Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak

Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak - Kolak Biji salak atau yang biasa di sebut candil ini merupakan makanan khas nusantara yang memiliki rasa enak dan manis . Kolak biji salak merupakan salah satu hidangan yang populer sekali pada bulan ramadhan . memiliki citarasa enak dan kenyal yang unik membuat kolak biji salak menjadi favorit saat berbuka puasa . biasa nya kolak biji salak ini dimakan selagi masih hangat ataupun dengan ditambahkan es batu agar terasa lebih segar .

Sebenarnya dalam mengolah biji salak ini sangat mudah . pada dasarnya biji salak yang mempunyai rasa enak sehingga akan selalu lezat di bikin apapun . dari biji salak yang dimasak santan , es biji salak , kolak biji salak dan lain sebagainya . intinya mau di makan hangat ataupun dingin , olahan biji salak selalu nyumi untuk dinikmati . 

Saya juga suka sekali dengan biji salak , rasa-rasanya kok kalau buat kolak terus ngga ada biji salaknya terasa ada yang kurang gitu . keluarga dirumah juga suka , jadi ya gitu kalau ramadhan tiba saatnya pesta kolak biji salak :D heheh . oh ya , biji salak ini sebenarnya bisa di buat dengan bermacam bahan . namun kali ini Harian Resep akan mencoba membagikan Biji salak yang menggunakan bahan ubi jalar ya .

Dalam membuat biji salak sendiri tentu saja sangat mudah . bahan-bahan yang digunakan juga terjangkau dimana-mana sehingga tak akan menyulitkan anda dalam membuatnya . nah , karena kita akan menggunakan ubi jalar sebagai salah satu bahan dalam membuatnya , jangan lupa pilih ubi yang bagus ya . biar hasilnya enak dan super-super makyus .

Untuk ubi sebelum dibuat biji salak , ubi nya dikukus terlebih dahulu ya . setelah itu baru deh dihancurkan atau dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung sagu . bagaimana , apakah anda sudah penasaran akan bahan-bahan dan cara membuat kolak biji salak ubi ini ? jika iya yuck segera di intip Resep nya dibawah ini . jangan lupa di pratekkan ya , lalu save resepnya untuk bekal ramadhan nanti n_n .

Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak


Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak

Bahan-bahan Kolak Biji Salak Ubi :

  • Ubi jalar 500 gram ( kukus , lalu haluskan )
  • Tepung sagu atau tepung tapioka 200 gram
  • Daun pandan 2 lembar
  • Gula merah 250 gram
  • Gula pasir 3 sendok makan
  • Santan kental 300 mili liter
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi :

  1. Langkah awal campurkan ubi dengan tepung sagu atau tepung tapioka dan garam sedikit demi sedikit sambil diuleni . jika bahan sudah tercampur rata , bentuk adonan bulat-bulat sesuai selera .
  2. Selanjutnya rebus air hingga panas , masukkan adonan hingga terlihat mengembang , angkat biji salak lalu tiriskan .
  3. Kuah Gula : pertama-tama masak 1 liter air bersama gula merah , gula pasir , daun pandan , dan garam hingga mendidih . masukkan biji salak tadi , angkat lalu sisihkan .
  4. Kemudian Kuah Santan : masak santan , garam dan daun pandan sambil diaduk hingga matang . angkat kuah santan dan dinginkan .
  5. Terakhir sajikan biji salak bersama kuah gula merahnya lalu tuangkan kuah santan nya .
  6. Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak siap untuk disajikan .

Demikian Bahan-bahan dan Cara Membuat Kolak Biji Salak Ubi nya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak ini dirumah . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Ayam Popcorn ( Popcorn Chicken ) Ala KFC dan Resep Membuat Popcorn Asin Tanpa Mentega Gurih yang cocok sekali dijadikan camilan keluarga yang enak dan sehat . terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . 

Jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Kolak Biji Salak Ubi Enak yang kami bagikan kali ini , jangan lupa di like dan share ke media sosial kalian yah , seperti facebook , twitter , atau google plus :) . sampai bertemu di artike resep selanjutnya , sekian :)

Advertisement