Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar

Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar - Jika sebelumnya kami mengulas tentang sedap dan nikmatnya asinan sayur yang terkenal dari jakarta khas betawi . masih bertema dengan asinan , kali ini kami Harian Resep akan mengulas tentang asinan buah yang sangat khas dan terkenal dari kota bogor . berbicara tentang asinan buah bogor , apakah anda menyukainya ? asinan buah khas bogor yang mempunyai rasa yang asin , manis , pedas dan gurih ini memang sangat menggoda selera .

Segarnya buah akan semakin terasa segarnya jika dicampurkan dengan kuah asinan yang asin , manis , gurih dan pedas . hmm nyumii , sangat cocok dinikmati saat siang hari untuk menyegarkan tubuh . seperti asinan sayur jakarta , asinan buah kota bogor ini juga sering kali menjadi makanan incaran bagi para ibu muda yang sedang hamil muda . segarnya cuka yang dibuat sedemikian rupa dikenal konon dapat membuang rasa mual saat hamil muda . percaya atau tidaknya silahkan coba sendiri , karena kami belum merasakan hamil muda hheeheheh .

Bahan-bahan asinan buah bogor sebenernya menggunakan aneka buah-buahan yang hampir sama persis dengan rujak atau lutis . cuman bedanya disini asinan buah bogor mengalami proses pengacaran melalui pengasinan makanan dengan garam dan pengasaman menggunakan air cuka . sangat berbeda dengan rujak atau lutis , karena buahnya asli dan tidak mengalami proses pengacaran . dan yang membuat berbeda disini juga terletak pada kuah asinannya yang berbentuk air segar yang dibumbui berbagai macam bumbu .

Tidak seperti pada rujak atau lutis yang menggunakan kacang tanah goreng dan gula merah saja dalam pembuatan bumbunya . asinan buah bogor sendiri juga makanan yang cukup awet atau dapat bertahan sedikit lama jika dalam penyimpanan benar dalam wadah yang bersih yang tertutup rapat . berbeda dengan rujak atau lutis jika sehari tidak dimakan saja rasanya sudah beda dan terasa tidak segar lagi . asinan buah bogor biasanya dijual digerobak kaki lima dalam wadah-wadah toples kaca atau di toko yang menyajikan asinan buah khas bogor .

Nah untuk anda yang bukan asli warga bogor namun ingin sekali mencicipi dan menikmati segarnya asinan buah khas bogor ini . anda tidak harus ke kota bogor , anda cukup membuatnya saja dirumah . karena pada kali ini Harian Resep akan membagikan komplit dari bahan-bahan dan cara pembuatan asinan buah kota bogor yang sangat mudah . nah untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan lihat , catat atau praktek langsung dengan resep asinan buah khas bogornya dibawah ini .

Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar

Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar

Bahan-bahan Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar :

  • Air putih matang 200 mili liter
  • Gula pasir 100 gram
  • Kedondong 150 gram ( dipotong-potong dan jangan lupa dibuang isinya )
  • Mangga yang setengah matang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Pepaya setengah matang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Bengkuang 150 gram ( diiris sesuai selera )
  • Ubi merah 150 gram ( diris sesuai selera )
  • Nanas 150 gram ( diiris sesuai selera )

Bahan-bahan Kuah Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar :

  • Air 500 mili liter
  • Cuka 1/2 sendok teh
  • Cabai merah 20 buah ( diulek atau dihaluskan )
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar :

  1. Pertama-tama masak air dengan gula pasir , masak hingga gula larut .
  2. Kemudian masukkan buah kedondong yang sudah diris tadi ke dalam larutan gula rendam terus selama kurang lebih 4 jam . bertujuan agar bumbu meresap .
  3. Jika sudah direndam selama kurang lebih 4 jam , angkat buah kedondong lalu tiriskan .
  4. Selanjutnya ambil air lalu rebus ksemua bahan kuah asinannya kecuali cuka , saring lalu tunggu hingga dingin .
  5. Jika kuah sudah dingin lalu masukkan cuka , aduk hingga rata .
  6. Terakhir masukkan semua buah-buahan yang sudah anda siapkan tadi seperti pepaya , bengkuang , nanas dan lain sebagainya . kemudian diamkan kurang lebih selama 4 jam , agar bumbu yang terdapat pada kuah asinan meresap ke dalam buah .

Anda dapat menambahkan kacang tanah goreng dan kerupuk mie saat menyajikan asinan buah atau asinan bogor ini agar terasa lebih makyus . Bahan-bahan yang mudah di dapat dan sangat terjangkau membuat asinan buah atau asinan bogor sangat mudah untuk dibuat dirumah . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional atau ditempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat tinggal anda . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Asinan Buah Khas Bogor Asli Segar ini . buka juga infromasi resep aneka camilan lainnya seperti Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement