisang kepok 1kg (bisa gunakan pisang apa saja)
  • Tepung terigu 6 sendok makan
  • Susu bubuk putih 4 sendok makan (saya pakai Dancow, hasilnya enak dan wangi)
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Telur 2 butir, kocok lepas
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Keju parut 100 gram 

Bahan Pelapis atau Pencelup : 

  • Tepung terigu 250 gram atau secukupnya
  • Tepung panir 500 gram atau secukupnya

Topping :

  • Nutella, meises, keju parut, sringkle, kacang almond, DCC (Dark cooking chocolate) lelehan coklat atau coklat warna warni, selai nanas, greentea, susu kental manis, oreo, tiramissu dan lainnya sesuai selera. 

Langkah Cara Membuat Nugget Pisang :

  1. Hancurkan pisang dengan garpu atau gelas sampai benar-benar hancur hampir lembut.
  2. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk Dancow, gula pasir, garam dan telur, aduk rata. Kemudian tambahkan keju, aduk rata.
  3. Selanjutnya masukkan ke dalam loyang yang sebelumnya sudah di oles minyak dan di alasi plastik, kukus kurang lebih selama 25 menit atau sampai matang.
  4. Angkat, lalu tunggu sampai dingin. Bisa masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu kemudian di potong-potong sesuai selera.
  5. Selanjutnya celupkan potongan nugget ke dalam adonan tepung terigu dan air, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. Ulangi sampai semua adonan habis.
  6. Goreng dalam minyak panas dengan mengunakan api sedang sampai kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.
  7. Beri topping sesuai selera, nugget pisang yang disebut banana nugget pun siap di nikmati selagi hangat. Krenyes! Kriuk diluar, tetap lembut di dalam.

Nugget pisang kepok goreng hitz ini paling enak di nikmati selagi dalam kondisi hangat. Rasanya enak dan cocok untuk teman bersantai sembari minum teh.

Coba Juga : Resep Membuat Nugget Tahu Enak Mudah

Adanya resep pisang nugget kekinian ini menambah daftar camilan enak yang dibuat dari pisang ya. Pokoknya saya selalu suka olahan pisang entah itu mau dibuat bolu pisang, cake pisang apel, keripik pisang, pisang goreng, pisang kukus, kolak pisang, es kul kul (es pisang coklat), es susu banana, es pisang hijau, molen pisang dan bolen pisang.

Bagi Anda yang sebelumnya sudah punya usaha kue rumahan, rasanya tak ada salahnya menambah pisang nugget ke daftar jualan. Pisang nugget untuk jualan bisanya di jual dengan harga Rp 10.000.- per 5 bijinya. Topping bisa di mix sesuai permintaan pembeli.

Jangan Lewatkan : Resep Membuat Nugget Tempe Enak Mudah

Oh iya, dalam resep pisang nugget kekinian ini saya buat dari 1 kg pisang. Kalau Anda ingin membuatnya dalam jumlah sedikit bisa cek resepnya di sini ya Cara Membuat Nugget Pisang Coklat Keju Goreng Kriuk Kekinian. Karena disana saya tulis setengah resepnya.

Selamat mencoba dan berkreasi dengan Resep Pisang Nugget Kekinian Enak Kriuk (Banana Nugget). Baca juga olahan nugget lainnya seperti Resep Membuat Nugget Ayam Enak Lezat. Semoga bermanfaat :)

Advertisement