Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah

Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah - kue lupis merupakan salah satu kue tradisional indonesia yang akhir-akhir ini sulit ditemukan . mungkin karena terlalu banyaknya aneka kue atau camilan yang terbaru sehingga banyak orang yang melupakan kue lupis . padahal jika dirasa-rasa kue lupis memiliki rasa yang lezat . rasa yang enak dari kue lupis akan semakin nikmat dengan taburan kelapa parut dengan saus gula merah yang legit . 

Hmm nyumi , enak manis dan gurih dari kue lupis memang membuat semua orang selalu ingin menikmatinya . kue lupis jajanan tradisional indonesia ini pernah menjadi jajanan pasar yang sangat populer di masa nya . yah , pastinya karena rasanya yang sangat enak , manis dan legit . sehingga banyak orang yang menyukai kue lupis kelapa gula merah ini .

Kue lupis kelapa gula merah merupakan jajanan pasar tradisional yang mempunyai harga yang sangat ekonomis . tentu saja karena dengan dua ribu hingga lima ribu rupiah saja kita sudah dapat menikmati kue lupis . jika di jajakan di pasar tradisional bisanya kue lupis kelapa gula merah akan dijajakan berdampingan dengan kue kue tradisional lainnya . seperti kue cenil , getuk , dan jajanan tradisional lainnya .

Kue lupis kelapa gula merah sangat enak jika dinikmati dengan teh hangat , kopi atau minuman lainnya menurut selera . salah satu jajanan tradisional indonesia yang sangat enak untuk teman bersantai atau melepas lelah . selain itu kue lupis sendiri juga sering dihidangkan sebagai salah satu kue atau camilan di acara-acraa tertentu . seperti acara arisan , acara keluarga , acara khajatan dan lain sebagainya .

Jadi jika anda ingin menghadirkan kue lupis kelapa gula merah sebagai teman bersantai atau di acara special anda namun sulit mendapatkan nya . jangan kawatir , anda dapat membuatnya dengan tangan anda sendiri dirumah . apalagi kami Harian Resep akan membahas tuntas tentang kue lupis kelapa gula merah jajanan tradisional indonesia ini . dari bahan-bahan yang dibutuhkan , beserta dengan cara membuatnya sendiri dirumah seperti pada artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah

Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah

Bahan-bahan Kue Lupis Kelapa Gula Merah :

  • Beras ketan 300 gram ( direndam terlebih dahulu selama 1 jam , tiriskan )
  • Air kapur sirih 1/2 sendok makan
  • Kelapa setengah tua 1/2 butir ( kupas lalu diparut kasar )
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Daun pisang dan tali bambu untuk membungkus dan mengikat secukupnya

Bahan Saus Gula Merah Kue Lupis :

  • Gula merah 400 gram ( disisir halus )
  • Air 250 mili liter
  • Daun pandan 2 lembar

Cara Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah :

  1. Pertama-tama masukkan air kapur sirih ke dalam beras ketan lalu aduk-aduk hingga rata . ambil selembar daun pisang yang sudha anda siapkan tadi , lalu bentuk contong kemudian masukkan beras ketan ke dalamnya .
  2. Setelah itu lilitkan salah satu helai daun menutupi contong , lalu lapisi dengan helai yang lainnya kemudian ikat dengan tali bambu . rebus ke dalam air mendidih hingga matang .
  3. Saus Gula merah , pertama-tama rebus gula merah , air dan daun pandan sampai mengental , angkat lalu saring .
  4. Terakhir kukus kelapa parut , daun pandan dan garam kurang lebih selama 15 menit . Setelah itu gulingkan kue lupis di atas parutan kelapa . lalu sajikan dengan kuah gula merah .

Resep Kue lapis ini dibuat untuk 6 buah kue lupis saja , seperti biasanya jika anda ingin membuat kue lupis lebih banyak silahkan tambahkan saja bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kue Lupis Kelapa Gula Merah ini dirumah . buka juga informasi resep-resep kue lainnya seperti Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special yang patut untuk anda coba membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian , seeyou :)

Advertisement