Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah - Berbicara soal lanting , apakah anda salah satu penyuka lanting ? salah satu makanan yang khas dari kebumen ini memang cukup menarik dan enak . memiliki rasa gurih renyah membuat lanting menjadi salah satu makanan yang cukup terkenal dimana-dimana . dari kota kebumen dan sekitarnya ataupun luar kota tentunya mereka tahu akan lanting .

Bahkan lanting khas kebumen yang memiliki bentuk bulat seperti angka delapan atau bulatan kecil ini biasa menjadi oleh-oleh bagi warga kebumen dan sekitarnya yang sekarang berada diluar kota . jadi jangan heran lagi jika anda berkunjung ke kota kebumen atau mempunyai saudara dikota kebumen anda akan mendapat oleh-oleh lanting yang memiliki rasa enak dan gurih ini . kota kebumen memang dominan menjadi warga yang berpenghasilan dari produksi lanting , dan yang paling terkenal berada di daerah karang anyar kebumen . 

selain di kota kebumen , lanting juga sangat terkenal di kabupaten banyumas . namun perbedaannya terletak pada bentuk lantingnya . karena lanting banyumas memiliki bentuk yang lebih tebal dibanding lanting khas kebumen yang lebih tipis dan kecil . namun yang dihasilkan sama-sama enak dan gurih , dan lanting atau klanting sapaan akbrab lanting banyumas ini sangat enak jika dinikmati dengan soto sokaraja .

Rasa enak dan segar dari soto sokaraja akan menjadi tambah makyus disetiap gigitnya jika dipadukan dengan lanting atau klanting banyumas . oh iya selain terkenal sebagai camilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman yang asyik saat nonton tv . ternyata lanting khas kebumen juga sangat enak dan lezat jika dijadikan sebagai teman lauk sebagai pengganti kerupuk . jadi untuk anda dirumah tidak ada salah nya jika sesekali anda mengganti kerupuk dengan lanting agar lebih variasi . 

Biasanya lanting khas kebumen dijual perkiloan , setengah kiloan atau seperempat kiloan , tergantung ukuran plastiknya . Harga yang ditawarkan dari lanting khas kebumen sendiri juga dapat terbilang murah dan ekonomis . karena dengan sepuluh ribu rupiah hingga dua puluh ribu rupiah saja anda sudah dapat menikmati enaknya lanting khas kebumen . namun anda tidak harus jauh-jauh kekota kebumen untuk menikmati lanting , anda cukup siapkan bahan dan ikutin cara pembuatannya seperti resep lanting khas kebumennya seperti dibawah ini agar anda dapat membuatnya dirumah .

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah

Bahan-bahan Lanting Khas Kebumen :

  • 1 kilo gram singkong
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • Secukupnya garam
  • Pewarna makanan ( jika suka )
  • Minyak goreng ( digunakan untuk menggoreng )

Cara Membuat Lanting Khas Kebumen :

  1. Pertama-tama haluskan semua bumbu menjadi satu , lalu sisihkan .
  2. Kupas singkong kemudian bersihkan dari kotorannya lalu rendam selama kurang lebih 1 jam . setelah itu kukus singkong yang sudah bersih selama kurang lebih 1 jam . angkat , haluskan .
  3. Setelah itu campurkan singkong yang sudah dihaluskan dengan bumbu lanting yang sudah dihaluskan tadi , kemudian uleni sampai rata .
  4. Ambil sedikit adaonan kemudian pilin menjadi bentuk tali . jika ada , anda dapat menggunakan mesin giling untuk membentuknya agar lebih praktis . setelah itu bentuk menjadi angka delapan atau bulat kecil .
  5. Jika sudah jemur lanting dibawah sinar matahari hingga kering ( selama 1 hari jika tidak hujan )
  6. Terakhir goreng lanting dengan minyak goreng sampai berwarna kuning kecoklatan . angkat , lalu tiriskan .

Selesai , cukup mudah bukan dalam pembuatan lanting khas kebumennya ? bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup mudah didapat dan terjangkau . hanya memang prosesnya yang cukup lama terutama pada saat menjemur adonan lantingnya . adonan pun harus dijemur sampai benar-benar kering agar hasilnya enak , gurih , renyah dan memuaskan . 

Nah silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Lanting Khas Kebumen Gurih Renyah ini dirumah . anda dapat menambahkan warna merah dan kuning di adonan lanting agar warnanya cantik dan bervariasi . namun jika anda tidak suka menggunakan pewarna makanan , anda tidak perlu menggunakannya , cukup polos saja hasilnya juga sudah enak dan cantik . buka juga informasi aneka camilan lainnya seperti Resep Membuat Rengginang Enak Renyah Makyus yang wajib untuk anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement