Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak - Tempe adalah salah satu makanan khas tradisional indonesia yang sangat populer . panganan atau makanan yang dihasilkan dari proses olahan biji kedelai yang melalui proses fermentasi ini dapat dibilang sangat dekat dan bahkan hampir tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat indonesia . yahh tentu saja , mungkin hal ini tak lain karena rasa tempe yang enak dan harga tempe yang sangat murah . akan tetapi jika dibandingkan soal kandungan gizinya , tempe boleh di adu bahkan dengan makanan sejenis daging pun .

Hal inilah yang membuat tempe semakin di kenal dan banyak makanan yang trend dari bahan tempe di negara-negara tetangga seperti amerika , jepang , jerman dan negara lainnya . negara-negara tersebut mulai ikut-ikutan dalam mengembangkan dan mengkonsumsi tempe sebagai salah satu makanan pemasok nutrisi dan protein . suatu kebanggaan tersendiri tentunya karena makanan tradisional indonesia sudah dapat diterima dinegara-negara lainnya . jika diindonesia sendiri pastinya sudah anda ketahui kalau sudah begitu banyak macam dan variasi makanan atau masakan yang dapat anda buat dengan berbahan tempe .

Anda dapat menemui makanan atau masakan yang terbuat dari tempe dimana-mana , dari masakan yang termudah seperti resep temepe mendoan , resep tempe penyet , resep tempe orek , resep steak tempe , ataupun resep tempe bacem seperti pada resep yang akan Harian Resep bagikan kali ini . berbicara tentang tempe bacem , tempe bacem yang memiliki rasa yang enak khas adalah tempe bacem yang khas dari kota jogjakarta . rasa yang enak gurih dengan bumbu rempah pilihan membuat tempe bacem jogja menjadi salah satu makanan favorit untuk kalangan masyarakat luas .

Dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai tempe bacem . tempe bacem khas jogja dapat anda jumpai di tempat pedagang kali lima , seperti angkringan . berteman dengan nasi kucing beserta sambal yang pas pedas membuat tempe bacem memiliki rasa yang istimewa . jika diangkringan biasanya tempe bacem akan disajikan dengan dibakar . namun jika anda tidak terlalu suka dengan tempe bacem yang dibakar anda dapat langsung memakannya .

Selain disajikan diangkringan , tempe bacem juga sudah dapat anda jumpai dimana-dimana . dari warteg , rumah makan sunda , kedai tempe bacem , caffe bahkan restauran berbintang lima pun seolah-olah berlomba untuk menghadirkan tempe bacem dengan berbagai macam dan variasi bumbu nya . nah jika anda ingin mencicipi tempe bacem khas jogja , anda tidak harus pergi kekota jogja untuk sekedar menikmati tempe bacem khas jogja . karena dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan beserta mengikuti langkah-langkah pada resep tempe bacem yang kami bagikan dibawah ini anda sudah dapat menikmati tempe bacem di rumah . cekidot :D

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak

Bahan-bahan Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  • Tempe 1 papan ( dipotong-potong )
  • Air kelapa 1/2 liter ( untuk rasa yang lebih gurih )
  • Serai 1 batang ( geprak atau dimemarkan )
  • Lengkuas 1 ruas ( geprak atau dimemarkan )
  • Asam jawa 1/2 sendok teh
  • Daun salam 2 lembar

Bumbu halus Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  • Gula merah 3 sendok makan
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 4 siung
  • Kemiri 2 butir
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh

Cara Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak :

  1. Pertama-tama masukkan kedalam wajan 1/2 liter air kelapa yang sudah anda siapkan tadi , lalu masukkan bumbu halus dan bumbu lainnya seperti asam jawa , lengkuas , daun salam dan serai . aduk aduk hingga rata .
  2. Jika bumbu dan air kelapa sudah tercampur rata , lalu masukkan tempe , aduk sesekali dan biarkan air kaldu bumbu menyusut dan habis terserap oleh tempe .
  3. Jika sudah matang dan bumbu meresap , anda dapat segera menggoreng tempe bacem agar lebih gurih . namun jika anda belum ingin menikmatinya anda dapat menyimpan tempe kedalam wadah yang tertutup lalu simpan kedalam lemari es .
  4. Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak siap untuk dihidangkan .

Demikian bahan-bahan dan cara pembuatan tempe bacem khas jogja nya , cukup mudah bukan ? rasa yang enak dan gurih dari tempe bacem khas jogja terletak pada air kelapa nya , jadi usahakan menggunakan air kelapa jika ingin membuat tempe bacem yang enak lezat . anda dapat menyajikan tempe bacem khas jogja dengan nasi hangat beserta ayam goreng ataupun aneka masakan lainnya menurut selera anda . oh iya , jika anda suka dengan tahu atau tofu , anda juga dapat menambahkan tahu atau tofu kedalam tempe bacem yang anda buat .

Tempe bacem merupakan hidangan yang sederhana , namun memiliki rasa yang istimewa dan membuat anda berselera untuk segera menyantapnya bukan ? apalagi jika disajikan dengan sambal yang pedas ataupun sambal tomat sesuai selera anda , tentunya akan semakin nikmat , lezat dan makyus . nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Tempe Bacem Khas Jogja Enak ini dirumah yah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Menu Sarapan Pagi Praktis Sehat Bergizi yang patut untuk anda buat juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement