Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat - Lama juga admin ngga buat resep sambal ya , setelah kemarin-kemarin sibuk posting aneka Resep Kue Lebaran . akhirnya kali ini admin akan posting resep sambal yang super yumi . yup , sambal sederhana warisan nenek moyang ini memang nikmat sekali . rasanya yang lezat dan khas membuat lidah ingin bergoyang terus jika sudah nikmatinya .

Sambal yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng hingga matang , lalu diberi gula merah dan aneka bumbu rempah lainnya lalu diulek hingga sedikit lembut ini bernama kuah pecel atau sering disebut dengan sambal pecel . selain itu banyak juga yang menyebutnya sambal kacang ataupun kuah kacang . yah , apapun itu namanya , yang jelas sambal yang satu ini memiliki rasa yang super-super lezat dan makyus . 

Untuk Kuah pecel atau sambal pecel ini tentunya sangat khas sekali didaerah jawa , entah itu di jawa barat , jawa timur maupun jawa tengah . lain kota dan lain daerah , tentunya kita dapat membedakan citarasa sang kuah pecel . biasanya nih yang membedakannya itu dirasa asin dan manisnya . kayak misalnya untuk daerah sunda , mereka lebih cenderung suka dengan kuah kacang yang lebih terasa asin .

Berbeda lagi dengan kuah pecel yang dibuat oleh orang-orang jawa tengah dan jawa timur . untuk daerah ini biasanya rasa kuah pecel atau sambal pecel nya lebih mantap . karena untuk rasa asin , manis dan pedasnya lebih seimbang dan tentunya sama-sama lezat dong . untuk kuah pecel biasanya dinikmati dengan aneka sayuran yang direbus sesuai selera .

Namun untuk sekarang , kuah pecel atau sambal pecel ini bukan lagi dinikmati dengan aneka sayuran rebus saja . karena rasanya yang lezat seringkali dipadukan dianeka makanan lainnya . seperti siomay , ketupat bakwan , ketupat tahu dan lain sebagainya . nah bagi kalian yang sedang diluar kota , namun rindu akan sambal pecel khas jawa . kalian tepat sekali membuka Resep Kuah Pecel yang kami bagikan kali ini .

Karena admin akan membahas tentang kuah pecel yang super lezat , yang tentunya dari bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya dengan mudah . penasaran ? yasudah , tak panjang lebar lagi ya .. yuck segera disimak Bahan-bahan Dan Cara Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel nya seperti berikut ini . selamat mencoba :)

Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat

Resep Membuat Kuah Pecel , Sambal Pecel Lezat

Bahan-bahan Kuah Pecel :

  • Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kilo gram ( goreng hingga matang )
  • Gula merah / gula jawa ( gula aren ) 1/2 kilo gram ( disisir hingga halus ) 
  • Cabai merah keriting 150 gram ( dipotong-potong sepanjang 3 centi meter )
  • Cabai rawi merah 10 butir ( skip jika anda tidak suka pedas )
  • Bawang putih 7 siung
  • Kencur 6 buah ( ukuran 1 ruas jari )
  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Garam 3 sendok makan 
  • Air asam jawa 5 sendok makan ( rendam asam jawa dengan air panas untuk menghasilkan air asam yang kental )
  • Minyak 100 mili liter atau secukupnya ( digunakan untuk menumis bumbu )

Cara Membuat Kuah Pecel :

  1. Langkah awal , haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tadi dengan food processor , di ulek atau dengan blender . begitu juga dengan gula merah , proses hingga halus ya . jika sudah halus semua , campur kacang tanah dan gula merah menjadi satu . sisihkan .
  2. Selanjutnya panaskan 100 mili liter minyak goreng atau secukupnya , lalu goreng cabai , bawang putih , kencur , dan daun jeruk hingga semua bahan layu dan matang . angkat , tiriskan , haluskan .
  3. Selanjutnya tuang bumbu halus , garam , dan air asam ke dalam wadah berisi kacang tanah dan gula merah yang sudah dihaluskan tadi . aduk hingga rata . ( anda dapat mengaduknya dengan menggunakan tangan yang terbungkus dengan sarung tangan agar semua bumbu dapat tercampur dengan rata . aduk dan remas-remas semua bahan hingga sambal terasa mulai liat , lengket dan menggumpal ) . cicipi rasanya , jika ada yang kurang silahkan tambahakan sesuai selera .
  4. Terakhir masukkan sambal kedalam wadah tertutup rapat dan simpan di kulkas agar dapat bertahan lama , kurang lebih hingga 2 bulan . santap kuah pecel bersama sayur rebus atau siomay , selesai . 

Bahan-bahan kuah pecel diatas dibuat untuk mendapatkan sekitar 1 1/2 kilo gram kuah pecel . jika anda ingin membuatnya lebih sedikit atau lebih banyak silahkan kurangi atau tambahkan semua bahan-bahan yang akan digunakan . oh iya , dalam resep ini admin sengaja memakai kacang dengan kulit arinya untuk menghasilkan kuah pecel yang lebih gelap warnanya . namun , anda juga bisa menggunakan kacang tanah yang telah dikupas untuk menghasilkan warna yang lebih cerah .

Untuk menggoreng kacang tanahnya hati-hati ya , jangan sampai gosong agar hasil kuah pecelnya lezat sempurna tanpa ada rasa pahit karena menggunakan kacang yang gosong . saat menggorengnya harus hati-hati juga karena kacang suka meletup kala di goreng . untuk menghindari kegosongan , anda cukup menggoreng hingga kacang terlihat mulai berubah warna menjadi gelap saja . jangan sampai menggoreng kacang terlalu berlebihan karena kacang akan terus melanjutkan pematangannya bahkan saat telah diangkat dari minyak . 

Selain itu untuk menghindari kecipretan minyak panas ketika menggoreng cabai , anda dapat melakukan tips sederhana yang kami berikan . caranya belah bagian tengah cabai dengan pisau yang tajam , agar cabai tidak meletus saat digoreng . dan anda pun akan terhindar dari cipretan minyak panas yang sangat mengerikan :D hehehe . 

Yasudah , kami rasa cukup dalam pembahasan tentang Resep Kuah Pecel nya . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kuah Pecel, Sambal Pecel Lezat ini dirumah yah . jangan lewatkan resep sambal lainnya seperti Resep Membuat Abon Cabai Udang Pedas yang patut dicoba . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement