Resep Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak

Resep Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak - kue lemper adalah salah satu makanan yang terbuat dari beras ketan yang berisi dengan abon , kari kentang , daging sapi dan isi ayam seperti yang akan Harian Resep bagikan . memang begitu banyak variasi isi yang disajikan oleh kue lemper . sehingga bunda dirumah jangan takut bosan akan kue khas tradisional indonesia yang satu ini . berisi ayam yang dibumbui dengan rempah-rempah segar dan ketan dengan gurih khas santan memang sangat nikmat dan menggoda selera .

Kue lemper selain enak dinikmati , jajanan tradisional indonesia yang satu ini juga sangat mudah ditemui dimana-mana . dari pasar tradisional hingga toko-toko kue modern disitu tersedia aneka macam-macam kue lemper dengan aneka isi yang berbeda . bunda tinggal pilih saja lemper isi mana yang akan disajikan untuk keluarga dirumah . tentunya keluarga akan menyukai kue lemper , karena sangat enak dan mengenyangkan untuk mengganjal perut yang lapar .

Selain sebagai camilan saat perut lapar , kue lemper sendiri juga biasanya di sajikan sebagai hidangan di acara-acara tertentu . seperti acara keluarga , arisan , acara ulang tahun sebagai snak , dan aneka acara khajatan seperti pernikahan dan khitanan . rasa yang khas dan bentuk yang unik dengan warna hijau dari daun pisang memang cukup layak untuk disajikan saat acara-acara tertentu . namun selain menggunakan daun pisang , kue lemper juga dapat dibungkus krep yang terkenal dengan sebutan kue semar mendem .

Dalam pembuatan Kue basah yang terkenal dengan sebutan kue lemper atau kue semar mendem ini memang sedikit membutuhkan waktu yang cukup lama . namun rasa lelah dan kerja keras anda akan menghasilkan kue lemper yang special dan makyus . variasi yang cukup menarik dari kue lemper setelah di kukus biasanya kue lemper akan di goreng dengan telur dan tepung sehingga menghasilnya kue lemper yang crispy . atau dapat juga di bakar di atas arang sehingga menghasilkan wangi khas daun pisang yang menggoda .

Nah jika bunda dan keluarga biasa menikmati kue lemper dengan membelinya , kali ini tidak ada salahnya jika bunda membuat kue lemper sendiri dirumah . bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapat dan terjangkau . bunda dapat mencari bahan-bahan yang digunakan di pasar tradisional atau di tempat belanja lainnya yang terjangkau dari tempat tinggal bunda . untuk lebih jelas dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta dengan cara pembuatannya silahkan simak artikel resep kue lemper isi ayam special nya dibawah ini .

Resep Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak

Resep Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak

Bahan-bahan Lemper Isi Ayam Special :

  • Beras ketan putih 200 gram ( dicuci bersih lalu rendam semalam )
  • Santan kental 90 mili liter dari 1/3 butir kelapa
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Secukupnya daun pisang batu digunakan untuk membungkus

Bahan-bahan Isi Lemper Special :

  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Daging ayam cincang 160 gram
  • Santan encer 60 mili liter
  • Daun salam 2 lembar
  • Lengkuas 1 centi meter ( memarkan )
  • Serai 1 batang ( memarkan )
  • Daun jeruk purut 3 lembar ( dibuang tulang daunnya )
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh

Bahan-bahan Bumbu Halus Lemper Special :

  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar 1/2 sendok teh
  • Kemiri 1 butir
  • Jintan 1/4 sendok teh

Cara Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak :

  1. Pembuatan isi : pertama panaskan minyak goreng , tumis bumbu halus hingga wangi , masukkan daun salam , lengkuas , serai , daun jeruk , gula pasir , dan garam tumis aduk hingga rata . kemudian tambahkan daging ayam , masak sampai berubah warna menjadi kecoklatan . tuangkan santan , lalu masak sampai santan mengering . angkat lalu sisihkan .
  2. Selanjutnya kukus beras ketan hingga setengah matang atau sekitar 25 menit , angkat lalu sisihkan .
  3. Ditempat terpisah , kemudian panaskan santan dan garam sampai mendidih , angkat . lalu tuangkan santan panas pada aron ketan , aduk-aduk hingga rata sampai santan terserap habis . selanjutnya kukus kembali aron beras ketannya hingga benar-benar matang , angkat .
  4. Ambil daun pisang batunya yang sudah dilayukan . kemudian ambil dua sendok makan ketan dan beri setengah sendok makan bahan isi nya . lalu bentuk menjadi bulat memanjang . bungkus menyerupai lontong kecil . lakukan berulang hingga adonan habis .
  5. Terakhir siapkan wajan datar antilengket , bakar lemper hingga sebagian daun menguning . angkat lalu sajikan selagi hangat agar lebih makyus .

Selesai , jika bunda ingin membuat kue lemper goreng , bunda tinggal menggorengnya dengan minyak panas hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan . dan agar lemper goreng dapat terlihat menarik , bunda dapat tambahkan telur . caranya kocok telur lalu masukkan lemper ke dalam telur kemudian gulingkan diatas tepung lalu baru digoreng . dengan melakukan seperti ini akan menghasilkan kue lemper goreng yang enak , gurih , crispy dan mantap .

Tidak percaya ? yuck cusss coba buat lemper isi ayam yang Harian Resep kali ini bagikan yah . jangan sampai bunda dan keluarga dirumah ketinggalan resep kue lemper isi ayam special ala Harian Resep ini . yasudah silahkan bunda mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lemper Isi Ayam Special Enak ini . buka juga informasi resep-resep camilan atau masakan lainnya seperti Resep Membuat Kue Kering Jagung Keju Gurih Nikmat , Resep Cara Membuat Rempeyek Bayam Renyah Gurih yang wajib untuk bunda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :) 

Advertisement