Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah

Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah - Selamat pagi tante ku Cahyati putri salah satu ade nya mamahku yang sekarang tinggal disingapore . sempet komunikasi kemarin-kemarin , trus dia cerita soal resep-resep masakan gitu . katanya sih lagi hobi banget sama hidangan atau masakan yang berbahan dasar udang . sampai kemarin-kemarin tanteku reques langsung sama aku buat ngeshare masakan-masakan yang terbuat dari udang .

Makanya dari kemarin aku ngeshare nya masakan dari udang terus heheheh . tapi bunda-bunda cantik atau calon bunda muda suka juga sama hidangan yang terbuat dari udang juga kan ? so pasti donk , aku aja doyan banget yang namanya udang . rasa gurih , manis dan enak dari udang memang cukup buat nabsu makan bertambah yah ? nah kembali lagi buat tanteku , kali ini aku akan share resep udang yang tak kalah makyusnya dari resep-resep yang aku share kemarin nih tan .

Kalau kemarin aku share udang goreng tepung , udang saus padang , udang asam manis dan rempeyek udang . kali ini aku mau share resep udang saus tiram nih tan , bun sist . cocok banget dihidangkan buat makan siang atau makan malam . rasa gurih , enak dan lezat dari bumbu yang digunakan juga sangat sederhana dan pas . aku yakin bumbu-bumbu yang digunakan pasti sudah ada tuh dikulkas atau didapur bunda atau sis semuanya .

Karena bumbu yang digunakan pada resep udang saus tiram ini juga cukup mudah didapat dan terjangkau . kalau belum ada bunda , sist dan tanteku silahkan cari bahan-bahan yang digunakan dipasar tradisional atau di tempat belanja yang kalian biasa kunjungi . oh iyaa jangan lupa beli udangnya pilih yang masih bagus dan fres yah . agar hasil masakan udang saus tiram nya terasa lebih enak dan makyus karena memakai udang yang segar .

Oh iya buat kalian yang alergi sama udang tapi pengin nikmati enaknya udang . salah satu tipsnya adalah jangan kupas kulit udang nya . karena kulit udang mengandung antibody yang berfungsi buat menetralisir racun pada udang yang membuat alergi . Nah untuk tanteku , bunda atau sist dirumah tentunya dari tadi udah nunggu-nunggu bahan apa saja yang dibutuhin dan cara pembuatan udang saus tiramnya kaya gimana yah ? kalau gitu silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah

Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah

Bahan-bahan Udang Saus Tiram Lezat Gurih :

  • Udang basah yang bagus 1/2 kilo gram
  • Bawang merah 3 siung ( diiris-iris )
  • Bawang putih 2 siung ( diiris-iris )
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Bawang bombay 1/2 siung ( diiris-iris tipis )
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Mentega 2 sendok makan
  • Kecap manis 3 sendok makan ( boleh merek apa saja )
  • Secukupnya bumbu penyedap
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng

Cara Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih :

  1. Pertama-tama bersihkan udangnya terlebih dahulu , dengan cara dipotong-potong sedikit ujung kepalanya , jangan dikupas kulitnya , cuci bersih lalu sisihkan .
  2. Kemudian blender hingga halus bawang merah dan bawang putihnya atau ditumbuk hingga halus .
  3. Setelah itu siapkan wajan , masukkan minyak goreng , tambahkan mentega agar wangi , lalu tumis bawang bombay dan bumbu bawang merah dan bawang putihnya yang sudah dihaluskan tadi . hingga wangi .
  4. Terakhir masukkan udang , tumis sebentar . berikan kecap , saus tiram , garam dan bumbu penyedap , aduk hingga rata . masak hingga matang . 
  5. Sajikan dipiring saji , selesai .

Salah satu tips lagi dalam mengolah udang agar warnanya tidak rusak adalah saat digoreng jangan terlalu banyak dibolak-balik agar warnanya tetap cantik . bumbu yang pas dan rasa nikmat dari udang membuat masakan udang saus tiram ini cocok disajikan untuk hidangan vaforit keluarga . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Udang Saus Tiram Lezat Gurih Mudah ini yah . buka juga informasi resep-resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Udang Saus Padang Special Pedas Nikmat yang patut untuk kalian coba juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement

iklan