Resep Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda, Hasilnya Mekar dan Ngakak Banget!

Resep Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda - Setiap dapat resep baru jenis kue bolu kukus, selalu penasaran untuk segera mencobanya. Alhamdulilah, hasilnya merekah dan super ngakak. Happy!

Resep bolu kukus kapas tanpa soda yang hasilnya lembut dan ngakak ini ternyata cara buatnya gampang banget loh! Bahan-bahan yang digunakan juga cukup praktis dan terjangkau ditemui di mana-mana. Entah itu di TBK (toko bahan kue) atau swalayan terdekat dari rumah.

Coba Juga : Cara Membuat Resep Kue Ulat Sagu Hijau (Caterpilars Cookies)

Meski tak menghadirkan bahan soda / sprite di dalam adonannya, tak perlu kawatir ya. Karena sajian bolu kukus kapas tanpa soda ini akan mengembang dan mekar hasilnya seperti bolu kukus ngakak bersoda.

Rahasia agar bolu kukus kapas tanpa soda mekar dan mengembang sempurna adalah penggunaan air di dalamnya. Untuk air bisa juga diganti dengan menggunakan santan atau susu cair. Jadi Anda harus atur air, susu atau santan yang digunakan sesuai kebutuhan agar adonan dapat mengembang.

Cicipi Juga : Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Enak Untuk Arisan 

Oh iya, kali ini saya akan membuat bolu kukus kapas tanpa soda pelangi (rainbow) yang memiliki warna-warni cantik. Untuk mewarnai adonan, caranya cukup praktis dan simpel.

Apa lagi saya menggunakan resep bolu kukus kapas all in one metode, yang cukup di mixer adonannya jadi satu. Jadi sudah di pastikan anti gagal di pratekkan siapa saja asalkan mengikuti proses pembuatannya dengan seksama.

Wajib Coba : Resep Membuat Bolu Sakura Karamel Meises Cokelat

Dan untuk pewarnaan adonan, caranya setelah adonan sudah di aduk rata. Bagi adonan menjadi beberapa warna sesuai keinginan masing-masing. Gunakan pewarna makanan yang terjamin akan label halalnya. Saya menggunakan pewarna makanan merek koepo-koepo, gunakan beberapa tetes saja di setiap adonanya.

Setelah itu baru deh taruh adonan selang seling ke dalam cup kertas yang kemudian di kukus sampai matang. Penasaran ingin tahu bagaimana proses pembuatannya? Yuk langsung di simak selengkapnya seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda Merekah 

Resep Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda
Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda - Credit : @agustialidya88


Bahan Bolu Kukus : 

  • Telur utuh 2 butir
  • Putih telur 1 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • Terigu protein rendah/sedang 250 gram
  • Susu cair 130 mili liter
  • Sp/tbm 1 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh 
  • Vanili 1/4 sendok teh
  • Pewarna makanan sesuai selera

Langkah Membuat Bolu Kukus Kapas Merekah Pelangi :

  1. Campur semua bahan (all in one) kecuali pewarna makanan, mixer dengan kecepatan tinggi selama 20 menit, sampai adonan kental berjejak, sisihkan.
  2. Panaskan kukusan sampai air mendidih dan beruap banyak. 
  3. Selanjutnya bagi adonan menjadi beberapa warna yang di inginkan, beri pewarna sesuai selera. 
  4. Beri paper cup pada cetakan bolu kukus, tuang adonan warna satu lalu timpa dengan adonan yang telah di beri warna lainnya.
  5. Masukkan adonan ke dalam kukusan, kemudian kukus dengan menggunakan api besar kurang lebih selama 10 menit. Angkat, lakukan sampai adonan habis.
  6. Bolu kukus selembut kapas siap untuk di sajikan. Nyuumii!

7 Tips Membuat Bolu Kukus Kapas Anti Gagal :

  1. TBM yang digunakan harus baru atau masih bagus
  2. Setelah selesai mixer, biarkan dulu sebentar baru siap proses kukus
  3. Adonan ini bisa antri kok, maksimal 1 jam 
  4. Susu cair yang digunakan bebas, sesuai selera
  5. Kalau suka manis, gula bisa ditambahkan menjadi 450 gram
  6. Usahakan pakai tepung terigu protein rendah, jangan yang tingi biar adonan ringan.
  7. 1 resep bolu kukus kapas ini kurang lebih menjadi 22 cups ukuran sedang.
  8. Gunakan cetakan bolu kukus yang ada lubang-lubangnya agar adonan dapat mekar sempurna.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Bolu Kukus Kapas Tanpa Soda, Hasilnya Mekar dan Ngakak Banget!. Jangan lewatkan camilan terbaru dari kami seperti Es Kepal Milo Kekinian yang sayang jika terlewatkan.

Semoga bermanfaat :)


Advertisement