Resep Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi Enak Makyus

Resep Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi enak Makyus - Jangan pernah ngaku penggemar masakan seafood jika anda tidak suka dengan masakan yang berbahan dasar cumi-cumi . karena selain masakan yang berbahan dasar udang , masakan yang menggunakan bahan dasar cumi-cumi juga sangat populer dan cukup diminati oleh masyarakat luas . dari berbagai kalangan masyarakat luas tentunya menyukai masakan yang menggunakan bahan dasar salah satu hewan seafood ini . dari anak kecil hingga orang dewasa tentunya menyukai masakan cumi .

Cumi-cumi yang memiliki daging kenyal ini memang memiliki rasa yang asin gurih dan nikmat . cumi-cumi sendiri juga memiliki 2 versi , yang pertama dengan dikeringkan terkenal menjadi cumi kering yang memiliki rasa asin . dan ada juga cumi basah yang memiliki tekstur kenyal biasanya digunakan sebagai bahan masakan seafood . seperti cumi asam manis , cumi pedas manis , cumi saus padang , atau cumi pedas bumbu kemangi seperti pada resep yang akan Harian Resep Bagikan kali ini . 

Perpaduan daging cumi yang kenyal dengan bumbu rempah alami segar akan semakin nikmat segar jika dipadukan dengan daun kemangi . hmm nyumiii , tidak kebayang deh aroma wangi daun kemangi dipadukan dengan cumi-cumi ? tentunya akan menghasilkan rasa enak pedas gurih dan segar . cumi pedas bumbu kemangi sangat cocok disajikan sebagai menu selingan atau sebagai menu vaforit untuk keluarga dirumah . keluarga dirumah pasti akan menyukai cumi pedas bumbu kemangi ini .

Sangat nikmat jika disajikan sebagai menu santap siang atau makan malam . dinikmati cumi pedas bumbu kemangi dengan nasi putih yang hangat agar lebih makyus . hmmm nyumii tentunya akan mengasilkan citarasa nikmat disetiap gigitannya . enak lezat pada cumi pedas bumbu kemangi memang sangat menggugah selera , menjadikan lidah ingin selalu bergoyang nyam nyam .

Nah untuk anda penggemar masakan seafood seperti cumi dan biasa menikmati masakan cumi-cumi di warung , cafe atau resatauran yang biasa anda kunjungi . kali ini tidak ada salahnya jika anda membuat cumi pedas bumbu kemangi ini dirumah . karena selain memiliki rasa yang enak , dalam pembuatannya pun cukup mudah dan dapat dibilang praktis . tidak percaya ? yuck cus pratekkan langsung resep cumi pedas bumbu kemangi nya seperti dibawah ini .

Resep Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi Enak Makyus

Resep Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi Enak Makyus

Bahan-bahan Cumi Pedas Bumbu Kemangi :

  • Cumi-cumi ukuran sedang 500 gram
  • Daun kemangi 100 gram
  • Air 100 mili liter
  • Jeruk nipis 1 sendok makan
  • Secukupnya gula
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya Minyak goreng 

Bumbu-bumbu Halus Cumi Pedas Bumbu Kemangi :

  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Cabai rawit 5 buah 
  • Cabai merah 3 buah
  • Kemiri sangrai 3 butir
  • Asam 1 sendok teh
  • Jahe 1 centi meter
  • Terasi 1/2 sendok teh

Cara Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi :

  1. Pertama-tama potong kepala cumi lalu bersihkan tintanya lalu buang bagian tengan dari cumi tersebut . lepaskan kulit cumi tersebut , lalu potong-potong sampai menjadi bentuk cincin . rendam cumi dengan air jeruk nipis selama kurang lebih sepuluh menit . cuci kembali sampai bersih .
  2. Selanjutnya tumis semua bumbu halus hingga wangi , masukkan cumi aduk hingga bumbu merata . lalu masak cumi hingga menjadi matang atau kaku .
  3. Tuangkan air , masak cumi hingga air dan bumbu meresap hingga membuat daging cumi menjadi empuk . lalu tambahkan garam dan gula secukupnya .
  4. Ketika cumi mulai matang , masukkan daun kemangi yang sudah anda siapkan tadi . masak sebentar , cicipi lalu tambahkan jika ada yang kurang .
  5. Angkat lalu sajika dipiring saji selagi hangat .

Jika anda penyuka pedas anda dapat menambahkan cabai rawitnya menurut selera anda , agar tercipta rasa pedas yang anda inginkan . lalu anda juga dapat menambahkan kecap manis sedikit saja agar tercipta rasa legit manis . nah demikianlah bahan-bahan dan cara pembuataan cumi pedas bumbu kemangi nya , cukup mudah dan praktis bukan ? anda dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan dipasar tradisional atau diswalayan yang biasa anda kunjungi .

Jika bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap , anda tinggal ikuti saja cara pembuatan pada resep cumi pedas bumbu kemangi yang Harian Resep bagikan kali ini . tentunya keluarga pasti akan senang dan gembira , karena dihidangkan menu yang sepecial seperti cumi pedas bumbu kemangi ini . yasudah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Cumi Pedas Bumbu Kemangi Enak Makyus ini dirumah . buka juga informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah yang wajib juga untuk anda coba membuatnya dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement