Resep Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar

Resep Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar - Jika beberapa waktu lalu kami Harian Resep membahas aneka makanan yang enak dan lezat yang khas dari kota jakarta . berbeda dengan saat ini , karena kali ini kami akan membahas secara tuntas minuman yang sangat segar yang sangat khas dari kota jakarta . berada di daerah betawi kota jakarta minuman yang terkenal dengan sebutan nama es selendang mayang ini memang sudah cukup terkenal . bagi warga kota jakarta tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan es selendang mayang bukan ?

Rasa yang enak , segar dan sedikit asin yang diberi serutan es diatasnya memang meiliki rasa yang menyegarkan . apa lagi saat musim panas seperti ini , aneka minuman segar tentunya adalah salah satu minuman yang menjadi incaran bagi semua orang . tubuh yang panas akan disegarkan lagi dengan minuman dingin dan segar seperti es selendang mayang ini . hhmm , srupuuutttttttt seger nya nampol pisan euy .

Apalagi menggunakan beberapa olahan yang menggunakan tepung beras , hungwe dan lain sebagainya membuat es selendang mayang memiliki isi yang kenyal lezat . sehingga selain enak dan menyegarkan es selendang mayang akan mengganjal perut anda yang sedang lapar . wahhh , jadinya 2 in 1 yah , segar enak dan mengeyangkan :D heheheh . oh iya , berbicara tentang es selendang mayang , apakah anda salah satu orang yang menyukai es selendang mayang ?

Jika iya tentunya anda sudah tau pasti akan rasa enak , manis dan menyegarkan yang dihadirkan oleh es selendang mayang bukan ? nah buat anda yang tidak tinggal dijakarta namun ingin mencicipi es selendang mayang . anda tidak harus ke jakarta , anda cukup membuat nya saja di rumah . menggunakan bahan-bahan yang cuckup mudah didapat dan cara pembuatannya yang mudah tentunya tidak akan menyita banyak waktu anda .

Keluarga dirumah pasti akan menyukai es selendang mayang yang anda buat dirumah , karena sangat enak , manis , menyegarkan dan mengeyangkan . sangat cocok dinikmati saat siang hari , agar terasa lebih segar nikmat . so , untuk anda yang ingin sekali membuat es selendang mayang dirumah namun tidak tahu bahan-bahan dan cara pembuatannya . mungkin anda dapat berbahagia karena kami akan membahas tuntas tentang es selendang mayang dari bahan-bahan dan cara pembuatannya seperti pada artikel resep selendang mayang nya dibawah ini .

Resep Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar

Resep Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar

Bahan-bahan Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar :

  • Tepung hunkwe 125 gram
  • Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Perwarna merah 3 tetes
  • Es serut 800 gram
  • Tepung beras 75 gram
  • Air 100 mili liter
  • Pewarna hijau 2 tetes
  • Pandan 2 lembar ( diikat )
  • Air daun suji 25 mili liter dari 25 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan 

Bahan Sirup Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar :

  • Air 150 mili liter
  • Gula merah 200 gram
  • Daun pandan 1 lembar

Bahan-bahan Kuah Santan Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar :

  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan 600 mili liter ( dari 1 butir kelapa )

Cara Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar :

  1. Pertama-tama campurkan air , tepung beras , vanila bubuk , daun pandan , tepung hunkwe , dan garam lalu direbus terlebih dahulu sambil diaduk-aduk sampai meletup-meletup . kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian , satu bagian di beri warna merah lalu aduk rata . satu bagian tambahkan dengan air suji dan pewarna hijau , aduk rata . lalu yang satu bagian dibiarkan saja putih natural .
  2. Setelah itu tuang adonan hijau kedalam loyang 24x10x4 centi meter yang diolesi dengan minyak , lalu ratakan . tuangkan adonan putih di atasnya dan tuang lagi adonan merah diatasnya , lalu dinginkan . jika sudah dingin potong bentuk jajaran genjang 2 centi meter .
  3. Kemudian untuk Sirup campur gula merah , daun pandan , rebus air dan pewarna merah sambil sesekali diaduk hingga adonan mendidih . saring lalu dinginkan .
  4. Untuk Kuah santan , rebus santan , garam , dan daun pandan , sambil terus diaduk sampai adonan mendidih . angkat , lalu dinginkan .
  5. Terakhir sajikan selendang mayang didalam mangkok atau gelas saji , dengan sirup gula , kuah santan dan beri es diatas nya agar lebih segar .

Selesai , es selendang mayang yang enak , manis dan menyegarkan siap dinikmati . bagaimana , cukup mudah bukan dalam pembuatan es selendang mayang nya ? so , silahkan mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Membuat Es Selendang Mayang Khas Jakarta Segar ini dirumah yah . buka juga informasi-informasi resep minuman lainnya seperti Resep Membuat Aneka Just Wortel Enak Dan Super Menyehatkan yang patut untuk anda coba juga untuk membuatnya dirumah . semoga bermanfaat , sekian :)

Advertisement