Resep Tempura Sayur Kriuk Tepung Sajiku Praktis

Resep Tempura Sayur Kriuk - Sore ini lagi pengin buat camilan praktis yang bisa juga untuk lauk. Bingung mau bikin apa, pas lihat kulkas cuma ada sayuran saja. Tadinya mau saya bikin capcay, tapi bakso, sosis, udang dan daging lagi tidak ada stok. 

Bingung mau bikin apa, terus kepikiran ingin dibuat bakwan goreng, kan enak tuh hujan-hujan makan yang anget-anget. Tapi kata mamah pengin makan menu baru, akhirnya bikin tempura saja deh yang enak dan gampang di buat.

Tempura ini memang paling mudah di buat dengan bahan apa pun ya bun. Wong cuma di balut dengan tepung bumbu racikan homemade. Kalau pengin super praktis bisa pakai tepung bumbu siap pakai. Tapi hati-hati dan perhatikan tepung bumbu instan yang mau di pakai. Soalnya suka ada merk tepung bumbu yang rasanya kurang pas di lidah, alias rasanya kurang nendang. 


Kebetulan kali ini saya pakai tepung bumbu Sajiku yang sachet 80 gram dua bungkus. Tepung ini pas di olah bersama sayuran, udang, daging ayam atau sapi. Rasanya enak, dan menurutku krispi nya mantap. Untuk tempura sayur, saya pakai sayuran yang ada di kulkas. Mulai dari jamur tiram, wortel, terong dan bayam. Selain sayuran tersebut sebenarnya bisa menggunakan sayuran apapun, bahkan buah-buahan juga oke.

Untuk sayuran yang paling mudah dan enak dibuat tempura selain sayuran yang saya sebutkan di atas adalah sawi, brokoli, buncis, daun pepaya, paprika hijau, kuning, merah bahkan cabai merah dan cabai hijau besar. Kalau mau buat tempura cabai, jangan lupa isian cabai yaitu bijinya di buang terlebih dahulu agar rasanya tidak pedas. Hati-hati saat mengluarkan biji cabainya, jangan lupa gunakan sarung tangan agar tangan tidak ikutan pedas.


Sedangkan untuk buah-buahan yang paling enak di buat tempura adalah buah apel, lemon dan pir. Terlepas dari itu silahkan berkreasi sendiri dengan bahan favorit untuk di buat tempura sesuai selera. Bahkan hanya dengan tahu, tempe juga enak loh di masak tempura. Oke, langsung saja ya, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Tempura Sayur a.k.a Vegetable Tempura yang enak dan crispy seperti berikut ini.

Step By Step Membuat Tempura Sayur Goreng Kriuk

Step By Step Membuat Tempura Sayur Goreng Kriuk

Bahan-bahan Tempura :

  • Jamur tiram 8 buah (cuci bersih)
  • Daun bayam 1 ikat (saya ganti pakai brokoli)
  • Wortel 1 buah (cuci bersih, potong-potong)
  • Terong 1 buah (cuci bersih, potong-potong)
  • Tepung bumbu Sajiku 80 gram 2 bungkus
  • Air es 8 sendok makan
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus :

  • Cabai merah 1 buah, cincang halus
  • Saus sambal 1 sendok makan
  • Saus tomat 1 sendok makan
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Air 50 mili liter

Cara Memasak Tempur Sayur :

  1. Saus : masukkan air, saus sambal, saus tomat, cabai merah dan gula pasir, aduk rata, sisihkan.
  2. Adonan Basah Tempura : Larutkan 2 sendok makan Tepung Bumbu Sajiku dengan 8 sendok makan air es. 
  3. Adonan Kering Tempura : Tuang sisa tepung ke wadah lainnya.
  4. Selanjutnya balut sayuran ke adonan basah, kemudian gulingkan ke adonan kering sampai rata.
  5. Kemudian langsung goreng sayuran dengan minyak panas, masak sampai matang dan bewarna kuning keemasan, angkat, tiriskan.
  6. Sajikan tempura sayur dengan saus selagi hangat. Mantap!

Tempura sayur ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang tidak suka dengan olahan tempura udang, tempura cumi dan tempura ayam. Rasanya yang khas dengan rasa gurih yang crispy memang layak untuk di favoritkan. Sajikan tempura sayuran untuk si kecil yang tidak terlalu doyan sayur. Bunda bisa kreasikan sebagai isian Shushi, menu bekal anak sekolah atau sebagai salah satu menu bento sederhana.

Oh iya, selain menggunakan resep sambal yang saya bagikan, bunda juga bisa cocolkan tempura sayur ini ke saus sambal botolan, mayonaise, sambal kecap pedas manis ataupun sekedar kecap asin. Sajikan hangat-hangat bersama nasi putih pulen lengkap dengan sambal, pasti maknyus deh.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Tempura Sayur Kriuk Tepung Sajiku Praktis. Jangan lewatkan Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy yang lebih renyah karena menggunakan tepung roti sebagai bahan pelapisnya.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya bun, terimakasih :)

Advertisement