Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak

Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak - Bosan dengan nasi goreng biasa atau merah seperti resep yang saya bagikan sebelumnya yaitu Resep Nasi Goreng Special ala Resto Enak ? kanapa tidak mencoba nasi goreng hijau yang  dibuat dari seratus persen sawi segar dan irisan cabai hijau . menu yang punya nama nasi goreng buto ijo ini memang salah satu kuliner baru dari kota surabaya . Mungkin masih terdengar asing yah buat anda yang bukan asli orang surabaya ?

Menurut Chef Adi , si pembuat atau pencetus resep nasi goreng buto ijo ini adalah nasi goreng yang mempunyai keunikan dari rasa dan dalam penyajiannya . warna hijau dari nasi goreng ini di buat dari sayur sawi hijau yang diblender bersama cabai rawit dan cabai hijau sehingga mempunyai rasa pedas yang sangat khas . nasi goreng buto ijo ini di masak dengan tambahan potongan ikan kakap , udang windu dan cumi segar . dan tidak lupa juga acar gerkin sebagai topping untuk menambah rasa yang khas untuk nasi goreng buto ijo , itu kata chef adi .

Dalam penyajian nasi goreng buto ijo sendiri mempunyai ukuran yang bermacam-macam . ada yang untuk satu orang , ada yang untuk bertiga sampai berempat dan ada juga yang untuk berempat hingga tujuh orang . untuk yang porsi besar nasi goreng ijo sendiri setara dengan 1,2 kilogram nasi . harga yang disajikan pun bermacam-macam mulai dari harga 45 ribu rupiah hingga 130 ribu rupiah itu termasuk minum satu pitcher es teh . 

Untuk saat ini nasi goreng buto ijo sedang menjadi Icon atau makanan terfaforit di hotel sahid gunawangsa dengan chef Adi . jadi resep rahasia nya belum bisa saya bagikan karena belum dapet bocoran dari chef Adi nya hhehee . jadi untuk saat ini saya akan membagikan nasi goreng buto ijo dengan versi sederhananya . tapi tidak kalah enak nya kok dengan nasi goreng buto ijo yang di populerkan oleh chef adi tersebut . 

Nah jika anda penasaran dengan nasi goreng buto ijo kita buat sama-sama yuck . bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah di dapat dan sangat terjangkau , tidak terlalu jauh dengan bumbu nasi goreng pada umumnya . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar tradisional atau di tempat belanja lainnya yang terdekat dari rumah anda .untuk lebih jelasnya dari bahan-bahan dan cara membuatnya silahkan lihat resepnya dibawah ini .

Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak

Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak

Bahan-bahan Nasi Goreng Buto Ijo :

  • Nasi putih 600 gram atau 2 piring nasi 
  • Sawi hijau atau casim 50 gram ( dipotong 2 centi meter )
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Bumbu penyedap rasa ayam secukupnya
  • Mentega 1 sendok makan
  • Teri medan 2 sendok makan ( digoreng kering )

Bumbu Halus Nasi Goreng Buto Ijo :

  • Cabai hijau keriting 50 gram
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 2 siung
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh

Cara Membuat Nasi Goreng Buto Ijo :

  1. Pertama-tama panaskan mentega atau margarine , lalu tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga wangi dan bener-bener matang , lalu masukkan caisim atau sawi masak hingga layu lalu masukkan nasi putih yang sudah disediakan tadi .
  2. Kemudian masukkan bumbu penyedap rasa ayam , masak sampai bumbu dan nasi merata dan benar-benar matang .
  3. Sajikan di piring saji dengan ditaburi teri goreng .

Selesai , cukup mudah bukan dalam pembuatan nasi goreng buto ijo versi sederhana nya ? anda dapat menambahkan emping dan acar diatas nasi goreng buto ijo sederhana yang anda buat tadi . sebagai penambah nikmat dan supaya mirip aslinya gitu hehehe . anda juga dapat menambahkan telur ayam atau udang menurut selera anda kedalam nasi goreng buto ijo sederhana ini .

Nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Nasi Goreng Buto Ijo Khas Suroboyo Enak ini yah . buka juga informasi masakan lainnya seperti Resep Membuat Sayur Asem Special Enak yang wajib anda coba dirumah . terimakasih sudah membuka resep ini , semoga resep nasi goreng buto ijo khas suroboyo versi sederha ini bermanfaat untuk anda dirumah . sekian :)

Advertisement