Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah

Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah - Emping melinjo adalah makanan atau camilan sejenis kerupuk yang memiliki rasa gurih , asin dan sedikit pahit namun sangat enak jika dinikmati . biasanya emping melinjo dinikmati begitu saja sebagai camilan . tapi dapat juga sebagai teman makan nasi dengan lauk sayuran , soto , bakso , gado-gado dan lain sebagainya . rasa yang gurih dan sedikit pahit membuat sensasi yang berbeda di setiap gigitannya .

Emping melinjo sendiri mempunyai dua bentuk , dari emping yang tipis melebar dan ada juga emping kecil yang bentuknya sedikit tebal . emping yang mempunyai bentuk tipis dan melebar biasanya digunakan sebagai teman saat menikmati soto atau gado-gado . rasa yang enak gurih sangat pas dipadukan dengan bumbu kacang dari soto dan gado-gado . berbeda dengan emping yang memiliki bentuk kecil dan sedikit tebal ( biasa disebut dengan emping klatak ) yang memiliki rasa emping lebih stong dibanding emping yang bentuk tipis .

Emping klatak biasanya disajikan sebagai camilan yang enak dirumah . misalnya sebagai hidangan camilan menyambut tamu , saat nonton tv atau sebagai camilan yang enak saat berkumpul . rasa yang asin , gurih dan enak dari emping memang sangat menggoda selera untuk segera menghabiskan nya . karena kegemeran masyarakat akan emping , emping melinjo pun sekarang sudah terdapat banyak variasi bentuk dan rasanya .

Dari emping asin , manis dan emping pedas manis seperti yang akan Harian Resep bagikan . emping aneka rasa ini biasanya terkenal dari kota cirebon . bumbu manis atau pedas manis yang menempel disetiap emping melinjo membuat emping semakin memiliki rasa yang enak dan gurih . sangat nikmat dinikmati bersama keluarga tercinta dirumah .

Nah untuk anda yang ingin mencoba membuat emping melinjo pedas manis dirumah tapi tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatannya . mungkin anda dapat berbahagia , karena kali ini Harian Resep akan membahas habis tentang emping pedas manisnya dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta dengan cara pembuatannya dengan mudah . bumbu yang enak dan pas untuk emping melinjo pedas manis ini juga sangat cocok untuk kentang atau tempe , jadi kering kentang atau kering tempe gitu . yasudah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan emping pedas manisnya silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah

Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah

Bahan-bahan Emping Melinjo Pedas Manis Enak :

  • Emping Melinjo Klatak ( emping yang kecil tebal ) digoreng  200 gram 

Bumbu-bumbu Emping Melinjo Pedas Manis Enak :

  • Cabai merah 5 buah ( diiris tipis lalu digoreng )
  • Bawang putih 3 siung ( dihaluskan )
  • Daun salam 2 lembar 
  • Daun jeruk 5 lembar ( Disobek-sobek )
  • Serai 2 batang ( dimemarkan )
  • Lengkuas 2 centi meter ( dimemarkan )
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam atau kaldu bubuk 1/4 sendok teh atau sesuai selera

Cara Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak :

  1. Pertama-tama tumis bawang putih hingga wangi , lalu masukkan semua bumbu-bumbu lainnya tunis , kemudian tuangi air .
  2. Kemudian Masak bumbu hingga kental dan barambut , kemudian masukkan emping .
  3. Aduk hingga rata dengan bumbu , angkat  , biarkan dingin , lalu simpan dalam toples .

Selesai , jika anda suka dengan pedas anda dapat menambahkan cabai merah atau cabai rawit , agar tercipta rasa pedas yang anda inginkan . bagaimana , cukup mudah bukan dalam pembuatan Emping melinjo pedas manis nya ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Emping Melinjo Pedas Manis Enak Mudah ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep camilan lainnya seperti yang wajib untuk anda coba juga dirumah seperti Resep Membuat Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas Asli . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement