Resep Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis

Resep Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis - Kue yang enak dan lezat hadir lagi diindonesia , ya kue cucur . kue tradisional khas betawi , manado atau jawa ini memang sudah cukup terkenal di indonesia . mempunyai rasa yang manis gurih dan sedikit berminyak membuat kue cucur ini sangat nikmat jika di nikmati bersama minuman hangat seperti kopi , teh manis dan lain nya menurut selera . apa lagi bagian pinggirnya yang renyah dan serat kuenya yang empuk menambah sensai tersendiri ketika menikmatinya .

Selain sebagai kue khas betawi , manado dan jawa , kue cucur sendiri juga sudah cukup terkenal di kalimantan tepatnya di kalimantan barat . di kalimantan barat kue cucur yang terkenal enak dan gurih ini cukup populer dengan sebutan kue tumpi . ya , kue tumpi atau kue cucur khas betawi , manado dan jawa ini biasa disajikan oleh penduduk asli ketika perayaan hari besar atau pun pesta adat . sebagai salah satu kue yang wajib untuk dinikmati oleh penduduk sekitar .

Terbuat dari tepung beras , tepung terigu , gula merah dan bahan-bahan lainnya yang cukup mudah didapat ini membuat begitu banyak orang yang memanfaat kan nya sebagai ladang usaha mereka . jadi tidak usah asing lagi jika menemui kue cucur sangat lah mudah . kue cucur biasanya di jajakan di pasar tradisional , namun karena kemajuan jaman kue cucur pun sekarang hadir di mana-mana . dari toko kue , warung jajanan dimall-mall , bahkan ada salah satu tempat toko kue yang menyajikan kue cucur sebagai salah satu menu andalan nya dengan bentuk dan variasi yang sangat menggoda selera .

Nyam-nyam , empuk , enak , manis dan gurih mungkin itu kata-kata yang tepat jika mendengar kue cucur khas betawi , manado atau jawa ini . di bandrol dengan harga dua ribu hingga limaribu rupiah per pcs nya , kue cucur yang enak dan gurih ini termasuk kue atau jajanan yang dapat di bilang cukup ekonomis . walaupun cukup ekonimis , namun tidak ada salahnya jika membuat kue cucur sendiri dirumah lohh . tentunya akan lebih menyenangkan dan lebih seru jika anda membuat sendiri dirumah bukan ?

Bahan-bahan yang terjangkau dan tidak ada trik khusus dalam pembuatannya mungkin akan menjadi salah satu yang membuat anda tertarik untuk membuat kue cucur ini dirumah . nah untuk anda yang ingin membuat kue cucur namun tidak tahu bahan-bahan yang digunakan beserta cara membuat nya . anda tepat sekali membuka resep ini , karena kali ini saya akan membahas habis tentang kue cucur dari bahan-bahan yang digunakan beserta cara membuatnya dengan cukup mudah dan praktis . untuk lebih jelasnya silahkan lihat artikel resep kue cucur nya dibawah ini .

Resep Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis

Resep Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis

Bahan-bahan Kue Cucur Enak Praktis :

  • Tepung beras 300 gram
  • Tepung terigu 30 gram
  • Gula merah atau gula jawa 150 gram ( disisir halus )
  • Gula pasir 100 gram
  • Air 450 mili liter
  • Sedikit garam ( agar terasa gurih )
  • Daun pandan ( boleh menggunakan boleh tidak )
  • Secukupnya minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis :

  1. Pertama-tama rebus menjadi satu air , gula merah , gula pasir dan daun pandan hingga larut , angkat , disaring lalu diamkan hingga hangat kuku .
  2. Kemudian campur menjadi satu tepung terigu , tepung beras dan garam , lalu tuang larutan gula dengan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dengan tangan atau sendok sayur hingga rata .
  3. Selanjutnya setelah adonan kental , pukul-pukul dengan telapak tangan selama kurang lebih 30 hingga 40 menit sambil terus dituangi larutan gula sedikit demi sedikit hingga air gula habis , kemudian diamkan hingga 40 menit .
  4. Siapkan minyak dalam wajan cekung , tunggu hingga minyak benar-benar panas . lalu tuangkan 1 sendok adonan cucur , siram-siram dengan minyak panas hingga mengembang serta berserat dan pinggirnya membeku . kemudian tusuk bagian tengahnya dengan lidi agar adonan yang masih mentah lari ke pinggir . kemudian siram-siram lagi dengan minyak panas , balik sebentar lalu angkat .
  5. Ulangi langkah diatas sampai adonan benar-benar habis .
  6. Sajikan dipirng saji selagi hangat agar lebih makyuss , selesai .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara membuat kue cucur salah satu kue tradisional indonesia yang enak dan gurih nya . oh iya pastikan bahwa minyak dalam keadaan panas setiap sebelum menuang adonan sehingga hasilnya dapat menggembang dan berserat sempurna . dan jangan lupa sebelum menuang adonan kue cucurnya harus di aduk terlebih dahulu agar adonan merata . jika anda tidak suka kue cucur yang terlalu banyak minyak nya , anda dapat taruh tissu yang bagus yang tidak menempel ke makanan agar minyak dalam kue cucur menyerap ke dalam tissu .

Silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cara Membuat Kue Cucur Enak Praktis ini . anda dapat menyajikan kue cucur sebagai salah satu menu camilan yang enak dirumah atau sebagai menu camilan vaforit keluarga dirumah . buka juga informasi resep kue lainnya seperti Resep Membuat Rainbow Cake Enak Lembut yang wajib anda coba juga dirumah . terimakasih sudah membuka blog kami , semoga resep-resep yang kami sajikan bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyajikan hidangan yang belum anda ketahui bahan-bahan dan cara membuatnya sebelumnya . sekian :)

Advertisement