Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap

Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap - Berbicara tentang telur , tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan telur bukan ? rasa yang khas dari telur membuat lidah orang indonesia sangat menyukai telur . pastinya sudah anda ketahui sebelumnya jika telur memiliki banyak macam-macamnya . dari telur ayam yang sudah familiar di masyarakat luas , lalu telur bebek , telur puyuh , dan lain sebagainya . 

Kandungan telur yang memiliki protein yang baik untuk tubuh membuat telur sering di konsumsi di berbagai kalangan masyarakat luas . selain itu , telur yang mempunyai harga yang relatif murah dibandingkan dengan aneka daging lainnya membuat telur sering menjadi pilihan sebagai lauk sehari-sehari . dari yang di goreng begitu saja yang terkenal dengan nama telur ceplok ataupun telur mata sapi , telur dadar dan lain sebagainya . pada dasarnya telur yang di masak sederhana saja sudah begitu enak , apalagi jika di campurkan dengan aneka masakan atau di masak dengan bumbu repah yang segar ya ? 

Tentunya akan menghasilkan masakan yang enak dan lezat bukan ? nah jika biasanya telur di masak begitu saja atau di jadikan sebagai bahan tambahan untuk masakan lainnya seperti mie goreng , nasi goreng , kwetiauw goreng dan lain sebagainya . kali ini telur akan di olah menjadi masakan yang istimewa yaitu opor telur . sebenarnya bumbu kuah opor sering kali digunakan dalam beragam masakan di indonesia , dari yang sederhana sebagai menu sehari-hari maupun yang isimewa untuk hidangan utama pada hari-hari special .

Seperti pada lebaran idul fitri , idul adha , acara keluarga dan lain sebagainya . opor memang identik dengan daging , ayam atau bahan lainnya seperti kentang , telur dan tahu yang biasanya digunakan sebagai bahan dasarnya . so , opor telur tahu ini tentunya sudah sering anda nikmati bukan ? perpaduan telur dengan tahu pada opor telur memang sedap sekali . rasa nikmat kuah opor yang di racik dari bumbu-bumbu pilihan tentunya akan membuat anda semakin berselera untuk menikmatinya .

Emmm nyumi , sedapnya opor telur tahu dapat anda sajikan sebagai menu makan siang ataupun sebagai menu makan malam anda yang special . dalam resep opor telur tahu ini kami hanya memakai telur dengan tahu saja . namun jika anda suka , anda dapat menambahkan kentang , ceker ayam , daging ayam atau lain sebagainya agar opor telur tahu anda semakin ramai dan banyak pilihan di dalam nya . yasudah , untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan mudah silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap

Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap

Bahan-bahan Opor Telur Tahu Enak Sedap :

  • Telur ayam rebus 4 butir ( dikupas kulitnya )
  • Tahu kuning 10 potong ( goreng setengah matang )
  • Lengkuas 2 centi meter ( digeprek )
  • Serai 2 batang ( digeprek )
  • Santan 500 mili liter dari 1/2 butir kelapa parut
  • Bawang goreng ( digunakan sebagai taburan )
  • Minyak ( digunakan untuk menumis )

Bumbu Halus Opor Telur Tahu Enak Sedap :

  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Kemiri 4 butir ( disangrai )
  • Ketumbar 1 sendok teh ( disangrai )
  • Kunyit 3 centi meter
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh atau secukupnya

Cara Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap :

  1. Pertama-tama panaskan minyak goreng , tumis bumbu halus , lengkuas dan serai hingga harum dan matang . setelah itu tuang santan , aduk-aduk lalu masukkan telur dan tahu .
  2. Selanjutnya masak hingga mendidih dan kuahnya kental sambil di aduk sesekali agar santan tidak pecah . cicipi , lalu tambahkan jika ada yang kurang . angkat .
  3. Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap siap di hidangkan dengan taburan bawang goreng diatasnya .

Selesai , itulah bahan-bahan dan cara pembuatan opor telur tahu enak sedap nya , cukup mudah bukan ? silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Opor Telur Tahu Enak Sedap ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya yang akan sangat sayang sekali jika di lewatkan seperti Resep Membuat Pindang Ikan Patin Khas Palembang Lezat . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian , seeyou :)

Advertisement