Resep Donat Kentang a la NCC Enak Empuk

Resep Donat Kentang - Sekian lama malas-malasan akhirnya pengin kembali ke dapur juga. Mungkin bawaan debay yang dalam perut ini ya, hawanya kok jadi malas sekali. Penginnya tiduran dan manja-manjaan terus sama suami. Wah, jangan-jangan modus nih hahahaha.

Kali ini lagi pengin banget bikin donat yang di buat sendiri. Sebenarnya bukan pertama kali buat donat, tapi selama ini kalau bikin donat seringnya di bantuin Mama dan Adek. Nah kalau donat kentang a la NCC yang saya post ini benar-benar saya yang bikin. Mulai dari menyiapkan bahan-bahanya, menguleni adonan donat, menggoreng dan juga menghias donat sampai berpenampilan cantik ala ala Dunkin Donut dan juga JCO.

Kalau di ingat-ingat sudah ada banyak resep donat goreng yang sudah saya coba aneka kreasinya. Mulai dari donat kampung yang dibuat dengan bahan sederhana dan ala kadarnya. Kemudian Donat Kentang, donat tanpa kentang, donat tanpa ragi, donat tanpa telur, dan juga donat Dunkin Donut's dan J.C.O yang sudah saya tulis resepnya di sini Resep Membuat Donat JCO Empuk Mudah dan Resep Membuat Donat Ala Dunkin Donut Empuk. 

Cicipi Juga : Resep Chocolate Crinkles Kue Kering Kesukaan Anak-anak

Tapi entah kenapa saya selalu jatuh hati dengan resep donat kentang NCC ini. Karena memang hasilnya enak, empuk, menul-menul walaupun di makan keesokan harinya. Mungkin di antara Bunda sudah pernah coba donat kentang NCC ini, karena memang resepnya sudah terkenal dimana-mana. Entah itu di internet maupun di grup masakan facebook.

Resep Donat Kentang a la NCC Enak Empuk
Donat Kentang Sumber Youtobe

Setelah keasikan bikin donat yang di bantuin Mama, kali ini saya baru menyadari kalau menghias donat itu merupakan hal yang tidak mudah. Lihat saja tuh, topping donat saya berantakan semua. Menghias donat ternyata benar-benar butuh ketelatanan agar toppingnya bisa cantik dan rapi. Jadi kalau malas menghias donat kentang, saya cukup gunakan gula donat dan coklat meses saja.

Baca Juga : Resep Martabak Ketan Hitam Manis Topping Keju, Nutella, Meises dan Coklat Tulip

Untuk Donut Dusting yang di sebut gula donat alias gula icing saya selalu gunakan Donut Dusting yang saya beli di TokoWahab.com. Gula donat dengan merek Donut Dusting ini merupakan gula yang didesain spesial untuk taburan donat. Gula ini tidak akan meleleh meski sudah diaplikasikan dan di simpan di suhu ruangan. Selain sebagai taburan donat, gula ini juga bisa digunakan untuk topping, decorating, donut dan cookies.

Sedangkan untuk coklat meses dan meses warna-warninya saya gunakan Tulip Chocolate Rice. Rasanya enak dan super nyoklat. Untuk coklat mesesnya saya juga beli di TokoWahab.com. Di sana harganya grosir, jadi lumayan murah untuk Bunda yang punya bisnis roti dan makanan.

Oke langsung saja, yuk di intip Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Donat Kentang seperti berikut ini.

Step by Step Membuat Resep Donat Kentang Super Empuk

Donat Kentang Via Resep Kue Keringku


Bahan-bahan Donat Kentang :

  • Tepung terigu protein tinggi 500 gram
  • Susu bubuk 50 gram
  • Ragi instan 11 gram
  • Kentang kukus 200 gram (haluskan dan dinginkan di suhu ruang)
  • Gula kastor 100 gram
  • Mentega 75 gram
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Kuning telur 4 buah
  • Air dingin 100 mili liter

Topping / Taburan :

Cara Membuat Donat Kentang Goreng :

  1. Langkah awal campur tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan ragi. Aduk sampai rata.
  2. Tambahkan kentang halus, masukkan kuning telur dan tambahkan air sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai rata dan setengah kalis.
  3. Selanjutnya tambahkan garam dan mentega, harus di uleni sampai kalis dan elastis. Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit, lalu tutupi dengan serbet lembab agar adonan tidak kering.
  4. Kempiskan adonan, bagi dan bentuk bulat (saya bagi menjadi berat 50 gram dan dicetak menggunakan cetakan donat). Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit.
  5. Goreng donat dengan menggunakan api sedang cenderung kecil sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Setelah dingin bisa di beri topping Donut Dusting, Coklat Meses, Keju dan lain sebagainya sesuai selera.

Walaupun cukup mudah untuk membuat donat kentang NCC ini, namun ada hal yang perlu di perhatikan agar sukses membuat donat yang enak, menul-menul dan tetap empuk walaupun di makan esok harinya. Untuk itu yuk langsung saja di simak tipsnya.

Tips Sukses Membuat Donat Kentang :

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dengan baik, tanpa ada yang tertinggal satupun, termasuk garam.
  2. Seperti halnya membuat adonan roti, harus selalu di ingat kalau ragi atau mentega tidak boleh bertemu dengan garam, karena nanti raginya mati dan tidak bisa mengembang adonannya alias bantet. Jadi harus di perhatikan untuk memasukkan garam dan mentega setelah adonan sudah kalis saja.
  3. Selanjutnya haluskan kentang sampai benar-benar dingin. Soalnya nanti kalau kentang masih panas di masukkan ke adonan, bisa mengakibatkan ragi mati dan tidak berfungsi.
  4. Uleni adonan sampai kalis elastis sampai ketika dibulatkan permukaannya harus licin sehingga donatnya bisa cantik setelah di goreng.
  5. Selalu gunakan api sedang, agar donat tidak cepat gosong.
  6. Gunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar ini juga membantu terbentuknya donat yang bundar.
  7. Setelah salah satu sisinya kecoklatan, segera balikkan dan teruskan menggoreng sampai sisi yang lain kecoklatan.
  8. Segera angkat dan tiriskan.
Jangan Lewatkan : Resep Es Krim Goreng Untuk Jualan Dengan Laba 1jt-3jt Per Bulan

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Resep Donat Kentang a la NCC Enak Empuk. Happy Recook :)

Advertisement