Resep Membuat Sayur Asem Special Enak

Resep Membuat Sayur Asem Special Enak - Enak , segar , asem dan pedas mungkin itu sebutan yang pas untuk semangkok sayur asem . begitu nikmat dan segar memang , apa lagi jika disajikan selagi masih hangat dengan cuaca yang hangat atau panas . hhhmmm tambah makyuss deh pokoknya mah . oh iya sayur asem sendiri biasanya disajikan bersama nasi putih hangat , sambal terasi dan ikan asin yang tipis atau bisa juga dengan ikan peda ( ikan dalam kranjangan yang disebut ikan peda oleh orang sunda ) .

Sayur asem memang salah satu masakan khas indonesia yang sangat sederhana dan mudah dalam pembuatannya . walaupun masakan sederhana tapi sayur asem sendiri begitu populer di resto , restauran atau warung-warung makan lainnya loh . mungkin karena kesegaran kuah sayur asem yang enak , asem dan pedas ini membuat begitu banyak orang menyukainya . dari anak kecil hingga yang dewasa semua pasti tak akan mau ketinggalan dengan kesegaran sayur asem ini .

Saya juga salah satu penggemar sayur asem , saya sering menyajikan sayur asem dirumah sebagai menu makan siang yang enak dan menggoda selera makan keluarga saya . seperti yang saya bilang tadi , pasangan yang cocok untuk sebuah sayur asem ya itu sambal terasi yang pedas sama ikan asin . udah deh kalau dah makan dengan lauk yang sederhana tapi enak ini terasa dunia mikik kita hehheehe . samapai gga berasa udah 2 piring saja tuh makannya :D hihihi

Selain enak dalam pembuatan sayur asem sendiri pun cukup mudah . jika kita membeli bahan-bahan sayur asem di pasar tradisonal biasanya sudah di kemasi dengan plastik yang berisi sayuran dan beberapa bumbu sayur asem tersebut . seperti sayur kol , kacang panjang , labu , beberapa potongan jagung dan beberapa bumbu sayur asem lainnya . anda tinggal menambahkan beberapa bumbu-bumbu yang kurang nya untuk membuat sebuah sayur asem .

Dan jika anda malas atau tidak ingin repot , sekarang juga tersedia bumbu sayur asem instan yang siap pakai . tapi menurut saya sih itu rasa nya kurang nendang dan kurang mantap . jadi buat anda yang ingin membuat sayur asem sendiri dirumah mending meracik bumbu nya sendiri . lagian dalam pembuatan dan meracik bumbu sayur asem nya sangat mudah kok . nah untuk anda yang ingin mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuat sayur asem yang enak nya silahkan lihat resep sayur asem yang enak nya di bawah ini .

Resep Membuat Sayur Asem Special  Enak

Resep Membuat Sayur Asem Special Enak

Bahan-bahan Membuat Sayur Asem Enak :

  • pepaya muda 100 gram ( dipotong-potong )
  • Melinjo 50 gram
  • Daun melinjo 50 gram
  • Kacang panjang 5 batang ( dipotong-potong )
  • Kol 4 lembar ( dibuang bagian kerasnya , lalu potong-potong )
  • Kacang tanah 2 sendok makan
  • Air 2 liter
  • Jagung manis 1 buah ( dipotong menjadi 3 bagian )
  • Labu siam 1/2 buah ( di potong bentuk dadu )
  • Terong 1/2 batang ( dipotong-potong )

Bumbu Halus Membuat Sayur Asem Enak :

  • Kemiri 6 butir
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe merah 2 buah
  • Asem jawa 2 sendok teh
  • Gula merah 1 sendok makan
  • Terasi 1/2 sendok teh
  • Secukupnya Garam

Bumbu-bumbu Membuat Sayur Asem Enak :

  • Daun salam 2 lembar
  • Gula merah 2 sendok
  • Lengkuas 1 ruas jari ( di memarkan )

Cara Membuat Sayur Asem Enak :

  1. Pertama-tama masak air hingga mendidih terlebih dahulu , masukkan dahulu bahan atau sayuran yang keras seperti jagung , melinjo dan kacang tanah , rebus dan tunggu hingga lunak .
  2. Selanjutnya masukkan bumbu halus yang sudah dihaluskan , daun salam ,dan lengkuas , tunggu hingga mendidih .
  3. Kemudian masukkan sisa sayuran yang belum dimasukkan , ciipi .
  4. Boleh ditambahkan jika ada yang kurang seperti garam atau air asam jawa nya agar lebih segar .
  5. Angkat lalu sajikan di mangkok saji .

Oh iya jika tidak ada asam jawa nya , asam jawa bisa diganti dengan tomat yang masih hijau dan segar . memang ada rasa asem nya tetapi menurut saya kurang segar jika menggunakan dengan asam jawa . selanjutnya gula merah juga bisa di ganti dengan gula pasir , namun hasilnya akan lebih bening . dan untuk rasa pedasnya bisa juga ditambah jika anda suka dengan rasa pedas ataupun bisa di kurangi dengan cara membuang biji cabe merah nya jika memang anda tidak suka pedas . 

Nah itu dia bahan-bahan , cara membuat dan beberapa tips dalam membuat sayur asem yang enak dan segar nya . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sayur Asem Special Enak ini yah . buka juga infomasi resep masakan lainnya seperti Resep Ketupat Sayur Khas Betawi Enak yang wajib anda coba juga dirumah . terimakasih sudah membuka resep ini , semoga resep sayur asem ini bermanfaat . sekian :)

Advertisement

iklan