Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak

Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak - Sambal goreng ati ampela kentang adalah salah satu masakan khas tradisonal indonesia yang sangat enak dan lezat . memakai bumbu dengan rempah-rempah dan santan yang segar membuat sambal goreng ati ampela kentang ini selalu menggoda selera kita untuk segera memakan nya . karena enak dan lezatnya sambel goreng kentang masakan khas tradisional indonesia ini sehingga selalu menjadi vaforit semua masyarakat luas . dari yang muda hingga yang tua semua menyukai sambal goreng ati kentang .

Sambal goreng ati kentang yang enak ini biasanya di sajikan dengan nasi putih yang hangat , nasi uduk atau nasi kuning menurut selera anda . setiap nasi yang anda pilih atau makan akan berpengaruh juga dengan rasa sambal goreng ati kentang ini loh . pokok nya akan memberikan sensasi rasa yang beda di setiap gigit nya . enak , lezat dan nikmat mungkin itu sebutan yang tepat untuk sambal goreng ati kentang ini .

Sambal goreng ati kentang biasa nya akan ramai di sajikan saat hari raya idul fitri tiba . tetapi tidak ada salah loh jika anda dirumah memasak sambal goreng ati ini dirumah sebagai menu special atau menu selingan untuk keluarga dirumah . semua pasti akan senang dan suka dengan sambal goreng ati kentang ini karena enak dan lezat . oh iya untuk anda yang suka dengan pete silahkan tambahkan potongan pete sesuai selera ke dalam sambal goreng ati kentangnya agar menambahkan nikmat yang anda inginkan .

Ehhmm nyumiiii , pasti akan terasa semakin enak dan nikmat ya ? pokoknya anda harus mencoba resep sambal kentang ati ini dirumah . nah jika anda dirumah masih bingung dalam membuat sambal goreng ati kentang , mungkin anda dapat berbahagia . karena kali ini saya akan membahas tuntas habis tentang bahan-bahan dan cara membuat sambal goreng ati kentang yang enak di rumah . jika anda berfikir sangat sulit dalam pembuatannya anda salah , karena dalam pembuatan sambal goreng ati kentang ini cukup mudah loh .

Selain mudah dalam membuatnya , dalam mencari bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah dan terjangkau . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal goreng ati kentang ini di pasar tradisional atau pasar swalayan yang terjangkau dari tempat anda . untuk lebih jelas dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan benar . silahkan anda ikuti cara pembuatannya dan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti berikut ini .

Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak

Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak

Bahan-bahan Sambal Goreng Ati Kentang Enak :

  • Ati atau hati ayam 10 buah ( rebus terlebih dahulu lalu di potong kotak kecil-kecil )
  • Ampela ayam 10 buah ( rebus terlebih dahulu lalu di potong kotak kecil-kecil )
  • Kentang 2 buah ( potong kotak-kotak kecil lalu di goreng setengah matang , tiriskan )
  • Santan kental 300 mili liter ( satu buah kelapa )
  • Santan cair 300 mili liter

Bumbu-bumbu Sambal Goreng Ati Kentang Enak :

  • Cabe merah besar 3 buah ( buang bijinya lalu potong serong tipis )
  • Tomat 1 buah yang sedang lalu di iris-iris 
  • Daun salam  2 lembar 
  • Lengkuas 2 centi meter ( memarkan )
  • Bawang putih 4 siung ( dipotong yipis )
  • Bawang merah 3 butir ( potong tipis )
  • Gula jawa 1 sendok makan
  • Garam secukupnya 
  • Bumbu penyedap secukupnya 

Cara Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak :

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah panaskan minyak goreng di wajan , lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi .
  2. Kemudian masukkan daun salam , lengkuas dan tomat , aduk hingga agak layu lalu masukkan ati ayam dan ampela ayam yang sudah direbus tadi .
  3. Selanjutkan masukkan santan cair dan tambahkan sedikit garam , lalu masak hingga setengah matang .
  4. Lalu masukkan santan kental , aduk-aduk terus saat memasak agar santan tidak pecah , selanjutnya masukkan kentang .
  5. Terakhir tambahkan gula dan bumbu penyedap , boleh cicipi dan tambahkan jika ada yang kurang , jika rasa sudah pas tunggu hingga airnya berkurang lalu angkat .

Selesai , sajikan ke dalam piring atau mangkok saji yang sudah di siapkan . resep sambal goreng ati kentang ini untuk empat porsi dan memerlukan kurang lebih 20 menit dalam memasaknya . silahkan mencoba dan berkreasi dengan Resep Membuat Sambal Goreng Ati Kentang Enak ini dirumah . buka juga info resep masakan lainnya seperti Resep Aneka Sambal Enak Pedas yang wajib anda coba juga dirumah . semoga resep ini bermanfaat , sekian :)

Advertisement