Resep Membuat Sop Buntut Enak Lezat

Resep Membuat Sop Buntut Enak Lezat - Sop yang berbahan dasar buntut sapi memang sudah sangat terkenal oleh masyarakat luas . bahkan menurut data wikipedia , setidaknya sudah ada lima macam sop buntu yang sangat terkenal di semua negara . kelima sop yang terkenal itu adalah pertama masakan sop cina yang mirip dengan semur , kedua masakan tradisional orang-orang korea , ketiga masakan etnis orang amerika serikat bagian selatan yang telah eksis semenjank zaman sebelum adanya perang revolusi amerikat . keempat adalah sop kuah tebal yang terkenal di negara britania raya yang sudah ada semenjak abad kedelapan belas .

Dan yang kelima adalah sop ekor sapi bakar atau goreng yang dicampur dengan berbagai variasi sop yang menjadi masakan paling terkenal dinegara kita ini yaitu indonesia . selain kelima sop yang terkenal di atas ternyata ada juga sop buntut yang dinamakan dengan sebutan sop buntut kreol . sop ini berisi irisan tomat segar yang dipadukan dengan daging buntut sapi , kacang hijau , kentang , mirepoix , jagung , rempah-rempah special dan bawang putih . mungkin itu salah satu sop yang sangat terkenal di indonesia ini , masih banyak sop lainnya yang belum kita bahas disini.

Karena indonesia merupakan penghasil rempah-rempah dan mudah dalam mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat sop . sehingga indonesia sangat terkenal sekali dengan sop-sop yang enak dengan variasi rasa yang sangat menggoda selera anda tentunya . hhmmm nyumiii , hangat , segar , enak dan gurih mungkin itu sebutan yang tepat untuk semangkuk sop di indonesia . apa lagi jika ditambahkan dengan buntut sapi yang enak , tentunya akan menciptakan citarasa yang unik dan nikmat.

Biasanya sop buntut khas indonesia dibuat dari potongan-potongan buntut sapi yang kemudian di beri berbagai macam bumbu-bumbu lalu di digoreng atau dibakar menurut selera . setelah mengalami proses digoreng dan dibakar , lalu buntut sapi dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang warnanya agak jernih tapi berasa gurih . kemudian lengkapi dengan berbagai irisan sayuran seperti wortel , kentang , daun bawang , tomat , bawang goreng dan seledri . hmmm nikmat nikmat nikmat , apakah anda sudah tergoda dengan resep sop buntut yang enak ini ?

Jika iya , kita buat sama-sama sop buntut nya yuck . saya akan membahas tuntas tentang sop buntu enak yang wajib anda membuatnya dirumah . karena sangat enak dan gurih , jangan sampai anda melewatkan resep yang sangat special ini untuk keluarga anda dirumah . nah untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuatnya dengan tepat , silahkan lihat resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Sop Buntut Enak Lezat

Resep Membuat Sop Buntut Enak Lezat

Bahan-bahan Sop Buntut sapi Enak Lezat :

  • 2 liter air ( dipakai untuk merebus )
  • 5 sendok makan margarin
  • 1 kilo gram ekor atau buntut sapi ( dipotong-poyong )
  • 6 buah kentang ( dipotong-potong kecil )
  • 1 lembar seledri ( diiris tipis )
  • 9 buah wortel ( dipotong-potong kecil )

Secukupnya bawang merah goreng

  • Bahan-bahan Bumbu Sop Buntut Enak Lezat :
  • Penyedap rasa atau MSG
  • Lada bubuk ( utamakan lada putih )
  • Biji pala 2 cm
  • Bawang putih 5 siung
  • Cengkeh 6 buah
  • Garam dan Gula pasir
  • Tomat 1 buah ( diiris-iris )
  • Kayu manis 2 cm

Cara Membuat Sop Buntut Enak Lezat :

  1. Pertama , cuci bersih terlebih dahulu daging buntut sapi yang sudah disediakan tadi hingga bersih .
  2. Rebus buntut sapi dengan air yang tadi anda siapkan . lalu air yang digunakan untuk merebus di buang , lalu diganti dengan air baru yang bersih , panaskan lagi .
  3. Sambil menunggu mendidih , anda dapat menghaluskan bumbu-bumbu seperti lada , garam , biji pala dan bawang putih hingga halus .
  4. Siapkan margarin lalu panaskan untuk menggoreng bumbu . 
  5. Goreng garam , biji pala dan bawang putih yang sudah dihaluskan tadi , kemudian masukkan cengkeh dan kayu manis , tunggu hingga wangi lalu angkat .
  6. Balik lagi ke buntut sapi , masukkan bumbu yang sudah kita goreng tadi ke dalam air rebusan buntut sapi jika air rebusan sudah menyisakan kira-kira 1 liter dan buntut sapi agak empuk .
  7. Tambahkan wortel dan kentang yang telah dipotong-potong .
  8. Rebus sop hingga sop buntut benar-benar matang dan buntut sapi empuk .
  9. Berikan penyedap rasa , gula dan daun selendri secukupnya .aduk hingga semua tercampur rata lalu angkat .
  10. Tuangkan sop pada wadah , lalu berikan tambahan bawang goreng dan tomat di atasnya agar lebih nikmat dan segar .
Selesai , sop buntut dapat disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal agar lebih nikmat . Gimana resep membuat sop buntu nya , cukup mudah kan ? ya sudah selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sop Buntut Enak Lezat ini yah . buka juga info resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Rica-rica Bebek Lezat yang wajib juga anda coba dirumah . semoga resep ini bermanfaat , sekian :)

Advertisement