Cara Membuat Kerak Telor Betawi Rumahan Enak Praktis

Cara Membuat Kerak Telor - Satu lagi jajanan tradisional khas Betawi yang sayang bila terlewatkan. Bernama kerak telor a.k.a kerak telur makanan asli daerah Jakarta (Betawi) ini memiliki bahan utama beras dan telur ayam. Pada umumnya beras yang digunakan adalah beras ketan putih. Namun kini ada kreasi resep kerak telor yang menggunakan beras putih biasa, bahkan ada juga yang menggunakan nasi.

Ciri khas dari kerak telor adalah berasnya yang dimasak setengah matang. Jadi ada sensasi kriuk kletusan beras ketika di makan. Mungkin yang baru mencobanya akan sedikit kurang suka, namun bagi warga Jakarta kerak telor menjadi salah satu makanan kebanggan khas Betawi. Selain menggunakan kocokan telur ayam segar, kerak telor asli Betawi kini dapat juga menggunakan telur bebek. 

Hidangan kerak telor memang sedikit unik ya bun, namun karena rasanya yang enak membuat banyak orang ingin mencicipi kelezatannya. Kerak telor ini paling banyak di jual di sekitar Monas, Kemayoran dan Kota Tua. untuk satu porsi kerak telor biasa dan mini memiliki harga sekitar Rp 15.000,- Rp 25.000,- per porsi. Yang memiliki bentuk bulat layaknya telur dadar, serabi dan martabak manis / martabak terang bulan.


Penyajian kerak telor komplit pada umumnya disajikan bersama bawang merah goreng kering, ebi / udang kecil-kecil sangrai, kelapa parut dan bumbu rempah lainnya. Makanan ini paling enak dinikmati selagi hangat bersama minuman hangat bandrek, wedang bajigur, bir pletok, sekoteng, wedang ronde, kopi dan teh. Karena tergolong makanan unik, kerak telor pun sudah mengambil hati para wisatawan asing dan domestik setelah sebelumnya ngehitz dan populer dengan kue rangin / pancong, roti buaya, soto betawi, es selendang mayang, otak-otak, kue cincin, Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak, nasi uduk, ketupat sayur dan semur daging Betawi.

Jakarta selalu punya cerita bun, jadi jangan aneh jika banyak Kuliner atau jajanan Khas Jakarta (Betawi) yang menggugah selera. Nah dari pada harus jauh-jauh ke Ibukota Jakarta hanya untuk mencicipi kerak telor, mending buat sendiri di rumah yuk. Cara membuat kerak telor betawi rumahan / homemade ini cukup mudah loh. Untuk resep dan cara membuat kerak telor asli betawi menggunakan beras ketan putih yang direndam beberapa jam atau semalaman.

Tapi saya kurang suka dengan penyajian kerak telor yang menggunakan beras mentah. Jadi dalam resep kerak telor khas Jakarta ini saya modifikasi sendiri dengan menggunakan nasi matang dengan bumbu seadanya ala anak kost :) hehehe. Tapi kok malah rasanya uenak loh bun, dibandingkan dengan kerak telor sungguhan.

Oke deh, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi sederhana yang dapat bunda buat sendiri langsung dari dapur tercinta. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi 

Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi By Mega Ayuningrum Cookpad

Bahan-bahan Kerak Telor :

  • Minyak secukupnya (digunakan untuk memasak)
  • Telur ayam / telur bebek 1 butir
  • Nasi 1 mangkuk kecil
  • Bawang merah 2 butir (cincang halus)
  • Bawang putih 2 siung (cincang halus)
  • Cabai bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa seperti royco sapi/ayam secukupnya

Pelengkap Kerak telor :

  • Kelapa sangrai secukupnya (bisa diganti dengan abon ayam atau sapi)
  • Ebi sangrai secukupnya

Cara Membuat Kerak Telor Betawi Ala Rumahan :

  1. Panaskan minyak, sambil menunggu minyak panas, pecahkan telur ayam atau telur bebek dalam mangkok lalu kocok sampai lembut. 
  2. Selanjutnya tambahkan nasi, bawang merah, bawang putih, cabai bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya. Kocok adonan hingga rata, lalu tuang ke dalam wajan yang berisi minyak panas.
  3. Ratakan adonan dalam wajan, sambil ratakan layaknya menggoreng telur dadar / omelet, goreng sampai benar-benar matang lalu balikan adonan. Setelah rata matangnya, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan bersama kelapa sangrai dan ebi jika suka. Kalau saya cukup pakai abon ayam saja. Nyam!

Saya lebih suka kerak telor rumahan ala kadarnya seperti ini, rasanya lebih ramah di perut dibanding kerak telor Betawi asli. Tapi ya tergantung selera saja ya bun. Maka kerak telornya di cocolkan ke saus sambal dan acar wortel timun juga eank loh, Ehmm silahkan berkreasi sendiri saja ya untuk alternatif perut yang sedang lapar heheh.

Oh iya, ketika Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan ketika ulang tahun Jakarta, pedagang kerak telor di pastikan selalu ada di sana. Banyak pedagang kerak telor yang berjualan menderet layaknya tontonan yang jarang ditemukan dimana-mana. 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Kerak Telor Betawi Rumahan Enak Praktis.  Coba juga camilan terbaru dari kami seperti Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy. Semoga bermanfaat :)

Advertisement