Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah

Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah - Membuat camilan enak, renyah dan gurih dirumah tak harus melulu sulit dan membutuhkan dana yang mahal. terbukti dengan adanya telur gabus ini. karena bayangan dana yang super mahal dan cara membuatnya yang ribet akan musnah setelah anda mencoba membuatnya dirumah. kue telur gabus merupakan snak yang terbuat dari tepung kanji/tapioka/sagu yang diolah sedemikian rupa yang menciptakan rasa gurih dan renyah.

Rasa gurih kue telur gabus ini berasal dari adonan yang dicampur keju dan metega ya teman. rasanya yang enak, gurih dan renyah seringkali menjadi camilan favorit bagi banyak orang. termasuk saya dan keluarga. walaupun terbilang camilan murah meriah, namun telur gabus renyah dapat mencairkan suasana saat berkumpul. entah itu saat nonton tv dirumah, arisan, maupun sekedar berbincang dengan kerabat dikantor.

Oh iya, karena rasanya yang gurih, telur gabus ini juga terkenal dengan sebutan Kue Keju. telur gabus biasanya dijual ditoko aneka snak, dari toko snak yang dipasar tradisional maupun swalayan. biasanya telur gabus dijual per bungkusan ataupun per kiloan. dari merk snak telur gabus ternama hingga telur gabus olahan pabrik atau telur gabus rumahan/homemade. 

Karena termasuk anggota kue kering, maka tak aneh lagi jika telur gabus sering berjejer dengan aneka kue kering lainnya. misalnya seperti Kue Kering Khas Lebaran yang terkenal dengan Kue Nastar, Kue Kering Keju/Kastengel, Kue Bawang, Kerpik singkong, Sale Pisang, Kacang bawang dan lain sebagainya. oh iya, selain olahan kreasi Telur Gabus Keju yang akan kami bagikan. sebenarnya aneka kreasi Telur Gabus ini banyak sekali, dari Telur Gabus Manis, Telur Gabus Ketan, Telur Gabus Gurih, Telur Gabus Renyah, Kue Telur Gabus Keju, Telur Gabus Asin, Telur Gabus Wijen dan masih banyak macam lainnya.

Walaupun cara membuat telur gabus yang enak sangat mudah dan praktis. namun ada point penting yang anda harus perhatikan agar hasil kue telur gabus gurih yang anda buat hasilnya makyuss dan krenyess. caranya sangat mudah, tips yang paling utama adalah anda jangan lupa mengahaluskan keju selembut mungkin agar keju dapat tercampur rata ke dalam adonan telur gabus. anda boleh mengaluskan keju dengan blender ataupun alat lainnya yang dapat mengaluskan keju dengan baik.

Selain itu, ketika masuk ke proses menggoreng adonan, anda harus dituntut mengoreng dalam keadaan minyak dingin. magsudnya disini adalah kertika adonan yang telah dipelintir sudah banyak diwajan dengan minyak yang masih dingin baru deh anda boleh menyalakan apinya. setelah itu goreng dengan menggunakan api yang kecil hingga kue kering telur gabus matang dan renyah. jangan lupa, setelah menggoreng telur gabus, anda harus mematikan kompor dan menunggu minyak menjadi dingin kembali. kenapa? karena bila makanan ringan berbahan dasar tepung sagu ini di goreng dalam kondisi minyak yang panas hasil permukaannya tidak halus dan hasilnya berlubang dan kasar.

Yasudah, yuck disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah seperti berikut ini.

Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah

Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih

Bahan-bahan Kue Telur Gabus :

  • Tepung sagu atau kanji atau tapioka 250 gram
  • Keju cheddar 100 gram (parut)
  • Mentega 50 gram (suhu ruang)
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Telur 2 butir
  • Minyak (digunakan untuk menggoreng)

Cara Membuat Telur Gabus, Snak Keju Gurih :

  1. Langkah awal, blender keju yang sudah diparut tadi dengan ditambahkan mentega, garam dan telur hingga halus, lembut dan tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan tepung sagu atau kanji atau tapioka ke dalam mangkuk, buat lubang ditengahnya lalu tuang hasil adonan keju tadi. 
  3. Setelah itu aduk adonan dengan spatula, uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk.
  4. Kemudian ambil sejumput adonan, letetakkan di telepak tangan kemudian gelintirkan adonan dengan cara menggosokan kedua telapak tangan sampai adonan berbentuk silinder panjang dengan ujung-ujung yang runcing seperti cacing. usahakan jangan terlalu besar ya, agar hasil kuer telur gabus kering dan renyah.
  5. Masukan adonan kue telur gabus yang sudah dibentuk kedalam wajan yang berisi minyak dingin (minyak dengan suhu normal yang belum dipanaskan) sampai semua adonan terendam minyak.
  6. Bila adonan dirasa sudah terendam minyak semua, nyalakan api dengan menggunakan api kecil atau sedang. biarkan minyak menjadi panas alami dan adonan kue telur gabus terlihat mulai mengeras. jangan sampai mengaduk saat kue belum kering ya, karena dapat membuat adonan tidak halus dan pecah-pecah. setalah kue berubah warna menjadi sedikit keemasan, angkat kue dan tiriskan. 
  7. Terakhir, masukkan kue telur gabus kedalam wadah yang kedap udara ketika kue sudah benar-benar dingin agar tetap terjaga kerenyahannya.
  8. Kue Telur Gabus siap disajikan. 

Jangan terlalu lama menggoreng telur gabus hingga warnanya menjadi kecoklatan. karena rasa kue akan menjadi sedikit pahit. demikian yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Resep Telur Gabus, Snak Keju Gurih Renyah nya. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, jangan lewatkan resep lainnya dari kami seperti Resep Chocolate Lasagna Enak Praktis yang akan menambah wawasan anda mengenai camilan yang enak dan lezat. sekian :)

Advertisement