Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat

Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat - Ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak di gemari oleh masyarakat indonesia . selain memiliki rasa yang enak , harga ayam pun tergolong cukup murah dan lebih terjangkau oleh kalangan masyarakat luas daripada daging sapi dan daging-daging lainnya . dalam mengolah ayam memang terdapat banyak sekali aneka macam variasi dan bentuk nya . mulai dari ayam yang di masak sayur atau tumis , olahan daging ayam seperti nugget , di rebus ataupun di goreng .

Semua olahan masakan yang berbahan dasar daging ayam tentu nya memiliki rasa yang enak dan lezat . dengan bumbu sederhana saja ayam dapat diolah menjadi salah satu masakan yang lezat istimewa . apalagi jika diolah dengan kaya bumbu rempah yang segar alami ? tentunya akan menghasilkan masakan ayam yang enak , lezat dan nikmat . seperti pada resep ayam bumbu rujak yang akan Harian Resep bagikan kali ini , dari namanya saja anda sudah dapat membayangkan segarnya ayam bumbu rujak dengan cita rasa pedas khas indonesia .

Hmm nyumiii , ayam bumbu rujak memang memiliki rasa yang enak , pedas dan segar menggoda sekali . apalagi untuk anda yang sangat gemar menikmati aneka masakan atau makanan pedas , ayam bumbu rujak ini dapat menjadi salah satu masakan selingan untuk anda dan keluarga dirumah . selain ayam , resep bumbu rujak sendiri juga dapat digunakan untuk beberapa macam variasi masakan . dari ikan bumbu rujak , ayam bakar bumbu rujak , lele bumbu rujak , ikan nila bumbu rujak dan lain sebagainya .

Semua nya sama-sama memiliki rasa yang enak , lezat dan pedas segar , anda tinggal menentukan bahan mana yang akan dimasak dengan bumbu rujak oleh anda . resep ayam bumbu rujak pertama kali ditemukan atau dipopulerkan oleh masyarakat jawa timur . karena kelezatan dari ayam bumbu rujak , ayam bumbu rujak pun  langsung cepat berkembang di daerah lain di pulau jawa . dengan citarasa yang pedas , masakan ayam bumbu rujak ini terkadang tidak cocok untuk semua orang . apalagi untuk anak-anak ataupun orang dewasa yang mempunyai masalah dengan perutnya , akan tetapi seperti yang kami katakan di atas bagi anda yang hobi dengan masakan dengan cirarasa pedas ayam bumbu rujak ini akan menjadi salah satu favorit baru makanan anda .

Seperti pada variasi resep ayam pada masakan lainnya , penggunaan daging ayam yang segar dan berkualitas baik akan menjadi salah satu faktor yang membuat cita rasa sedap dan nikmat pada resep ayam bumbu rujak yang kami bagikan kali ini . oleh karena itu usahakan pilihlah ayam segar dengan daging ayam yang kenyal , dan jangan terlalu lembek karena biasanya ayam yang lembek tersebut sudah tidak segar . nah bagaimana apakah anda sudah penasaran dan ingin sekali  membuat ayam bumbu rujak ini ? jika iya silahkan siapkan bahan-bahan dan ikuti cara pembuatannya seperti pada artikel resep ayam bumbu rujak dibawah ini .

Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat

Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat

Bahan-bahan Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat :

  • Ayam 1 ekor ( dipotong menjadi 10 bagian )
  • Air asam jawa 1/2 sendok makan
  • Daun salam 2 lembur
  • Daun jeruk 2 lembar ( dibuang tulangnya )
  • Serai 2 batang ( di ambil putihnya , lalu di memarkan )
  • Garam 1 1/4 sendok teh 
  • Gula merah sisir 2 sendok teh
  • Santan 400 mili liter ( dari 1 butir kelapa )
  • Minyak 3 sendok makan untuk menumis 

Bumbu Halus Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat :

  • Cabai merah keriting 5 buah
  • Cabai merah besar 2 buah
  • Bawang putih 4 siung
  • Bawang merah 7 butir
  • Kemiri 3 butir ( di sangrai )
  • Jahe 1 centi meter

Cara Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat :

  1. Pertama-tama lumuri ayam dengan air asam jawa dan 1 sendok teh garam , lalu diamkan selama kurang 20 menit .
  2. Selanjutnya tumis bumbu halus , daun asam , daun jeruk , dan serai hingga wangi . kemudian masukkan ayam , lalu aduk hingga berubah warna .
  3. Setelah itu tambahkan garam , gula merah , dan santan . lalu masak hingga matang dan bumbu meresap .
  4. Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat siap untuk disajikan .

Penggunaan air asam jawa merupakan salah satu faktor kunci dalam proses pembuatan ayam bumbu rujak . untuk rasa pedasnya , anda bisa menambah atau mengurangi jumlah cabai yang akan anda gunakan . tetapi yang harus di perhatikan adalah semua bahan cabai , seperti cabai merah keriting dan cabai merah besar harus tetap digunakan . nah bagaimana bahan-bahan dan cara pembuatan ayam bumbu rujak nya , cukup mudah bukan ?

Dalam pembuatan ayam bumbu rujak ternyata tidak sesulit yang anda bayangkan bukan ? memang dibandingkan dengan ayam bakar bumbu rujak , resep ayam bumbu rujak lebih enak dinikmati tanpa lalapan dan sambal . jadi dipastikan cita rasa pedasnya sudah cukup untuk teman makan dengan nasi hangat dan tidak perlu menambahkan sambal tomat lagi . untuk beberapa resep ayam bumbu rujak memang kadang tidak menggunakan santan dan menggunakan air saja , namun untuk rasa yang lebih makyus dianjurkan agar anda memakai santan seperti pada resep ayam bumbu rujak yang kami bagikan kali ini .

Yasudah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Ayam Bumbu Rujak Pedas Lezat ini dirumah . keluarga dirumah pasti akan menyukai ayam bumbu rujak yang anda buat dirumah , karena memiliki rasa yang enak , pedas dan sedap makyus . oh iya jangan lewatkan juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Nasi Kebuli Ayam Khas Arab yang wajib anda coba membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda dirumah . sekian , seeyou :)

Advertisement