Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko

Cara Membuat Nachos - Menurut Wikipedia Nachos atau nacho merupakan salah satu makanan a la Tex-Mex yaitu Tekan dan Mexican yang berasal dari Meksiko bagian Utara. Versi nachos sederhana makanan ini terdiri dari keripik tortila jagung yang permukaannya disiram dengan keju cair dan parutan keju. Karena memiliki rasa yang enak dan gurih, banyak orang yang menyantap nachos tortilla chips sebagai camilan ketika bersantai.

Sedangkan untuk nachos versi komplit, makanan ini bisa di kreasikan dengan berbagai isian lezat yang bisa dihidangkan sebagai makanan utama atau sarapan di pagi hari. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk melengkapi nachos bisa berupa daging sapi/ayam cincang, potongan cabai atau lada meksiko, bawang bombay, salsa (saos dari potongan tomat, bawang bombay, cabai, bawang putih dan daun cilantro), guacamole (saos dari buah avokad), kacang merah yang dimasak dua kali (ala meksiko), sour cream (krim bewarna putih yang rasanya asam) serta potongan buah tomat dan daun selada.

Resep dan cara membuat nachos tortilla chips ini sebenarnya cukup simple dan mudah dibuat, dengan bahan-bahan yang terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana. Namun yang membuat saya tidak mengerti kenapa harga seporsi makanan Meksiko seperti Enchiladas, Quesadilas, Taco, Burrito atau bahkan yang super mudah seperti nachos memiliki harga yang sangat mahal di restoran Meksiko? Padahal cara membuatnya super gampang dan bahan-bahanya pun termasuk ekonomis.

Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko
Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko
Bagi bunda yang penasaran akan nachos ala Meksiko ini saya sarankan untuk membuatnya sendiri saja di rumah. Soalnya dari pada merogoh kocok dalam-dalam untuk seporsi nachos kan sayang ya bun. Mending uangnya untuk kebutuhan rumah tangga lainnya #versi emak-emak zzzzzzzzzzzzzz :D


Agar lebih mudah dan praktis keripik tortila yang digunakan dalam resep dan cara membuat nachos Meksiko ini saya gunakan tortilla siap makan yang dijual dalam kemasaran di mini market atau super market terdekat. Cukup gunakan 1 bungkus keripik jagung tortilla dengan harga sekitar Rp 10.000.- saja, urusan tortilla chips beres deh. Tapi kalau bunda ingin mencoba membuat tortilla chips homemade buatan sendiri bisa cek resepnya di sini Resep Cara Membuat Keripik Jagung Keju Renyah.

Tortilla chips yang memang sudah memiliki rasa gurih original dan sambal balado, membuat tortilla chips snack enak di makan dengan saus apa saja. Jadi tak aneh lagi kalau nachos memiliki banyak kreasi rasa yang menggoda. Seperti nachos chips Bolo Jalapeno, snack nachos cheese bologneses, hotdog braised lamb with nachos & coleslaw, minced beed nachos, nachos with cheese sauce (nachos saus keju), nachos salsa sauce, nachos tomat keju, easy nachos sour sauce, nachos BBQ (Baberque) dan nachos simple.

Resep dan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips Meksiko 

Resep dan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips Meksiko
Resep dan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips Meksiko
Resep Nachos By Mustika Indah W Cookpad

Bahan-bahan Nachos :

  • Tortilla chips (saya pakai happytoz)
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Daging giling 200 gram
  • Tomat 2 buah (rebus lalu potong dadu)
  • Pasta sauce secukupnya
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk secukupnya
  • Air 100 mili liter
  • Margarine 1 sendok makan
  • Bubuk oregano secukupnya (opional)
  • Mayonaise secukupnya untuk topping

Step By Step Membuat Nachos Simple Rumahan :

  1. Panaskan margarine, lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan tomat.
  2. Setelah itu masukkan daging giling, tambahkan garam, merica, pasta saus (bisa diganti saus tomat), air dan bubuk oregano. Cicipi rasa, jika ada yang kurang bisa disesuaikan dengan selera. (saya menambahkan sedikit air perasaan jeruk nipis biar segar).
  3. Jika saus sudah matang, siramkan saus di atas tortilla chips yang sudah ditata rapih dipiring saji. (Bisa juga tambahkan thousand island untuk menambah citarasa yang kaya).
  4. Nachos sederhana yang simple dan mudah dibuat siap untuk dinikmati. Nyam!

Ini adalah cara membuat nachos simple yang sering saya buat di rumah. Tak butuh waktu lama untuk membuatnya, soalnya super praktis dan gampang sekali dibuat. Saus nachos ini bisa digunakan untuk menemani spagetti, macaroni, burritos dan untuk olesan pizza juga oke loh bun.

Oke, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Nachos Tortilla Chips, Camilan Gurih Ala Meksiko. Jangan lewatkan camilan terbaru lainnya dari Harianresep.blogspot.com seperti Cara Membuat Risoles Amerika Isi Mayo Special yang layak untuk dicoba. 

Semoga bermanfaat ya bun, silahkan share :)

Advertisement