Resep Kue Donat Kentang Yang Empuk Dan Enak

Resep Kue Donat Kentang Yang Empuk Dan Enak -  Kue donat adalah kue yang memiliki ciri khas berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya. umumnya kue donat ini dibuat dengan bahan utama tepung terigu. namun akhir-akhir ini kue donat dapat dikreasikan dengan berbagai bahan-bahan yang dapat menunjang kue donat menjadi semakin bercitarasa yang berbeda dari biasanya.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kue donat adalah Ubi jalar, Labu kuning dan Kentang. Untuk donat yang menggunakan bahan tambahan ubi jalar biasanya disebut dengan Donat Ubi Jalar. sedangkan untuk Kue Donat yang adonannya dikombinasikan dengan Labu kuning biasanya disebut dengan Donat Labu kuning.

Nah, untuk saat ini yang sangat populer dari kue donat adalah Kue Donat Kentang. yups, kue donat klasik yang diberi adonan kentang rebus yang dihaluskan akhir-akhir ini menjadi primadona kue donat. Kue donat kentang yang memiliki tekstur yang lebih empuk dan enak dari biasanya membuat banyak orang menjatuhkan hati kepada Kue Donat Kentang.

Cara membuat kue donat kentang tentu saja sangat mudah dan praktis. anda tak akan kesulitan dalam membuatnya, hanya saja anda akan dibuat menunggu saat proses mendiamkan adonan agar adonan kue donat kentang mengembang. Tips dalam membuat donat kentang yang enak dan empuk adalah saat mengorengnya.

Proses penggorengan donat kentang harus menggunakan api sedang yang cenderung kecil. bertujuan agar donat kentang matang merata dan dapat empuk dengan waktu yang cukup lama. nah, untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuat donat kentang nya silahkan simak artikel resepnya seperti berikut ini.

Resep Kue Donat Kentang dan Cara Membuat

Resep Kue Donat Kentang dan Cara Membuat

Bahan-bahan Adonan Kue Donat kentang :

  • Terigu protein tinggi 750 gram
  • Susu bubuk full cream 75 gram
  • Ragi instant 1 1/2 bungkus atau 16 gram
  • Kentang 300 gram ( dikukus lalu dihaluskan dan tunggu hingga dingin )
  • Gula halus 150 gram
  • Mentega 110 gram
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Kuning telur 6 butir 
  • Air dingin 150 ml

Cara Membuat Kue donat kentang :

  1. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk full cream dan ragi instan aduk-aduk hingga rata. tambahkan kentang dan aduk hingga kentang benar-banar tercampur rata. masukan kuning telur beserta air dingin, uleni sampai benar-benar rata dan kalis. tambahkan mentega serta garam, uleni lagi sampai benar-benar kalis elastis. diamkan adonan selama 15 menit.
  2. Bagi adonan menjadi 18 buah donat atau menurut selera anda, bulatkan lalu diamkan selama 20 menit dan tunggu hingga adonan mengembang.
  3. Lubangi bagian tengahnya ( dapat menggunakan dua jari telunjuk ) lalu panaskan minyak yang banyak hingga donat terendam minyak saat menggoreng ( deep frying ), goreng menggunakan api sedang yang cenderung kecil hingga donat berwarna kuning keemasan.
  4. Angkat lalu tiriskan , taburi donat kentang dengan gula donat selesai .

Itulah bahan-bahan dan cara membuat donat kentang yang empuk dan enaknya, cukup mudah bukan? selain dihidangkan begitu saja, anda juga dapat menamburkan aneka toping sesuai selera. misalnya donat kentang yang diberi toping aneka meses seperti meses coklat, meses warna warni, selai stroberry, keju, kacang almond, gula icing atau gula halus dan lain sebagainya menurut selera seperti Donat Ala JCO dan Donat Ala Dunkin Donut.

selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Kue Donat Kentang Yang Empuk Dan Enak ini dirumah. buka juga informasi aneka camilan lainnya seperti Resep Brownies Praktis Tanpa Mixer Dan Oven yang wajib anda coba dirumah. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat. sekian :)

Advertisement