Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia

Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia - Berbicara tentang makanan khas jepang , apakah anda suka atau sudah pernah mendengar tentang takoyaki ? jika belum kali ini Harian Resep akan mengupas habis tentang salah satu makanan khas jepang yang saat ini sangat trend diindonesia . jadi anda jangan sampai melewatkan resep takoyaki yang Harian Resep bagikan kali ini yah . jika anda ingin mengetahui takoyaki dan asal usul takoyaki agar tidak dibilang ketinggalan sama teman-teman @_n . 

Takoyaki adalah merupakan salah satu makanan atau camilan yang khas dari negara jepang yang tepatnya di daerah kansai . untuk bentuk ukuran takoyaki biasanya berdiameter 3 sampai 5 centi meter dan berbentuk seperti bola-bola kecil . takoyaki yang memiliki bentuk bola-bola kecil di negara jepang biasanya mengunakan isian daging gurita . dan gurita yang biasanya dijadikan sebagai isian adalah bayi gurita yang sering disebut dengan baby octopus .

Karena di negara indonesia mencari daging gurita susah-susah gampang , dan sekalipun ada harganya juga cukup menguras kantong . jadi bisanya pedagang takoyaki diindonesia berinovasikan dengan mengganti daging baby gurita menjadi daging cumi . tekstur daging gurita dengan daging cumi juga hampir sama 11:12 , jadi akan menghasilkan rasa enak yang sama juga . namun karena banyak nya antusias dari para pembeli , takoyaki diindonesia pun sudah banyak macam bentuk dan variasi isi nya .

Dari takoyaki yang menggunakan isian bakso , sosis , daging ayam dan lain sebagai nya . rasa yang dihasilkan pun bermacam-macam dan bervariasi bersama saus lezat yang menemani takoyaki saat akan dinikmati . takoyaki biasanya dijajakan di cafe yang berada di dalam mall-mall atau di pusat belanja lainnya . rasa yang enak dan unik dari takoyaki biasa dinikmati saat berkumpul dengan teman atau saat bersantai .

Anda dapat menikmati takoyaki makanan khas jepang ini dengan menambahkan saus sambal atau saus tomat menurut selera jika suka . nah untuk anda yang ingin mencicipi takoyaki atau anda penggemar dari takoyaki , anda tidak harus setiap waktu ke mall hanya untuk menikmati takoyaki . karena dengan sedikit waktu dan sedikit kerja keras , anda sudah dapat membuatnya sendiri . apalagi dengan baca artikel resep takoyaki nya seperti dibawah ini , tentunya akan memudahkan anda dalam membuat takoyaki sendiri dirumah .

Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia

Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia

Bahan-bahan Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  • Tepung terigu 200 gram
  • Kaldu cair 400 mili liter
  • Putih telur 4 butir
  • Kuning telur 2 butir
  • Mentega 2 sendok makan
  • Air 450 mili liter
  • Konbu 10 centi meter ( dipotong selebar 2 centi meter )
  • Katsuo-bushi 15 gram

Bahan Isi Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  • Secukupnya tenkasu atau rice crispy
  • 200 gram bayi gurita atau dapat diganti daging cumi ( direbus kemudian dicincang halus )

Bahan Saus Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  • Mayones 50 gram
  • Secukupnya benishiga atau acar jahe
  • Saus inggris 23 mili liter
  • Bulldog saus 50 mili liter

Cara Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  1. Pertama-tama panaskan minyak goreng sedikit , tambahkan saus ingris dan bulldog saus , kemudian tambahkan air secukupnya . masak sampai mendidih .
  2. Setelah mendidih tambahkan mayones , angkat , sisihkan .

Cara Membuat Adonan Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  1. Masukkan kaldu ke dalam panci , kemudian masak dengan menggunakan api kecil . angkat sebelum mendidih .
  2. Kemudian campurkan katsuo-bushi kedalam rebusan air kaldu sambil diaduk-aduk selama kurang lebih 2 menit . saring lalu dinginkan .
  3. Campurkan terigu , telur dan garam , lalu tuangkan air kaldu diatas kemudian aduk hingga rata . sisihkan . 

Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia :

  1. Pertama-tama tuangkan adonan takoyaki ke dalam cetakan takoyaki yang sudah di olesi dengan mentega , tuangkan adonan sampai penuh .
  2. Kemudian taburi bagian atas adonan dengan rice crispy dan masukkan bayi gurita atau cumi yang sudah dicincang halus tadi .
  3. Masak dengan menggunakan api kecil , jika sudah setengah matang balik adonan dengan tusuk sate atau tusuk besi .
  4. Bolak-balik dan masak sampai berubah warna menjadi kecoklatan .
  5. Angkat lalu sajikan bersama saus dan juga berishoga nya .

Selesai , bagaimana cukup mudah bukan dalam pembuatan takoyaki khas jepang ala indonesia nya ? anda dapat menambahkan saus sambal atau sau tomat seperti yang kami katakan tadi di atas , jika anda suka . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Takoyaki Makanan Khas Jepang Ala Indonesia ini dirumah . Buka juga informasi resep camilan lainnya seperti Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement