Resep Membuat Steak Daging Sapi Lezat

Resep Membuat Steak Daging Sapi Lezat sederhana saus enak - Steak adalah salah satu makanan gaya barat atau luar negeri yang sekarang menjamur di indonesia . citara rasa yang enak dari sebuah steak membuat orang indonesia pun menjadi banyak yang menyukainya . dari yang dewasa hingga anak kecil semua tak akan pernah ingin ketinggalan dengan salah satu masakan barat yang enak ini . steak daging atau biasa di sebut beef steak recipe ini biasa dikenal oleh orang indonesia dengan nama bistik .

Yaah bistik , tentunya untuk sebagian orang makanan ini sudah tidak asing lagi di lidah anda bukan ? jika sebelum nya saya membagikan resep steak tempe Resep Membuat Steak Tempe Enak Lezat . kali ini saya akan memcoba membagikan resep steak daging yang enak dengan saus yang lezat . jika resep sebelum nya berbahan tempe , kali ini saya akan menggunakan bahan dasar daging yag empuk .

Nah agar steak lebih enak , anda dapat menggunakan daging sapi yang segar bagian paha bawah atau paha atas . selain daging anda juga pastinya akan membutuhkan beberapa bahan-bahan tambahan untuk membuat sebuah steak . mungkin anda biasa menikmati nikmatnya steak daging di warung steak , di restauran atau kedai khusus steak . saya juga salah satu penggemar steak daging , dengan kegemaran saya ini membuat saya berfikir bagaimana yah jika membuat steak daging sendiri dirumah ?

Jika anda berfikir membuat steak daging itu sangat sulit , itu pemikiran yang sangat salah . karena dalam pembuatan steak daging itu ternyata cukup mudah loh . selain pembuatannya yang cukup mudah , bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah di cari dan terjangkau . anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar tradisional atau pasar swalayan yang terjangkau dari rumah anda . 

Nah jika anda sudah mulai tertarik dengan resep steak daging dan ingin membuat nya sendiri dirumah tapi tidak tahu caranya . mungkin anda bisa berbahagia karena kali ini saya akan membahas habis tentang steak daging . dari bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara membuatnya dengan mudah . untuk lebih jelas nya dari bahan-bahan dan cara membuatnya dengan benar silahkan lihat resep nya di bawah ini .

Resep Membuat Steak Daging Sapi Lezat

Resep Membuat Steak Daging Sapi Lezat

Bahan-bahan Dan Bumbu Steak Daging Sapi Lezat :

  • Daging sapi 500 gram ( lebih enak pilihnsirloin atau pangkal paha )
  • Paterseli cincang 30 gram
  • Bawang merah 4 siung
  • Mentega 2 sendok makan
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya 

Bahan-bahan Saus Steak Daging Sapi Lezat :

  • Pasta tomat 1/2 sendok makan
  • Tepung terigu 1/4 sendok teh
  • Lada halus 1/4 sendok teh
  • Garam halus 1/2 sendok teh
  • Air atau kaldu daging 125 mili liter
  • Red wine ( optional ) 1 sendok makan 

Cara Membuat saus Steak Daging Sapi Lezat :

  1. Pertama-tama tumis bawang merah hingga wangi pada wajan .
  2. Kemudian Masukkan tepung terigu , pasta tomat lada dan garam .
  3. Lalu setelah wangi , tambahkan air atau kaldu , masak sambil di aduk-aduk hingga saus mengental .
  4. Terakhir sebelum di angkat , tambahkan red whine ( optional )

Bahan-bahan Pelengkap Steak Daging Sapi Lezat :

  • Bawang bombay goreng atau onion ring 100 gram
  • Pure kentang 100 gram
  • Setup sayuran 75 gram

Cara Membuat Steak Daging Sapi Lezat :

  1. Pertama-tama potong daging sapi menjadi 3 bagian .
  2. Selanjutnya rendam ke dalam larutan garam , daun paterseli , lada . diamkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap .
  3. Kemudian panaskan mentega pada grill pan yang sudah kita siapkan sebelumnya .
  4. Lalu masukkan daging , masak hingga kematangan yang diinginkan .
  5. Terakhir angkat daging steak , lalu potong-potong selesai .

Anda dapat menyajikan steak daging ke dalam piring saji yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan bahan-bahan pelengkap seperti onion ring , pure kentang dan setup sayuran dengan di siram dengan saus yang kita buat sebelumnya . sajikan selagi masih panas atau hangat dengan es jeruk atau minuman kesukaan anda agar lebih enak , nikmat dan segar . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Steak Daging Sapi Lezat sederhana saus enak ini . buka juga info resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Steak Tempe Enak Lezat yang wajib anda coba dirumah .

NB : Untuk Tingkat Kematangan Steak 

Very Rare : misal nya menggunakan 225 gram daging di masak satu menit setiap sisi nya . pada tingkat ini bagian luar daging berubah warna , sedangkan di dalam daging nya masih mentah .
Rare : Misalnya menggunakan daging 255 gram daging di masak dua menit setiap sisi nya . warna permukaan merah muda , sedangkan di dalam daging nya masih mentah dan berdarah .
Medium : Misalnya menggunakan daging 225 gram , daging di masak tiga sampai empat menit di setiap sisinya . bagian luar berwarna kecoklatan , dan di dalamnya merah muda hampir matang .
Well done : misalnya mengguanakan 225 gram daging di masak hingga lima menit setiap sisi nya . daging memang matang namun daging akan kehilangan gurih nya .

Sekian , semoga bermanfaat :)

Advertisement