Resep Membuat Kue Putu Ayu Lembut Enak

Resep Membuat Kue Putu Ayu Lembut Enak - Apakah anda salah satu pencinta kue ? jika iya , pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu kue basah tradisional yang enak ini donk ? iya , jajanan pasar yang sangat enak dan lembut ini adalah kue putu ayu . putu ayu adalah salah satu jajanan pasar yang sering di sebut juga dengan kue putri ayu .

Jika kita kepasar pastinya anda menemukan kue putu ayu ini nongkrong di meja-meja penjual kue dipasar . kue basah salah satu jajanan pasar yang satu ini selain enak dan lembut dia juga mempunyai warna yang sangat menarik . yaitu warna hijau dan putih dari parutan kelapa yang membuat tampilan kue ini sangat cantik . tentunya akan menambah nabsu makan anda untuk menyantap kue basah ini .

Biasanya kue putu ayu dijual dipasar dengan harga per kue 500 rupiah hingga 1000 rupiah . sangat terjangkau memang , tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuat kue basah enak ini dirumah . tentunya akan lebih seru dan lebih enak jika membuatnya sendiri . pastinya juga akan lebih ekonimis dan puas untuk menikmati kue basah ini , tidak seperti saat membelinya . karena porsi yang terbatas dan kurang puas heheheheh

Dalam pembuatan kue putu ayu ini juga tidak sulit . dengan sedikit waktu dan sedikit kerja keras kita dapat menikmati kue putu ayu buatan sendiri dirumah . bahan-bahan yang diperlukan pun sangat terjangkau dan tidak membutuhkan biaya yang mahal . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional , toko khusus bahan kue atau tempat belanja lainnya .

Nah jika anda mulai tertarik dengan resep kue putu ayu ini , mungkin anda boleh berbahagia saat ini . karena saya akan berbagi resep kue putu ayu yang mudah di buat dirumah . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan tepat . untuk mengetahui bahan-bahan dan cara membuatnya dengan tepat silahkan lihat bahan-bahan dan resepnya dibawah ini .

Resep Membuat Kue Putu Ayu Lembut Enak


Resep Membuat Kue Putu Ayu Lembut Enak


Bahan-bahan Kue Putu Ayu :

  • Telur ayam 2 butir
  • Gula pasir 200 gram
  • SP 1 sendok teh
  • Tepung terigu 150 gram
  • Santan 200 ml
  • Secukupnya perwarna hijau
  • Kelapa muda parut 100 gram
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Kue Putu Ayu :

  1. Pertama-tama kocok telur terlebih dahulu . gula pasir dan SP sampai mengembang dan putih . lalu masukan terigu . aduk hingga rata .
  2. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk hingga rata .
  3. Masukan ke dasar cetakan sambil sedikit ditekan-tekan supaya padat .
  4. Tuang adonan kue putu ayu ke dalam cetakan sampai penuh .
  5. Panaskan panci pengukus , kukus adonan kue putu ayu hingga matang . 
  6. Angkat lalu sajikan .

Resep ini untuk 18 buah kue putu ayu . hasilnya enak dan lembut banget , anda bener-bener harus mencoba membuat kue putu ayu ini dirumah . anda dapat menyajikan kue putu ayu bersama teh hangat untuk dinikmati anda bersama keluarga anda dirumah . oh ia untuk pembuatan kue putu ayu ini ada beberapa tips yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk anda yaitu .

Jangan gunakan api yang terlalu besar dalam mengukus kue putu ayu agar kukusan tidak terlalu panas . kenapa ? karena api yang terlalu besar bisa menyebabkan kue putu ayu merekah . lalu agar tampilan kelapa dalam kue putu ayu lebih rapi dan menarik gunakan kelapa yang masih muda . lalu saat memasukan kelapa ke dalam cetakan dengan sedikit ditekan agar kelapa lebih padat .

Nah mungkin itu saja bahan-bahan , cara membuat kue putu ayu dan tips dalam membuat kue putu ayu nya . semoga Resep Membuat Kue Putu Ayu Lembut Enak ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuat kue putu ayu dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan resep kue putu ayu ini . buka juga info Resep Membuat Pizza Tanpa Oven Praktis yang dapat anda coba juga dirumah .

Advertisement