Resep Brownies Tanpa Telur, Terigu, Oven dan Mixer, Hasilnya Lembut!

Resep Brownies Tanpa Telur - Satu lagi olahan brownies yang sayang jika terlewatkan. Bernama brownies tanpa telur, brownies ini terbuat dari bahan adonan tanpa telur sama sekali. Tak cuma no telur, adonan brownies juga dibuat tanpa tepung terigu. Yup, untuk penggunaan tepung terigu dalam resep brownies tanpa telur ini akan diganti dengan tepung beras.

Walaupun tanpa tepung terigu yang merupakan bahan utama membuat kue setelah telur. Hasil dari brownies tanpa telur tepung beras ini bertekstur lembut dan moist di mulut loh. Tidak kering layaknya brownies panggang, tapi lembut dan menul banget. Cocok untuk anak-anak karena tidak terlalu banyak karbohidrat dari tepung terigu.


Kalau untuk batita, saya anjurkan membuat brownies ini menggunakan gula palem atau gula aren yang dicacah hingga hancur saja. Jangan menggunakan gula pasir untuk menggurangi kandungan glisemik, yang bertujuan untuk mengurangi kelebihan gula dalam brownies. Kalau untuk anak-anak, remaja dan orang dewasa sih menurut saya pakai gula pasir saja agar hasilnya lebih enak dan nendang saat di makan.

Oh iya, brownies tanpa telur ini dibuat dengan cara di kukus ya bun, jadi cocok nih bagi bunda yang tidak mempunyai oven di rumah. Untuk mengaduk bahannya juga cukup pakai garpu / sendok atau whisk saja jadi tanpa mixer. Wah makin komplit deh ya mudah dan praktisnya. Soalnya ini termasuk brownis tanpa mixer dan oven jadi cocok nih bagi pemula yang belum lengkap alat baking nya.

Walaupun masuk ke dalam kategori brownies kukus sederhana yang tanpa telur, terigu, oven dan mixer hasilnya enak loh bun. Tetep lembut dan kalau bunda mengikuti step by step cara membuat brownies kukus tanpa telur ini dengan benar hasilnya halus dan tidak retak / merekah atau ketawa. Tetep pulen, menul-menul, lembut dan tidak bikin seret di leher. Rekomend banget untuk di coba deh bun!


Nah bagi bunda atau kerabat bunda yang alergi telur tapi ingin membuat kue brownies kukus yang legit, wajib deh di coba resep brownis tanpa telur ini. Di jamin suka, lah wong saya dan keluarga yang doyan banget telur juga suka dengan olahan brownies eggless ini. Untuk menambah rasa dan tampilan, bunda bisa kreasikan brownies ekonomis ini dengan parutan keju, chocochip, almond / kenari panggang, meises cokelat, dan lain sebagainya sesuai selera.

Pasti mulai penasaran dong, bagaimana sih bahan membuat brownies tanpa telur nya? Oke deh, yuk mari langsung di simak saja Bahan-bahan dan Cara Membuat Brownies Tanpa Telur super irit tapi hasilnya enak dan lembut seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Brownies Tanpa Telur Kukus

Step By Step Membuat Brownies Tanpa Telur Kukus

Foto by tanpagluten.com

Bahan-bahan Brownies :

  • Tepung beras 100 gram
  • Coklat bubuk 25 gram
  • Gula palem atau gula pasir 75 gram
  • Susu cair 8 sendok makan (bisa diganti susu kedelai)
  • Air 5 sendok makan
  • Cuka / air lemon / air jeruk nipis 1/2 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Minyak sayur 2 sendok makan (bisa diganti dengan margarine cair atau mentega cair)

Langkah Membuat Brownies Tanpa Telur :

  1. Pertama-tama panaskan kukusan dengan menggunakan api besar, bungkus tutup panci dengan kain bersih. Bila pakai klakat tidak usaj dibungkus, biarkan sampai air kukusan mendidih.
  2. Sembari menunggu, campur susu, air dan cuka/air lemon atau jeruk nipis.
  3. Selanjutnya aduk rata tepung beras, coklat bubuk, gula pasir dan baking powder. Campurkan larutan susu, kemudian aduk kembali dengan sendok atau whisk sampai rata. Tuang minyak sayur, aduk kembali sampai benar-benar rata.
  4. Setelah itu tuang ke dalam loyang 16x16cm atau cetakan ke talam dan cupcake, kemudian kukus kurang lebih selama 25 menit sampai matang.
  5. Silahkan test tusuk, jika tidak ada lagi adonan yang menempel di tusukan pertandan brownies sudah matang. Angkat, keluarkan dari cetakan, biarkan dingin, lalu sajikan dengan taburan gula halus.
Walaupun ada banyak macam brownies yang kini ada di Indonesia seperti Brownies Singkong, Brownies Ubi Ungu, Brownies Kering, Brownis Kopi, Brownies Pisang, Pondan Brownies, Brownies Pandan, Brownies Moca atau brownies dengan brand ternama seperti Brownies Meranti, Brownies Ganja, Brownies Mantep, Brownies Amanda, namun kreasi brownies tanpa telur kukus ini layak untuk di favoritkan.

Selamat mencoba dan bekreasi sendiri dengan Resep Brownies Tanpa Telur, Terigu, Oven dan Mixer, Hasilnya Lembut!. Jangan lewatkan juga resep terbaru dari harianresep.blogspot.com seperti Cara Membuat Puding Susu Cokelat Keju Vla Cokelat Super Lembut

Semoga bermanfaat, silahkan lupa share :)

Advertisement

iklan