Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih

Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih - Dalam Membuat keripik tempe memang sudah banyak terdapat macam cara dan kreasi nya . dari yang rasa oryginal , rasa asin , rasa pedas atau rasa pedas dan manis . namun menurut kami inilah cara yang terbaik yang kami temui dalam pembuatan keripik tempe . menggunakan santan untuk mengencerkan adonan , membuat keripik tempe khas bandung ini memiliki rasa yang manis asin dan gurih . 

Memang selain kota bandung , keripik tempe juga sangat terkenal di daerah purwokerto jawa tengah yang terkenal dengan keripik tempe sawangan . dan selain kota bandung dan purwokerto , keripik tempe juga sangat terkenal dikota malang . memang begitu banyak macam bentuk dan variasi rasa yang disajikan . berbeda kota dan berbeda resep tentunya menghasilkan rasa yang berbeda juga namun semua hampir sama .

Sebenarnya kami ingin sekali mengupas secara tuntas tentang keripik tempe sawangan khas purwokerto jawa tengah . namun resep nya belum dapat kami bagikan , mungkin karena warisan nenek moyang jadi dilarang untuk dibagikan hiihihii . akhirnya kami akan membagikan resep keripik tempe khas bandung yang rasanya juga sangat enak , renyah dan gurih . tidak kalah dengan keripik tempe sawangan khas purwokerto jawa tengah .

Keripik tempe sendiri secara umum nya adalah salah satu makanan dari tempe yang diiris tipis yang dicelupkan ke dalam adonan terigu yang encer lalu digoreng dengan minyak yang panas hingga kering . bumbu yang pas dari aneka rempah alami membuat keripik tempe khas bandung ini memiliki citarasa yang makyus disetiap gigitannya . sangat enak jika dinikmati sebagai camilan saat berkumpul dengan teman atau keluarga .

Namun selain menjadi camilan yang enak saat berkumpul , keripik tempe khas bandung ini juga sangat enak jika dinikmati sebagai teman nasi . anda dapat mengganti kerupuk yang biasa anda nikmati saat makan dengan keripik tempe khas bandung . so , jangan terlalu banyak berfikir lagi untuk membuat keripik tempe khas bandung ini dirumah . apalagi kami akan membagikan resep dan cara pembuatannya secara mudah , sehingga akan memudahkan anda untuk membuatnya dirumah .

Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih

Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih

Bahan-bahan Keripik Tempe Khas Bandung :

  • Tempe 500 gram ( diris-iris setipis mungkin , dapat menggunakan alatnya jika ada )
  • Telur 1 butir
  • Tepung beras 100 gram
  • Tepung kanji 50 gram
  • Santan 250 gram
  • Daun bawang secukupnya ( diris tipis sekali )

Bumbu-bumbu Halus Keripik Tempe Khas Bandung :

  • Bawang putih 4 siung
  • Kemiri 3 buitr
  • Kunyit 1,5 centi meter
  • Ketumbar 1 sendok kecil
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih :

  1. Pertama-tama anda harus membuat adonannya terlebih dahulu caranya adalah campurkan bumbu halus bersama tepung beras , tepung kanji , santan , irisan daun bawang dan telur .
  2. Aduk-aduk semua bahan hingga menjadi benar-benar rata .
  3. Setelah itu ambil irisan tempe lalu celupkan pada adonan tepung yang anda buat tadi , sampai merata dan tertutup .
  4. Terakhir goreng tempe hingga matang , renyah , seperti keripik tempe pada umumnya diatas api yang sedang . 
  5. Angkat , tiriskan , dinginkan lalu masukkan kedalam toples , selesai .

Rasa kriuk , renyah , dan enak sekali pastinya saat anda mencoba menggigit keripik tempe khas bandung yang anda hasilkan dirumah . oh iya jangan sampai lupa , saat anda mencelupkan tempe ke dalam adonan , adonannya jangan lupa diaduk-aduk dulu yah . itu tujuannya adalah agar tepungnya tidak menggumpal saat digoreng . wangi jeruk , kunyit serta gurihnya santan akan membuat anda untuk terus membuatnya lagi dan lagi .

Keluarga dirumah pasti menyukai keripik tempe khas bandung yang anda buat dirumah . jadi silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Keripik Tempe Khas Bandung Renyah Gurih ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep masakan lainnya yang wajib untuk anda coba drumah seperti Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep keripik tempe khas bandung ini bermanfaat . sekian :)

Advertisement