Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih

Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih - Gurih dan manisnya bubur merah putih memang selalu mengoda sekali . salah satu bubur yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang . bubur merah yang mempunyai rasa manis bercampurkan dengan bubur putih yang gurih memang sangat nikmat sekali . gurih yang tersaji dari santan membuat bubur ini disukai oleh setiap kalangan masyarakat luas .

Untuk anda yang tinggal didaerah jawa tentunya anda sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar bubur merah putih ? bubur merah yang dikenal juga dengan sebutan bubur abang oleh masyarakat jawa ini biasanya dibuat pada saat tujuh hari kelahiran seorang bayi . acara tujuh harian atau yang terkenal dengan syukuran untuk memberi nama seorang bayi memang belum lengkap jika tanpa adanya bubur merah putih . bubur abang atau bubur merah putih biasanya dibagikan kepada penduduk sekitar disertai dengan secarik kertas yang dituliskan nama bayi yang akan diberi nama tersebut .

Bubur abang terdiri dari bubur merah yang diberi bubur putih di samping atau ditengah nya . konon makna dari bubur abang atau bubur merah putih ini adalah agar bayi selalu diberi keselamatan dan selalu mendapat restu orang tua . yah percaya atau tidak , namun ini sudah menjadi sebuah tradisi masyarakat jawa dan sekitarnya . selain itu bubur abang atau bubur merah putih juga sering digunakan dalam acara-acara adat tertentu oleh masyarakat jawa .

Biasanya bubur abang juga dibuat untuk acara ritual-ritual kepercayaan dan untuk salah satu persembahan untuk acara adat jawa . selain untuk ritual adat jawa , gurihnya bubur abang atau bubur merah putih ini juga merupakan salah satu jajanan pasar yang memiliki banyak penggemar . hmm , sedapnya bubur merah putih dapat anda nikmati selagi hangat ataupun dingin . rasa yang enak dan mengeyangkan dapat anda konsumsi untuk sarapan pagi .

Cara pembuatan bubur abang atau bubur merah putih tentunya sangat mudah dan tidak sulit . tidak ada teknik khusus untuk membuat bubur abang atau bubur merah putih ini . bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah dicari dan terjangkau . so , untuk anda yang ingin sekali menyajikan bubur merah putih dirumah untuk keluarga , silahkan simak dan ikuti langkah-langkah membuatnya seperti beikut ini .

Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih

Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih

Bahan-bahan Bubur Merah Putih Gurih :

  • Beras 300 gram ( dicuci bersih )
  • Gula merah 300 gram ( diiris-iris tipis )
  • Santan 1 1/2 liter ( dari 1 butir kelapa )
  • Daun pandan 2 lembar ( dibuat simpul )
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Bubur Merah Putih Gurih :

  1. Pertama-tama panaskan beras bersama santan lalu tambahkan daun pandan dan garam . masak terus sambil diaduk hingga beras menjadi bubur . lalu bagi bubur menjadi dua bagian .
  2. Setelah itu masak salah satu bagian bubur dengan ditambah irisan gula merah . aduk-aduk sampai gula larut dan bubur menjadi berwarna merah kecoklatan . angkat .
  3. Selanjutnya siapkan piring saji lalu taruh daun pisang diatasnya , beri bubur merah diatas daun pisang lalu tambahkan bubur putih diatas atau disampingnya . 
  4. Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih siap disajikan .

Demikian bahan-bahan dan cara Membuat Bubur Merah Putih Gurih nya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Bubur Merah Putih Gurih ini dirumah . buka juga informasi resep bubur lainnya seperti Resep Membuat Bubur Beras Merah Special Wortel yang cocok sekali untuk bayi yang berumur 6 bulan . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , see you :)

Advertisement