Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah - berbicara tentang telur asin , apakah anda suka dengan telur asin ? makanan yang terbuat dari bahan telur bebek ini memang memiliki citarasa yang asin namun sangat enak dinikmati . selain dimakan begitu saja sebagai camilan , telur asin sendiri juga sangat enak dan nikmat jika dijadikan sebagai teman nasi . enak gurih , semua tentunya menyukai telur asin .

Selain memiliki rasa asin yang enak , telur asin juga memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh terutama anak kecil . maka dari itu telur asin salah satu makanan yang sangat baik untuk dijadikan lauk pendamping makanan si anak . telur asin memang sudah sangat terkenal diindonesia . namun telur asin sendiri adalah makanan khas dari daerah tegal , bumiayu dan sekitar nya .

Jika anda berpergian melewati kota tegal bumiayu pasti anda akan melihat pemandangan telur asin dimana-dimana . dari yang dipajang di deretan aneka toko pusat oleh-oleh atau warung di pinggir jalan . karena selaian terkenal dengan bawang merah nya , kota daerah tegal bumiayu ini memang terkenal sebagai pusat telur asin yang enak . memang begitu banyak telur asin yang ditawarkan diberbagai kota , namun beda kota beda pula akan rasa yang ditawarkan .

Nah pada kesempatan kali ini Harian Resep akan membagikan resep telur asin yang sangat enak dan rasanya tak kalah dengan khas daerah tegal bumiayu . resep telur asin yang Harian Resep bagikan memang tidak memakai abu atau batu bata dalam proses pembuatannya . namun anda dirumah tidak perlu kawatir akan telur asin yang dihasilkan , karena hasilnya tetap * masir * . seperti pada telur asin yang enak pada umumnya .

Untuk anda yang tinggal diluar kota atau di luar negeri . resep telur asin yang Harian Resep bagikan mungkin akan banyak membantu anda dalam cara membuat atau mengolah telur bebek menjadi telur asin . jadi untuk anda yang diluar kota atau di luar negeri yang kangen akan telur asin yang enak , anda harus membuat resep telur asin yang kami bagikan kali ini . nah untuk lebih jelas dari bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan resep telur asin nya dibawah ini .

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah

Bahan-bahan Telur Asin Enak :

  • Telur bebek 10-30 butir ( usahakan pakai yang masih segar atau baru )
  • Garam 500 gram ( dapat menggunakan garam dapur , garam aksar , garamn gosok )
  • Air 1,5-2 liter 
  • Wadah toples yang berbahan plastik atau wadah yang dapat ditutup dengan rapat ( direkomendasikan menggunakan tupperware )

Cara Membuat Telur Asin Enak :

  1. Pertama yang anda lakukan adalah rendam tekur didalam air bersih kurang lebih selama dua menit . perhatikan saat merendam * jika telur mengapung * berarti telur tersebut jelek ( lebih baik jangan digunakan )
  2. Setelah itu bersihkan telur dengan menggunakan sabun atau spon hingga kotoran bersih , mengapa begitu ? tujuannya adalah agar kotoran tidak menyebabkan telur rusak saat proses pengasinan dilakukan .
  3. Kemudian keringkan telur bebek yang sudah dicuci bersih tadi , gosok dengan amplas halus sedikit . bertujuan agar pori-pori telur bebek terbuka , sebentar saja menggosoknya agar telur bebek tidak pecah .
  4. Jika sudah digosok lalu susun rapih telur bebek ke dalam toples atau tapperwer .
  5. Campur garam dan air ditempat lain , setelah garam larut menjadi air , tuangkan air garam tersebut kedalam toles atau tupperware yang berisi telur tadi .
  6. Dengan direndam dengan air garam telur bebek pun menjadi mengapung . dari solusinya adalah dengan menyiapkan kantong plastik ukuran 1 kilo gram yang diisi dengan air ( diisi 1/2 saja ) berfungsi untuk menindih telur agar telur bebek tenggelam sepenuhnya didalam air . dan pastikan seluruh bagian telur terendam dalam air .
  7. Selanjutnya tutup rapat toples atau tupperware , lalu diamkan selama 12 hari . namun jika ingin telur ayam yang *masir* biarkan selama tiga minggu , hasilnya tentunya akan lebih awet dan tahan lama .
  8. Terakhir masak telur bebek dengan direbus diair yang mendidih dengan api sedang selama kurang lebih satu jam . namun dapat juga dikukus dengan durasi waktu yang sama ( satu jam ) .

Nah itu dia bahan-bahan dan cara pembuatan Telur Asin yang enak dan *masir* nya . silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Cara Membuat Telur Asin Enak Mudah ini dirumah . buka juga informasi-informasi resep masanan atau masakan lainnya seperti Resep Membuat Ayam Tepung Saus Asam Manis Sedap yang wajib juga untuk anda membuatnya dirumah . terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat . sekian :)

Advertisement