Resep Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah

Resep Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah - Ku klepon atau kue kelepon merupakan sejenis makanan tradisional indonesia yang mempunyai rasa yang enak legit . sehingga kue klepon atau kue kelepon ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat luas . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai kue klepon atau kue kelepon ini . rasa yang manis , enak , kenyal dan legit dengan isian gula jawa ( gula merah ) membuat kue klepon menjadi salah satu jajanan pasar tradisional yang vaforit untuk orang banyak .

Kue klepon sendiri dibuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan daun suji atau daun pandan sebagai pewarna hijaunya . kemudian di bentuk bulat kecil menyerupai bola-bola kecil yang ditengahnya diberi isian gula merah , lalu direbus ke dalam air mendidih hingga matang . biasanya dalam proses perebusan kue klepon yang sudah matang akan ditandai dengan kue klepon yang mengapung . setelah klepon matang , kue klepon pun siap digulingkan atau ditaburi dengan parutan kelapa yang sudah dikukus dengan sedikit garam diatas daun pisang ataupun piring saji .

Hhhm nyumi , rasa yang enak , kenyal manis legit memang semakin nikmat jika di nikmati dengan parutan kelapa yang mempunyai rasa sedikit asin gurih . kue klepon memang nikmat sekali , salah satu jajanan tradisional indonesia yang cocok sebagai teman bersantai , seperti ngeteh ataupun ngopi . selain itu anda juga dapat menghadirkan kue klepon atau kue kelepon sebagai salah satu hidangan camilan di acara-acara tertentu . seperti arisan , acara keluarga , acara ulang tahun ,acara khajatan ataupun acara-acara lainnya .

Rasa yang enak dan nikmat dari kue klepon atau kue kelepon ini memang sangat cocok dijadikan salah satu hidangan yang special untuk acara-acara tertentu yah ? selain dikenal dengan sebutan nama kue klepon atau kue kelepon , untuk penduduk di sumatra kue klepon dikenal dengan nama yang berbeda loh bun . merkea lebih nyaman menyebut kue klepon ini menjadi sebutan nama onde-onde . yah salah satu perbedaan budaya kali ya bun , sehingga untuk sebutan kue klepon ini pun menjadi berbeda .

Kue klepon biasanya di hidangkan atau dijajakan dengan jajanan pasar tradisional lainnya seperti cenil , getuk , kue lapis dan sebagainya . kue klepon memang salah satu jajanan pasar yang memiliki harga dengan relatif murah . tentu saja karena dengan dua ribu rupiah hingga lima ribu rupiah saja kita sudah dapat kenyang menikmati lezatnya kue klepon . namun walaupun begitu tidak ada salahnya jika sesekali anda mencoba membuat kue klepon sendiri dengan resep kue klepon yang kami bagikan seperti dibawah ini .

Resep Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah

Resep Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah

Bahan-bahan Kue Klepon Tepung Ketan Mudah :

  • Tepung ketan 250 gram
  • Tepung beras 50 gram
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Air kapur 2 sendok teh
  • Air matang 275 mili liter
  • Gula jawa ( gula merah ) 200 gra, ( diiris halus )
  • Kelapa 1/2 butir ( diparut )
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Daun pandan 1 lembar

Cara Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah :

  1. Pertama-tama campurkan tepung ketan dan tepung beras , kemudian aduk hingga rata .
  2. Setelah itu tambahkan pasta pandan , air kapur , dan air matang dengan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan dapat dibentuk .
  3. Selanjutnya ambil satu sendok makan adonan lalu pipihkan . isi dengan irisan gula jawa ( gula merah ) , dibuat bulat bulat kecil . terus lakukan hingga semua adonan habis .
  4. Kemudian didihkan air yang sudah and siapkan tadi , lalu masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat tadi hingga matang . jika sudah mengapung , tandanya kue klepon sudah matang . jadi sudah dapat diangkat lalu tiriskan .
  5. Terakhir campurkan kelapa parut dengan garam dan daun pandan , kemudian kukus kurang lebih selama 10 menit . angkat , kemudian sisihkan . 
  6. Sajikan kue klepon di piring saji dengan ditaburi kelapa parut yang sudah dikukus tadi .

Selesai , nah itulah bahan-bahan dan cara pembuatan kue kleponnya , cukup mudah bukan ? bahan-bahan yang mudah didapat dimana-mana akan semakin memudahkan anda untuk membuat dan menghadirkan kue klepon ini dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional ataupun ditempat belanja lainnya yang biasa anda kunjungi . rasa yang enak , nikmat dan gurih dari kue klepon akan semakin menghangatkan berkumpulnya anda dengan keluarga .

Resep kue klepon yang kami bagikan dibuat untuk 20 buah klepon , dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam . jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan sendiri bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran agar menghasilkan kue klepon seperti yang anda butuhkan . Silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Klepon Tepung Ketan Mudah ini dirumah . Buka juga informasi-informasi resep aneka kue atau camilaan lainnya seperti Resep Membuat Pancake Keju Special Strawberry yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . 

Tips : Lebih baik jangan memasukkan gula jawa ( gula merahnya ) terlalu banyak . karena dapat menyebabkan gula jawa ( gula merah ) tidak matang atau menggumpal saat proses perebusan . memasukan gula jawa yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan kue klepon bocor saat proses perebusan . jadi masukkan sedikit saja , tidak perlu berlebihan . 

Okeh deh , terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement