Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special

Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special - Martabak manis , berbicara tentang martabak siapa sih yang tidak menyukai makanan manis satu ini ? enak , manis , nikmat lengkap dengan rasa legit yang makyus tentunya akan menciptakan kenikmatan sendiri disetiap gigitannya bukan ? martabak manis memang salah satu makanan yang mempunyai banyak penggemar . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya mereka menyukai martabak manis .

Oh ia tentunya sudah anda ketahui sebelumnya bukan jika martabak sendiri memang mempunyai 2 jenis , yaitu martabak manis dan martabak telur . jika martabak manis semacam kue dengan isian dengan aneka varian rasa seperti rasa coklat , kacang , kismis , ketan hitam , keju dan lain sebagainya . berbeda lagi dengan martabak telur , martabak telur terbuat dari kulit sejenis lumpia dengan isian telur ayam atau pun telur bebek dengan daging cincang yang lezat . martabak telur akan semakin nikmat jika disajikan dengan kuah yang sedap dan acar timur dan kawan-kawannya yang segar .

Sajian nikmat dari martabak telur memang sangat menggoda selera sekali . selain menjadi salah satu camilan yang enak , martabak telur juga dapat disajikan sebagai menu tambahan untuk makan besar . rasa yang khas dari telur dan tambahan daging cincang beserta irisan daun bawang memang pas untuk dinikmati bersama nasi putih . namun kali ini kami tidak akan membahas tentang martabak telur lagi karena martabak telur sudah pernah kita bahas di dalam Resep Membuat Martabak Telur Enak Lezat .

Namun kali ini kami akan membahas tentang martabak manis seperti yang kami katakan diatas . jika dalam beberapa waktu lalu kita membahas tentang martabak manis dengan porsi besar seperti pada Resep Membuat Martabak Manis Enak Lezat . berbeda dengan resep yang kami kali ini akan bagikan , karena pada resep martabak manis ini kami akan menyajikan dengan versi mini atau yang sering disebut dengan martabak manis unyil . yup martabak manis unyil memang akhir-akhir ini sedang tren dikalangan masyarakat luas .

Dengan harga yang lebih ekonomis , martabak unyil sendiri juga hadir dengan aneka rasa yang dapat kita pesan dengan sesuka hati . seperti rasa coklat , keju , blueberry , kacang , pisang , kismis , dan lain sebagainya . nah jika anda biasa menikmati martabak manis unyil dengan membelinya di abang-abang tukang martabak , tidak ada salahnya jika sesekali anda membuat martabak unyil dengan buatan tangan anda sendiri . untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatan Martabak manis unyil , silahakan simak , catat , atau praktek langsung dengan resep martabak manis unyilnya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special

Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special

Bahan-bahan Martabak Manis Unyil Special :

  • Tepung terigu protein sedang 500 gram
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Gula pasir 100 gram
  • Telur 2 butir ( dikocok lepas )
  • Vanila bubuk 1/4 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air 650 mili liter

Bahan Taburan Per Loyang Martabak Manis Unyil Special :

  • Mentega asin 1/2 sendok makan
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Meises 1 sendok makan
  • Wijen sangrai 1/4 sendok teh
  • Keju parut 25 gram
  • Susu kental manis 1/2 sendok makan

Cara Membuat Martabak Manis Unyil Special :

  1. Kulit : pertama-tama ayak tepung terigu dan baking powder . kemudian masukkan gula pasir , aduk hingga rata . lalu tambahkan telur , vanili bubuk dan garam aduk aduk hingga rata .
  2. Selanjutnya tuang air dengan sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan sedang selama 20 menit hingga adonan lembut . lalu diamkan selama 1 jam .
  3. Setelah itu timbang 125 gram adonan . tambahkan 1/4 sendok teh baking powder , aduk rata .
  4. Kemudian cetak martabak manis kecil yang sudah dipanaskan dengan menggunakan api sedang selama 15 menit . biarkan berbusa , lalu kecilkan api . tabur 1/2 sendok teh gula pasir dan biarkan hingga berlubang . tutup , dan biarkan hingga matang , angkat .
  5. Terakhir oleskan martabak manis dengan 1/2 sendok makan mentega asin . taburi gula pasir , meises , wijen , keju parut dan susu kental manis .
  6. Selesai , Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special siap untuk dihidangkan .

Resep martabak manis unyil ini dibuat untuk 8 buah , jika anda ingin membuatnya lebih banyak silahkan tambahkan saja bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran . jika anda tidak menyukai salah satu bahan taburan , anda dapat mengganti bahan taburan sesuai dengan keinginan anda sesuai selera . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Martabak Manis Unyil Special ini dirumah . buka juga informasi resep aneka kue lainnya seperti Resep Membuat Bolu Kukus Mekar Enak Mudah yang patut anda coba membuatnya juga dirumah .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . sekian , seeyou :)

Advertisement