Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih

Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih - Untuk anda yang tinggal di daerah jawa barat , seperti bandung , ciamis , sukabumi , bogor dan sekitarnya pasti anda tidak asing lagi dengan nikmatnya nasi liwet . bagaimana tidak , nasi liwet dalam sunda itu adalah salah satu makanan yang harus tersedia saat ada acara-acara tertentu atau makanan yang bisa dinikmati disetiap waktu . walaupun saya bukan asli orang bogor atau sunda , tapi karena tiga tahun kebelakang saya tinggal di cibinong bogor saya jadi lebih suka dengan nikmatnya nasi liwet dari pada nasi biasa .

Saya juga aneh , kenapa terasa sangat nikmat jika makan dengan nasi liwet dan saya jadi sangat menyukainya . mungkin karena terbawa oleh teman-teman kerja saya kemarin yang kebanyakan asli pribumi bogor kali yah . karena disetiap kesempatan saya bermain kerumah teman atau makan diluar bersama teman-teman saya pasti menu yang diburu adalah masakan khas sunda yang pastinya menggunakan nasi liwet yang sangat nikmat ini . biasanya diwarung-warung khas sunda hanya dengan merogoh kantong lima ribu rupiah saja anda sudah mendapatkan satu porsi nasi liwet yang hangat .

Selain membakar jagung dan membakar sate dalam menanti detik-detik pergantian tahun , orang sunda juga sering mengadakan masak-masak bersama teman-temannya atau saudara-saudaranya dirumah . seperti tahun baru kemarin , saya bersama teman-teman kerja saya juga mengadakan masak-masak yang tentunya tidak lengkap jika tidak memasak nasi liwet . perlu anda ketahui , nasi liwet yang ditambahkan teri sebagai campurannya akan menghasilkan nasi liwet yang sangat gurih dan nikmat . apalagi kebanyakn orang sunda suka dengan asin , jadi nasi liwet yang dicampur teri akan menciptakan nasi liwet asin gurih .

Ternyata bukan hanya saat acara pergantian tahun saja nasi liwet dimasak . saat menjalankan ibadah puasa atau bulan ramadhan , sebelum idul fitri tiba biasanya selalu mengadakan buka bersama . kalau anda asli orang sunda anda pasti tahu istilah curcurak ? curcurak yaitu acara masak-masak bersama yang dinikmati untuk berbuka puasa bersama beberapa hari sebelum lebaran tiba . karena saya tiga tahun tinggal dibogor , saya juga pernah curcurak tiga kali bersama teman-teman saya .

Apakah anda salah satu pencinta nasi liwet ? dengan menggunakan sedikit kerja keras dan beberapa waktu saja sebenarnya anda bisa membuat nasi liwet teri khas sunda ini dengan mudah dirumah loh . hanya menggunakan rice cooker saja , nasi liwet teri khas sunda yang enak dan gurih dapat anda santap dirumah bersama keluarga anda . untuk anda yang ingin mengetahui bahan-bahan dan cara pembuatannya dengan jelas , silahkan lihat bahan-bahan dan cara pembuatannya dibawah ini .

Resep Nasi Liwet Teri Khas Sunda Gurih

Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih

Bahan-bahan Nasi Liwet Teri :

  • Beras pulen ( contoh cianjur jika ada ) 1 liter
  • Air bersih secukupnya 
  • Bawang putih 6 siung
  • Daun sereh ( dikeprek ) 2 batang
  • Daun salam 5 lembar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa ( seperti royco atau masako bisa rasa ayam atau sapi )
  • Ikan teri 1 ons

Cara Membuat Nasi Liwet Teri :

  1. Cuci bersih beras terlebih dahulu .
  2. Kupas bawang putih , kemudian goreng sampai kering dan harum lalu tiriskan .
  3. Masukan air dan beras kedalam rice cooker ( saat memasak nasi liwet , air tambahkan sedikit berbeda dengan mamasak nasi biasanya )
  4. Masukan ikan teri , daun sereh , daun salam , penyedap rasa , garam dan bawang putih yang sudah digoreng kedalam rice cooker .
  5. Aduk sampai bumbu merata dan tunggu hingga masak . selesai
Walaupun saya bukan asli orang sunda tapi tak ada satupun makanan khas sunda yang saya tidak suka terutama nasi liwet teri ini . mungkin karena efek tiga tahun tinggal ditanah sunda kali yah ? nasi liwet teri kurang afdol jika tidak berteman dengan sambal , lalapan dan tempe goreng . pokoknya saya makan bisa menang banyak deh kalo sudah disajikan makanan khas sunda yang satu ini manteeeeep banget soalnya hihiihi

Kalo sudah terkumpul nasi liwet teri , sambal , lalapan dan tempe goreng pastinya pengin ada yang gurih-gurih enak gitu kan . seperti ayam goreng , ayam bakar , lele goreng , belut cabe ijo , pepes ikan , ikan mas goreng dan lain-lainnya yang pastinya akan menambah nabsu makan anda . uhhh , gurih-gurih nyooy deh pokoknya hehhee apa lagi jika ditambahkan dengan petai bakar atau tumis jengkol dijamin menang banyak deh makannya . orang sunda kan suka banget tuh sama yang namanya petai dan jengkol . makanan ini juga salah satu teman setia nasi liwet yang tersedia warung-warung khas sunda .

Tidak usah kawatir akan bau sang petai dan sang jengkol yah , sekarang sudah jaman canggih kok . tinggal minum air putih yang banyak , konsumsi timun atau minum kopi hitam bau petai dan jengkol itu bakal kabur . jika anda masih kurang pede , tinggal sikat gigi saja dan kumur dengan larutan penyegar bau pete dan jengkol pun bener-bener ngacir deh hihihi atuh soal bau mah belakangan yang penting kan makan enak , iya engga ? hehhehe

Makan nasi liwet juga terasa kurang jika tidak ada tumis kangkung sebagai temannya . ngomong-ngomong soal tumis kangkung nih , saya jadi keinget pas curcurak lebaran kemarin . saat saya memasak tumis kangkung saya lupa masukin gula pasir dan kecap manis kedalam tumis kangkungnya . mungkin karena lidah saya lidah orang jawa tengah yang kalo masak harus ada asin , manis dan pedasnya kali yah , berbeda dengan orang sunda yang pencinta asin dan pedas saja . dan hasilnya , saya dimarahin sama teman-teman saya yang benar-benar asli orang sunda karena mereka tidak suka dengan manis .

Mungkin itu salah satu pengalaman yang buruk bagi saya , tapi tidak masalah lah karena dari mereka saya jadi mengenal yang namanya nasi liwet khas sunda yang sangat enak dan gurih hehehge . oh iya , gimana dengan Resep Nasi Liwet Teri khas Sunda Gurih yang saya bagikan ini , cukup mudah untuk anda buat dirumah kan ? resep nasi liwet teri ini untuk sepuluh porsi dimasak kurang lebih selama satu jam . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep ini , semoga bermanfaat .

Advertisement

iklan