Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia - Memang tidak banyak orang yang mengetahui tentang jantung pisang . apalagi jika di olah menjadi masakan yang enak dan lezat . namun sebelum kita membahas tentang masakan yang terbuat dari jantung pisang . kali ini Harian Resep akan membahas terlebih dahulu manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari jantung pisang .

Pertama dari buah pisang nya sendiri , buah pisang adalah salah satu buah yang banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat luas . mengandung banyak kalori yang baik bagi tubuh sehingga buah pisang sangat diminati oleh anak kecil hingga orang dewasa . namun tidak hanya pada buahnya saja yang memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh . namun jantung pisang nya sendiri ternyata juga memiliki kandungan gizi yang cukup bermanfaat bagi tubuh .

Bagaimana tidak ? karena setiap 25 gram jantung pisang nya saja sudah mengandung 31 kalori , 0,3 gram lemak , 1,2 gram protein dam 7,1 gram karbonhidrat . ternyata tidak hanya itu saja , jantung pisang yang biasa nya diabaikan dan kadang di buang ini ternyata juga memiliki kandungan vit A , vit B , vit C dan mineral ( fosfor , kalsium , zat besi ) . wow , ternyata kandungan yang terdapat pada jantung pisang sendiri sangat bermanfaat sekali bagi tubuh kita yah ?

Nah untuk anda yang mempunyai pohon pisang dirumah jika pohonnya berbuah jangan buang jantung pisang nya yah . karena selain memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi tubuh , jantung pisang juga dapat di olah menjadi masakan rumahan yang enak dan istimewa . dari abon jantung pisang , gulai , sayur lodeh , atau tumis sayur jantung pisang yang Harian Resep akan bagikan kali ini . 

Memiliki rasa yang enak , lezat dan empuk seperti daging ini memang cocok dihidangkan sebagai santap siang atau makan malam . anda dapat padukan dengan goreng ikan asin beserta sambal terasi agar lebih makyus . uhh , nyam-nyam keluarga dirumah pasti akan menyukai sayur jantung pisang yang anda buat dirumah . nah untuk lebih jelas nya dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak artikel resep nya dibawah ini .

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia

Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia

Bahan-bahan Sayur Jantung Pisang :

  • 1 buah jantung pisang
  • 500 mili liter santan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas ( dimemarkan )
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Secukupnya air

Bumbu-bumbu Halus Sayur Jantung Pisang :

  • 4 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 ruas kencur
  • 8 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai besar
  • Gula pasir 1 snedok teh
  • Secukupnya garam

Cara Membuat Sayur Jantung Pisang :

  1. Pertama-tama buang bagian luar jantung pisang , diambil bagian yang mudanya saja lalu dicuci bersih .
  2. Setelah itu masak air hingga mendidih , lalu masukkan jantung pisang yang sudah dipotong-potong , masak hingga matang .
  3. Kemudian tumis bumbu halus yang sudah anda siapkan tadi hingga wangi , lalu masukkan rebusan jantung pisang nya .
  4. Terakhir masukkan santan , daun jeruk beserta lengkuas , lalu masak sampai matang .
  5. Boleh cicipi , tambahkan jika ada yang kurang menurut selera . sajikan selagi hangat .

Setiap pohon pisang memang pasti menghasilkan jantung pisang saat pohon berbuah . namun pilihlah jantung pisang yang enak jika di olah menjadi makanan atau masakan . seperti pada jantung pisang yang terdapat pada jenis pisang kepok atau pisang klutuk . karena jika di olah dengan baik dan benar akan menghasilkan makanan atau masakan yang sangat enak dan special .

Selain menjadi makanan atau masakan yang enak dan special ternyata kandungan gizi dan vitamin pada jantung pisang yang Harian Resep sebutkan tadi diatas dapat dijadikan sebagai makanan atau masakan bagi orang yang sedang menjalani diet . memiliki kandungan lemak yang rendah , dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi memang sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diet . apalagi kandungan fiber pada jantung pisang juga sangat berguna bagi pencernaan tubuh . nah untuk para penderita diabetes , jantung pisang juga baik jika mereka konsumsi .

Karena jantung pisang terdapat indeks glemik ( GI ) yang rendah , sehingga sangat baik bagi penderita diabetes . Selain itu , jantung pisang juga dapat meminimalisir resiko serangan penyakit jantung dan stoke . dan tak hanya berhenti sampai disitu saja bun atau sist , ternyata jantung pisang juga dapat memperlancar siklus dan penggumpalan darah pada tubuh . sudah enak , sedap , lezat dan nikmat sangat baik bagi kesehatan lagi .

Pokoknya anda harus mencoba membuat sayur jantung pisang ini dirumah , keluarga tercinta pasti akan suka karena memiliki rasa enak dan lezat . sangat cocok jika dihidangkan sebagai menu hidangan selingan keluarga atau bahkan sebagai menu vaforit keluarga . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Sayur Jantung Pisang Masakan Tradisional Indonesia ini . buka juga infromasi-informasi resep masakan lainnya seperti Resep Membuat Soto Sokaraja Banyumas Asli Lezat yang patut anda coba membuatnya juga dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement