Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis - Untuk anda penggemar masakan yang berbahan dasar ayam , tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan yang nama nya ayam bakar ? ayam bakar adalah salah satu masakan yang saya yakin disukai oleh semua kalangan masyarakat luas . dari yang dewasa , remaja dan anak-anak . tentunya mereka tidak akan pernah rela ketinggalan menikmati hidangan yang satu ini .

Memang banyak ayam bakar yang beredar di sekitar rumah anda , seperti di warung-warung makan , cafe dan ayam bakar sekelas resto . berbeda warung dan pengolahan pasti rasa yang diciptakan pun berbeda-beda , tergantung si bumbu yang dipakai dan cara mengolahnya . resep ayam bakar yang saya bagikan kali ini juga sangat special . karena saya tanyakan langsung ke kerebat saya yang memilki cafe ayam bakar yang sudah cukup terkenal dan sangat banyak memiliki pelanggan di daerah nya .

Jadi anda tidak usah kawatir akan resep ini , karena resep ayam bakar ini sudah terjamin akan kualitas rasanya . yang pastinya akan membuat anda dan keluarga anda ketagihan jika memasak resep ayam bakar ini . dalam mengolah ayam bakar di resep ini juga sedikit berbeda , karena memakai bumbu-bumbu yang super fres . tidak seperti ayam bakar pada umumnya yang hanya direbus dengan bumbu sampai bumbu asat lalu dibakar .

Memang didalam resep ayam bakar special ini juga mengalami tahapan ayam direbus dengan bumbu terlebih dahulu . tapi didalam resep ayam bakar special ini ayam hanya direbus sebentar saja . kira-kira ayam sudah matang atau ayam berubah warna menjadi kekuningan tanpa harus menunggu sampai air asat dan bumbu menempel bersama ayam . bumbu yang digunakan untuk merebus ayam dalam resep ayam bakar ini juga sangat sederhana .

Hanya membutuhkan satu saset bumbu kuning siap saji atau anda dapat mengguleknya sendiri dirumah . pasti anda tahu kan bumbu untuk ayam ? buat anda yang benar-benar pemula yang sedang belajar masak , nanti saya kasih tahu deh resep bumbu kuning untuk merebus ayamnya . nah untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuat ayam bakar special ini dengan tepat silahkan lihat dibawah ini .

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis

Bahan Utama :

  • Satu ekor ayam dipotong menjadi 8 bagian 
  • Mentega

Bumbu Halus Rebusan Ayam bakar :

  • 7 siung bawang putih
  • Ketumbar ( secukupnya )
  • 1 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 2 sendok teh garam
  • Sedikit bumbu penyedap ( masako rasa sapi )

Bumbu saos Untuk Membakar Ayam :

  • 1 botol kecil saos cabai ABC atau bisa saos cabai apa saja
  • 2 buah bawang putih ( diuleg atau diiris tipis kecil ) campurkan jadi satu , aduk dan siapkan dimangkok .

Bumbu Sambal Kecap Untuk Membakar Ayam :

  • 1 botol kecil Kecap manis bangau atau bisa kecap apa saji
  • 10 buah cabe rawit merah ( diiris kecil )
  • 4 buah awang merah ( diiris tipis )
  • 2 butir Jeruk nipis ( di iris , peraskan airnya ke dalam sambal kecap ) lalu celupkan jeruk nipis nya ke dalam sambal , agar lebih segar dan wangi . campur semua bahan , aduk hingga rata lalu siapkan dimangkok .

Cara Membuat Ayam Bakar Special :

  1. Pertama cuci ayam terlebih dahulu hingga bersih .
  2. Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukan ayam yang sudah dicuci bersih dan air secukupnya ( rebus ) , tunggu hingga mendidih atau matang , angkat .
  3. Jika anda menggunakan bumbu kuning yang instan , caranya masukan air kedalam wajan atau panci rebusan , lalu masukan ayam . tunggu hingga mendidih atau matang , angkat .
  4. Olesi ayam dengan mentega lalu bakar , jika sudah wangi olesi ayam dengan saos bolak balik lalu bakar lagi hingga berubah warna .
  5. Setelah ayam berubah warna olesi ayam dengan sambal kecap bakar lagi , bolak balik trus agar ayam matang merata .
  6. Oleskan beberapa kali saos dan kecap menurut tingkat kepedasan yang anda inginkan sampai ayam benar-benar matang . 
Selesai , tips agar bumbu bakar meresap , gebrek ayam terlebih dahulu atau peyet sedikit ayam agar bumbu bakar meresap ke dalam ayam . hasilnya bakal T.O.P banget deh , jangan sampai anda melewatkan resep ayam bakar special ini yah . karena hasilnya uenak banget , berbeda dengan ayam bakar biasanya . jangan samapai nyesel deh karena melewatkan resep ayam bakar special ini yang sangat mudah dibuat dirumah sebagai menu masakan untuk keluarga atau sebagai masakan selingan sehari-hari dirumah anda .

Jika anda penyuka pedas , anda dapat menikmati ayam bakar special ini dengan sambal agar lebih nikmat . tapi untuk anda yang tidak terlalu suka pedas , resep ayam bakar special ini juga sudah cukup pedas untuk anda . berbicara soal sambal , kayanya ada yang kurang kalau memakan ayam bakar sama sambal tanpa adanya lalapan ? anda bisa menambahkan lalapan seperti timun , kol , daun kemangi atau daun selada saat menikmati lezatnya ayam bakar special ini agar lebih segar .

Nah kayanya segini saja Resep Ayam Bakar Special Pedas Manis nya . semoga resep ayam bakar special ini dapat membantu anda yang sedang ingin memasak ayam bakar sendiri dirumah . oh ia , jika saos dan sambal kecap masih tersisa dan sayang jika anda buang , anda bisa membuat tempe dan tahu bakar dengan sisa saos dan sambal kecap tersebut loh . caranya gampang , tinggal goreng tempe dan tahu dengan bumbu air royco lalu bakar seperti cara membakar ayam bakar special . jangan lupa diolesi mentega dulu ya , selamat mencoba .

Advertisement