Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah

Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah - berbicara tentang bolu kukus , siapa sih yang tidak mengenal makanan ini ? mempunyai rasa yang enak , manis legit dengan warna yang cantik tentunya bolu kukus sudah tidak asing lagi bagi anda penikmat kue bukan ? seperti nama nya , bolu atau kue mekar ini dibuat dengan proses di kukus . namun ada juga bolu yang di olah dengan di oven , rasa nya tentu sama-sama enak .

Dalam pembuatan bolu kukus mekar tentunya sangat mudah dan tidak sulit . bahan-bahan yang diperlukan juga sangat mudah sekali dicari atau ditemukan . anda dapat mencari bahan-bahan yang diperlukan di aneka toko bahan kue ataupun ditempat belanja lainnya yang biasa anda kunjungi . dalam mencari bolu kukus memang tidak sulit , anda dapat temui bolu kukus dimana-dimana .

Dari pasar tradisional atau pun aneka toko kue yang terdekat dari tempat tinggal anda , pastinya mereka menjajakan bolu kukus bukan ? selain menjadi camilan keluarga , bolu kukus juga sering disajikan sebagai hidangan yang special diacara-acara tertentu . seperti acara arisan , acara kumpul keluarga , acara ulang tahun , lebaran idul adha ataupun idul fitri , khajatan atapun acara-acara lainnya . rasa yang enak , manis legit dari bolu kukus mekar memang cocok sekali menjadi hidangan diacara-acara special anda .

Bolu kukus mekar biasanya hanya berfokus dengan satu warna saja . misalnya warna coklat , cream , pink atau merah saja . namun karena banyaknya orang yang menyukai bolu kukus mekar , bolu kukus mekar pun sekarang sudah banyak aneka kreasi warnanya . dan yang paling populer atau tren saat ini adalah bolu kukus mekar dengan warna pelangi . campuran warna yang cantik pada bolu kukus mekar tentunya akan semakin menggoda anda untuk segera menikmatinya bukan ?

Nah jika anda biasanya menikmati bolu kukus mekar dengan membelinya diluaran sana seperti toko kue ataupun dipasar tardisional . kali ini tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat bolu kukus mekar ini sendiri dirumah loh . apalagi jika anda akan ada acara-acara tertentu dirumah , merupakan salah satu cara berhemat jika anda dapat membuat bolu kukus mekar sendiri . yasudah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuataannya silahkan simak artikel resep bolu kukus mekarnya dibawah ini .

Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah

Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah

Bahan-bahan  Bolu Kukus Mekar :

  • Gula pasir 200 gram
  • Telur 2 butir
  • Tepung terigu protein sedang 275 gram
  • Minuman bersoda tawar ( seperti sprite atau soda dll ) 225 mili liter
  • Emulsifier ( SP atau TBM ) 2 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Esens vanili 1/2 sendok teh
  • Pewarna makanan 1 ( misal warna merah , pink dll ) 2 tetes
  • Pewarna makanan 2 ( misal warna hijau , biru dll ) 2 tetes

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar :

  1. Pertama-tama campurkan gula pasir , telur , dan emulsifier lalu kocok dengan mixer sampai kaku , kurang lebih selama 10 menit .
  2. Kemudian ayak atau saring tepung terigu dan baking powder secara bergantian dan campur dengan minuman bersoda kemudian kocok-kocok perlahan . setelah itu masukkan esens vanila lalu aduk sampai rata .
  3. Selanjutnya agar kue bolu kukus lebih menarik anda dapat ambil 50 gram adaoanan untuk diberi pewarna 1 kemudian aduk sampai rata . kemudian ambil 50 gram adonan lagi dan beri pewarna 2 aduk-aduk sampai rata . lalu sisa adonan biarkan berwarna putih .
  4. Masukkan adonan putih kedalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas kue . lalu beri variasi dengan menambahkan adonan warna 1 dan warna 2 pada bagian atasnya .
  5. Terakhir kukus adonan bolu kurang lebih selama 10 menit dengan menggunakan api besar .

Tips Agar Bolu Kukus Mekar Mengembang :

  1. Pertama dalam membuat adonan bolu sebainya menggunakan air soda yang baru di beli . karena hasil kurang maksimal jika anda menggunakan air soda yang sudah pernah dibuka karena soda telah menguap .
  2. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi ketika mengocok adonan selama kurang lebih selama 10-15 menit . dan pastikan adonan benar-benar mengembang .
  3. Baiknya menggunakan cetakan dengan bahan alumunium yang berlubang . karena jika menggunakan bahan alumunium akan membuat panas secara merata ke dalam adonan dan hasilnya pun bolu kukus mekar akan mengembang maksimal .
  4. Kemudian dalam mengisi adonan di cetakan pastikan adonan sejajar dengan tinggi cetakan . karena jika tidak sejajar akan berdampak pada hasil bolu kukus yang tidak mengembang .
  5. Sebelum memasukan bolu dipengukus sebaiknya panci pengukus dipanaskan terlebih dahulu sampai air didalam panci mendidih .
  6. Lalu lapisi penutup panci pengukus dengan kain lap yang bersih , bertujuan agar kain dapat menyerap uap air sehingga air tidak menetes di bolu saat proses pengukukusan .
  7. Sebaiknya jangan sekali-kali anda membuka penutup panci kukusan sebelum kue benar-benar masak . karena biasanya waktu yang dibutuhkan agar bolu benar-benar masak sekitar 10 menit baru boleh dibuka .
  8. Untuk mengecek kematangan bolu sebaiknya anda menggunakan lidi untuk memastikannya . caranya yaitu dengan menusuk-nusuk adonan menggunakan lidi , jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi maka dapat dipastikan bahwa bolu kukus benar-benar sudah masak atau matang .

Dalam membuat bolu kukus memang sangat mudah , namun ada beberapa tips yang harus anda perhatikan , agar hasil bolu kukus anda dapat mengembang sempurna dan mempunyai rasa enak . nah itulah bahan-bahan , cara membuat dan tips dalam membuat bolu kukus mekarnya , cukup mudah mudah bukan ? yasudah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah ini dirumah . buka juga infromasi resep aneka kue lainnya seperti Resep Mmebuat Roti Buaya Tradisional Betawi Praktis yang dapat anda coba juga membuatnya dirumah .

Teriamaksih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement