Resep Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak

Resep Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak - makanan tradisonal indonesia yang enak hadir lagi . makanan yang sederhana namun memiliki rasa yang enak dan gurih ini sering disebut dengan combro . apakah anda juga menyukai combro ? jika anda penyuka gorengan tentunya combro sudah tidak asing lagi untuk anda bukan ? memiliki rasa yang enak dan gurih combro salah satu makanan tradisonal indonesia ini berasal dari kota bandung .

Mengggunakan bahan dasar atau pokok singkong yang diparut lalu dibuat bentuk lonjong , diisi sambel oncom dan digoreng ini memang sudah sangat cukup terkenal di berbagai kalangan masyarakat luas . dari para pemuda-pemudi hingga orang dewasa tentunnya mereka sangat menyukai combro . orang-orang menyebut makanan ini dengan sebutan combro karena akronim dari oncom di jero . yang jika di artikan ke dalam bahasa indonesianya bermakna oncom didalam . 

Selain terkenal dengan nama combro , combro sendiri juga terkenal juga dengan sebutan nama comro ataupun garnet . untuk anda yang tinggal dikota bandung dan sekitar nya tentunya julukan ini juga tidak asing lagi bagi anda bukan ? jika sebelumnya kami membahas tentang combro dengan variasi keju parut diluar nya Resep Membuat Combro Keju . kali ini kami akan membahas combro dengan rasa oryginal yang pastinya akan membuat anda ketagihan untuk terus menikmatinya .

Sensasi kriuk diluar dan sensasi pedas didalam dari sambal oncom memang sangat menggugah selera . karena begitu banyak yang menyukai combro , para pedagang combro pun banyak yang mengkreasikan tingkatan akan kepedasan sambal oncomnya . dari yang biasa , sedang , pedas atau pun pedas sekali yang terkanal dengan combro setan . combro setan saat ini sangat terkenal didaerah karawang .

Untuk saat ini makanan yang memiliki rasa sangat pedas memang sedang tren dengan nama setan . bukan berarti karena bentuk nya yang seram seperti setan yah , tapi julukan untuk menarik perhatian para pecinta kuliner . nah untuk anda dirumah yang penasaran akan rasa combro khas bandung ini , anda tidak harus kebandung loh . anda cukup membuatnya saja dirumah dengan mengikuti bahan-bahan dan cara pembuatannya seperti berikut ini .

Resep Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak

Resep Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak

Bahan-bahan Combro Khas Bandung Asli Enak :

  • Singkong 500 gram ( yang sudah dikupas dan dicuci bersih )
  • Kelapa 100 gram
  • Tepung kanji 2 sendok makan
  • Daun bawang 1 batang ( dipotong kecil-kecil )
  • Garam halus 1/2 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya 

Bahan-bahan Isi Combro Khas Bandung Asli Enak :

  • Oncom 150 gram ( ditumbuk kasar )
  • Bawang putih 2 buah
  • Bawang merah 2 buah
  • Daun bawang 1 batang ( dirajang kecil-kecil )
  • Cabai merah 3 buah
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya ( disesuai menurut selera )
  • Secukupnya gula pasir ( disesuai menurut selera )

Cara Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak :

  1. Pertama-tama parut singkong lalu peras , bertujuan untuk membuang kandungan air pada singkongnya . kemudian parut juga kelapa , campur keduanya lalu uleni . tambahkan tepung kanji , irisan daun bawang dan sedikit garam menurut selera . selanjutnya aduk hingga adonan menjadi merata . tiriskan kembali untuk membuang kelebihan airnya . 
  2. Selanjutnya haluskan bahan-bahan untuk isi combro yaitu bawang merah , bawang putih , serta cabai merah nya . setelah bahan-bahan halus , tumis dalam wajan  hingga wangi . sesudah itu tambahkan oncom , bubuk merica , daun bawang , sedikit garam plus gula pasir lalu oseng atau tumis hingga semua bahan tercampur rata . jika sudah matang , angkat lalu sisihkan .
  3. Untuk membuat combro , pertama-tama ambil adonan singkong yang sudah dicampur dengan kelapa sebeumnya kurang lebih sekepal tangan , kemudian pipihkan lalu tambahkan bahan isi oncom yang sudah ditumis tadi . gulung adonan hingga isi oncom tersebut tertutup rapat . bentuk adonan combro dengan bentuk bulat lonjong atau menurut selera . lakukan hingga semua adonan habis .
  4. Terakhir , panaskan minyak goreng dalam wajan , goreng combro hingga berubah warna menajdi berwarna kuning kecoklatan . jika sudah dirasa matang angkat , tiriskan lalu sajikan selagi hangat .

Combro yang masih hangat sangat enak jika dinikmati sebagai teman ngeteh atau ngopi . salah satu makanan atau camilan yang asyik jika disajikan saat berkumpul dengan teman atau keluarga . makanan yang sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat akan memudahkan anda untuk membuatnya sendiri dirumah . keluarga tercinta pasti senang , karena dihidangkan combro makanan atau camilan yang enak dan gurih nikmat .

So , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Combro Khas Bandung Asli Enak ini dirumah . pastikan anda membuat combro nya yang banyak yah , karena kasus dirumah-rumah jika menghidangkan combro dengan seketika combro akan cepat hilang hehehehe . silahkan buka juga informasi resep-resep makanan atau camilan lainnya seperti Resep Membuat Pisang Goreng Kipas Special Renyah Mudah yang patut untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement